Resep bahan membuat dimsum ayam udang ini berbahan dasar ayam dan udang yang dicincang cincang yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya, lalu dibungkus dengan menggunakan kulit siomay dan ditambahkan parutan wortel diatasnya sedikit, kemudian dikukus hingga mateng. habis itu disajikan bersama saus cocolan.

Dimsum merupakan camilan yang digemari karena rasanya gurih dan kenyal. Dimsum terbuat dari daging kemudian dibungkus pakai kulit pangsit. Isian dagingnya pun dapat disesuaikan dengan selera. Salah satu daging yang enak dibuat menjadi dimsum adalah daging ayam.

Rasa gurih ayam bikin kudapan ini semakin nikmat. Kemudian tambahkan sayur seperti wortel agar lebih bergizi. Jangan lupa makannya pakai saus supaya makin istimewa. Meskipun hanya camilan, dimsum cukup bisa bikin perut kenyang.

Resep Dan Bahan Membuat Dimsum Ayam Udang

bahan membuat dimsum ayam udang

Sebagai penyuka dim sum, perlu Anda ketahui bahwa ada banyak jenis dim sum. Sekitar 2.000 jenis dim sum dikenal pada abad ke-10, seperti cara mengukus dim sum dan gorengan, namun karena dim sum yang masuk ke Indonesia dibuat oleh seorang pedagang, kini hanya diketahui 100 jenis saja. Melalui jalur perdagangan, China.

Kalau beli seporsi dimsum pasti merasa kurang. Makanya biasanya orang lebih puas bikin sendiri. Adonan ayam udang dicampur adonan kulit yang gurih. Enak dicocol menggunakan saus pedas asam segar.

Dimsum, panganan mungil dari China kini populer di Indonesia. Ada banyak sekali jenis dimsum. Ada yang rasanya khas asin dan manis. yang dikukus, digoreng dan juga dipanggang. Rasanya yang sedap dan bentuknya yang kecil membuat dimsum disukai banyak orang.

Dimsum banyak dijual di restoran berbintang, rumah makan hingga pedagang jalanan. Satu atau dua porsi dimsum tidak cukup. Meski harganya mahal sedikit, itulah alasan mengapa saya paling puas ketika membuat dimsum sendiri.

Bahan-bahan membuat dimsum ayam udang : 

  • 1 1/2 sdt bawang putih bubuk (sy pakai 4 siung)
  • 200 gram udang kupas
  • 500 gram ayam fillet
  • 1/2 buah wortel serut (pakai parutan keju)
  • 2 butir telur kocok lepas
  • Secukupnya kulit dimsum siap pakai (sy pakai kulit pangsit)
  • 1 sdm saus tiram
  • 4 sdm maizena
  • 1 sdm kecap asim
  • Secukupnya garam dan gula pasir
  • 1 tangkai daun bawang iris halus
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdt merica bubuk
Bahan sambal :

Sejarah Dimsum 

bahan membuat dimsum ayam udang

Dim sum telah diakui sebagai makanan populer selama ribuan tahun. Kebiasaan makan dim sum konon dimulai pada era Jalur Sutra (dari Asia Tengah hingga Cina) dan Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (abad ke-14). Saat itu, para petani, pekerja, dan pedagang yang berbisnis di sepanjang Jalur Sutra sering mampir di kedai kopi pinggir jalan pada sore hari untuk minum teh.

Kebiasaan ini telah berkurang pada abad ke-3, seperti yang dikatakan oleh tabib terkenal Hua Tuo bahwa kebiasaan minum teh dan ngemil dengan dim sum bisa membuat Anda gemuk. Provinsi Guangdong (Provinsi Guangdong / Provinsi Guangdong) di Cina selatan tidak mendengarkan keluhan ini. malah menjadikan dim sum sebagai makanan tradisional yang dinikmati bersama temanteman sambil minum teh. Dari sinilah muncul istilah yumcha dalam Bahasa mandarin yincha(饮茶) yakni minum teh di kedai teh bersama temanteman dekat sambil menyantap dimsum.

Dim sum dibuat dan disajikan dengan memperhatikan keharmonisan warna, bentuk, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, jenis masakannya dan bahanbahan alami yang baik untuk kesehatan Dim sum dibagi atas 4 kategori yaitu dim sum kukus. Paku, acar, aneka masakan, dim sum goreng, dim sum manis. Jika Anda menyukai dim sum, sebaiknya pilih dim sum yang rendah lemak dan mengandung karbohidrat seperti roti gulung kukus dan pangsit kukus.

Saat ini, restoran dim sum besar biasanya menawarkan sekitar 100 jenis dim sum yang berbeda. Dim sum kemudian menjadi sarapan khas Hong Kong (orang-orang mengikuti adat Guangdong karena Hong Kong berada tepat di seberang Provinsi Guangdong di Cina). Dim sum sengaja dibuat kecil agar mudah disantap dalam satu kali suapan Bentuknya harus indah agar enak dinikmati bersama teh.

By abiwara

Saya adalah seorang penulis di pelatihanbisnisinternet.com dan saya memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap perkembangan teknologi, khususnya dalam dunia IT. Saya juga senang menjelajahi pengetahuan dan berbagi informasi terbaru tentang bisnis serta berbagai tips yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *