apa arti SEM

Ternyata masih ada banyak orang yang belum mengetahui apa arti SEM. SEM alias search engine marketing merupakan strategi pemasaran yang wajib dikuasai setiap marketer. Oleh karena itu, Anda harus tahu seluk-beluk tentang SEM ini. Jangan sampai masih tertukar dengan SEO alias search engine optimization ya! Nah, untuk mendalami tentang SEM, simak penjelasan di bawah ini, ya!

 

Pengertian SEM (Search Engine Marketing)

Apa arti SEM (Search Engine Marketing) adalah sebuah metode di mana anda bisa mengiklankan website di mesin pencari. Perlu anda ketahui jika di pencarian ada dua hasil yang bisa anda temukan yaitu hasil organik dan hasil dari iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang biasa disebut dengan Search Engine Marketing.

Hampir semua mesin pencari seperti saat ini sudah memiliki fitur SEM mulai dari Google hingga Bing. Tetapi yang paling banyak di gunakan orang-orang yaitu Google. Alasannya yaitu karena Google hampir menguasai 90% pangsa pasar. Sehingga peluang untuk mendapatkan banyak traffic dari iklan di Google termasuk sangat besar.

Sesuai dengan definisi di atas jika SEM merupakan sebuah metode untuk mengiklankan website. Sehingga anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk bisa beriklan. Kebanyakan mesin pencari seperti Google biasanya menggunakan sistem Pay Per Click (PPC). Di mana anda hanya akan diminta untuk membayar jika ada orang yang mengklik iklan yang anda miliki.

 

sem

Manfaat SEM untuk Bisnis Anda

Dari penjelasan di atas pastinya anda sudah mengetahui apa pengertian dari SEM. Tetapi apakah anda sudah mengetahui apa saja manfaat dari SEM (Search Engine Marketing) untuk perkembangan bisnis anda? Layaknya sebuah metode pemasaran tentu tujuan utama dari SEM yaitu untuk mempromosikan sebuah bisnis.

1. Pencapaian Target

Dengan menggunakan SEM tentunya pencapaian anda bisa lebih tertarget. Dengan menggunakan SEM anda juga bisa mendapatkan pemasaran yang jauh lebih spesifik dan relevan dengan website atau produk yang ingin anda tawarkan. Hal itu tentunya akan berdampak pada peningkatan traffic ke website anda dan sudah pasti keuntungan yang di dapatkan juga lebih besar.

2. Dapat Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Di dalam sebuah bisnis tentu saja keberadaan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Tidak hanya pelanggan yang berada di sekitar anda saja, tetapi juga pelanggan yang berada di lokasi atau tempat lain tentu akan memberikan peluang yang jauh lebih besar dalam meningkatkan pemasaran website atau produk yang anda miliki. Dengan menggunakan SEM tentunya anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari seluruh dunia.

3. Kontrol Menyeluruh

Dengan menggunakan SEM sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis atau produk, membuat anda dapat memiliki keleluasaan dalam mengontrolnya. Mulai dari segi biayanya, timeline hingga hasil yang ingin didapatkan. Kontrol ini juga meliputi pemilihan kata kunci, jenis iklan bahkan demografi yang sesuai dengan website atau produk yang akan dipromosikan.

4. Percakapan & Konversi yang Meningkat

SEM tentunya menargetkan pemasaran yang relevan dan sesuai dengan website atau produk yang ingin di promosikan. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada peningkatan konversi terhadap search marketing. SEM menggunakan iklan berupa link yang jika diklik akan langsung mengarah ke situs website produk yang ingin dipromosikan.

Tentu saja hal ini akan mengeluarkan biaya untuk membayar setiap klik iklan yang di dapatkan. Meski begitu, sampai saat ini Search Engine Marketing (SEM) ternyata  masih menjadi sarana promosi iklan berbayar yang paling banyak di gunakan orang. Alasannya karena anda akan mengeluarkan lebih sedikit biaya daripada menggunakan sarana promosi iklan berbayar lainnya.

 

Kelebihan Penggunaan SEM

sem

1. Dijangkau Oleh Banyak Audiens

Tidak akan ada yang meragukan keterjangkauan search engine yang begitu luas. Setiap informasi yang diunggah benar-benar mampu dilihat oleh audiens bahkan hampir di seluruh dunia. Google merupakan search engine terpopuler, saat ini mampu menyebarkan info dari 1,9 miliar situs website dengan 400 juta pencarian per hari oleh lebih dari 90,4% pengguna internet dunia.

Informasi pemasaran yang anda buat tentu tidak mencapai angka sebanyak ini. Tetapi Anda bisa memperkirakan betapa banyak orang yang mungkin Anda jangkau. Semakin Anda terlihat oleh audiens, tentunya semakin banyak peluang untuk mendapatkan konsumen baru. Dan SEM juga mempunyai layanan ini untuk Anda.

2. Mempunyai Pilihan Target Sesuai yang Diinginkan

Keunggulan dari SEM yang lainnya yaitu bisa ditargetkan. Pemasaran dengan search engine tentunya memberi keleluasaan untuk Anda agar bisa memilih target yang sangat spesifik melalui kata kunci dan frasa yang relevan. Selain itu Google Adwords juga memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan perangkat, lokasi, waktu, dan bahasa tertentu.

Dengan demikian, setiap klik yang didapatkan dari website Anda berasal dari audiens yang memang menyukai serta membutuhkan produk yang Anda miliki dan sangat berpotensi menjadi konsumen.

3. Meningkatkan Lalu Lintas Kunjungan Website

SEM bisa membuat website pemasaran Anda berada pada urutan teratas di mesin pencarian. Keterjangkauan dari penglihatan audiens ini tentunya akan meningkatkan peluang website Anda dibuka dan konten Anda dinikmati.

4. Dapat Mengontrol Budget

Search engine marketing mengadopsi sistem pay per click (PPC) yaitu Anda hanya membayar konten yang benar-benar mendapat klik dari audiens. Dengan sistem ini Anda bisa menggunakan biaya pemasaran dengan lebih bijak dan tentunya juga lebih efisien.

Sistem ini membuat SEM terbilang lebih murah dibandingkan iklan tradisional di televisi, radio, koran dan majalah serta lebih tepat sasaran.

5. Efektivitas Diukur dengan Jelas dan Mudah

Ketika Anda memutuskan melakukan pemasaran dengan teknologi, maka akan ada data yang diberikan untuk memudahkan Anda mengukur kinerja. Begitupun jika Anda melakukan pemasaran menggunakan mesin pencari. Data-data tersebut nantinya bisa disesuaikan dengan tujuan pemasaran Anda untuk mengetahui apakah konten tersebut bekerja secara efektif atau tidak.

Anda juga bisa melacak ROI sehingga diketahui dimana seharusnya Anda meletakkan sebagian besar anggaran untuk meningkatkan penjualan.

6. Memberi Kesempatan Melakukan Pengujian

Tentunya Anda tidak mengetahui apakah nantinya konten promosi yang telah dibuat akan berhasil atau tidak. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena dalam metode ini Anda bisa menguji materi iklan Anda satu sama lain untuk membandingkan hasilnya.

Pengujian ini tentunya akan memberikan Anda kesempatan untuk menyempurnakan konten promosi Anda dan membuatnya bekerja seefektif mungkin.

 

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai apa arti SEM, manfaat dan kelebihannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

By novia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *