bahan membuat pizza teflon

 

Bahan membuat pizza teflon. Pizza adalah sebuah roti berbentuk bundar dan pipih yang di atasnya sudah diberi topping saus tomat atau keju, lalu dipanggang ke dalam oven. Pizza ini juga dilengkapi dengan berbagai topping sayuran, daging, dan bumbu.

Pizza biasanya dibuat dengan menggunakan berbagai peralatan, yang salah satunya adalah oven. Tetapi, sekarang ini anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki oven, karena pizza bisa dibuat dengan menggunakan berbagai peralatan lainnya, salah satunya teflon.

Cara pembuatan pizza teflon tidak begitu rumit untuk dipraktikkan. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan yang dibutuhkan, serta mengikuti langkah-langkahnya. Anda juga bisa bebas memilih beberapa bahan yang dibutuhkan sesuai dengan selera.

Pizza merupakan salah satu contoh makanan atau cemilan yang sering dikonsumsi saat berkumpul dengan teman atau dengan keluarga. Jika membeli di restoran cepat saji harga pizza bisa dibilang cukup mahal. Agar lebih ekonomis dan hemat, anda bisa mencoba membuat pizza sendiri di rumah. Tidak perlu menggunakan pemanggang atau oven, sebagai gantinya anda bisa memakai teflon. Resep dan cara pembuatan pizza teflon juga sangatlah mudah. Hasilnya pun tidak kalah enaknya dengan pizza restoran pada umumnya. Sedangkan untuk toppingnya, anda bisa menggunakan topping sesuai yang anda inginkan. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai camilan, pizza pun bisa dijadikan menu utama saat anda makan siang maupun makan malam. Karena terbuat dari roti dan berbagai macam topping, makanan pizza ini bisa membuat perut jadi cepat kenyang. Tapi bagi anda yang tidak memiliki dua alat tersebut, anda bisa membuat pizza dengan menggunakan teflon dan kompor seadanya. Rasanya pun tidak kalah enaknya dengan pizza yang dipanggang. Berikut ini adalah resep dan bahan cara membuat pizza teflon.

 

Bahan-bahan membuat pizza teflon

 

Bahan Roti pizza teflon

 

250 gram tepung terigu

1/2 sendok teh garam

2 sendok makan minyak sayur

 

Bahan Biang pizza teflon

2 sendok teh ragi instan

2 sendok teh gula pasir

100 ml air hangat atau secukupnya

 

Bahan Topping

 

6 sendok makan saus tomat

50 gram keju mozarella atau keju melt yang telah diparut

4 buah sosis sapi atau ayam potong-potong sesuai selera

1/2 siung bawang bombay dicincang halus

50 gram paprika hijau dipotong sesuai selera (opsional)

 

Cara Memasak Pizza Teflon

  1. Buatlah bahan biangnya terlebih dahulu yaitu dengan larutkan ragi instan dan gula pasir tambahkan 100 ml air hangat. Aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai berbusa, lalu sisihkan.
  2. Didalam wadah yang lain, campurkan tepung terigu, garam, dan minyak sayur.
  3. Tambahkan air ragi yang sudah dilarutkan ke dalam adonan. Aduk hingga merata lalu uleni adonan hingga menjadi kalis. Jika adonan mulai kering, anda bisa menambahkan air hangat lagi secukupnya sampai adonan kembali kalis lagi.
  4. Bulat-bulatkan adonan dan tutup dengan kain basah atau plastik wrap selama kurang lebih hingga 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipat.
  5. Setelah mengembang, kempiskan adonan dan uleni lagi agar kalis elastis.
  6. Panaskan teflon dan olesi merata dengan mentega atau minyak secukupnya.
  7. Masukkan adonan dan pipihkan sampai tipis dan adonan menutupi permukaan teflon.
  8. Lalu tusuk-tusukan adonan pizza dengan menggunakan garpu.
  9. Olesi permukaannya dengan saus tomat/ saus pedas dan susun toppingnya (sosis sapi, bawang bombay, dan paprika hijau) sesuai dengan selera.
  10. Terakhir, baru taburi permukannya dengan potongan atau parutan keju mozarella atau bisa juga menggunakan keju chedar
  11. Tutup teflon dan panggang pizza dengan menggunakan api kecil sampai adonan pizza matang, keju meleleh, dan roti berwarna kecoklatan. Jangan lupa sering dicek agar pizza tidak gosong.
  12. Jika pizza sudah matang dan berwarna kecoklatan, angkat pizza dan potong-potong menjadi 6 bagian.
  13. Pizza teflon siap dinikmati selagi hangat.

By windy

Leave a Reply

Your email address will not be published.