barang daur ulang yang mudah

Pada artikel ini kita akan membahas tentang ide kreatif barang daur ulang yang mudah dibuat. Daur ulang adalah salah satu kiat untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang bisa pakai lagi. Daur ulang juga adalah bagian dari cara untuk mengurangi sampah yang biasa disebut dengan recycle.

Daur Ulang

Daur ulang adalah suatu pemrosesan untuk mengembalikan limbah-limbah atau bahan-bahan bekas yang sudah tidak berguna untuk dijadikan barang berguna kembali. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan seluruh bahan atau bahan tertentu saja yang akan diolah kembali.

Apabila kita membuang barang bekas begitu saja, kita akan mengotori lingkungan. Selain itu, hal ini juga pemborosan terhadap persediaan bahan-bahan mentah bumi yang sangat berharga. Daur ulang merupakan salah satu penyelesaian yang tepat atas masalah tersebut. Baca juga cara bikin bakso urat enak

5 Ide Kreatif Barang Daur Ulang Yang Mudah Dibuat Dirumah

1. Pot Bunga Botol Bekas

Sebuah pot tanaman yang terbuat dari bahan botol bekas. Sebuah kreasi inovatif yang memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan. Ide membuat pot dengan berbagai bentuk, menurut saya sangat cerdas, karena pembuatnya mampu membuat sebuah kreasi baru yang tampak begitu hidup dan layak dilihat.

Cara membuatnya pun bisa dibilang sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa botol bekas, cat putih, spidol permanen berwarna hitam dan pink, serta alat potong berupa gunting. Step pertama, potong botol plastik agar berbentuk seperti kepala kucing atau hal lain yang mungkin kalina suka, yang paling penting adalah bagian telinganya jika ingin membentuk seperti hewan. Setelah itu cat dengan warna putih dan lukis sesuai konsep menggunakan spidol.

2. Vas Bunga Botol Bekas

Vas bunga transparan yang tampak cantik dan indah untuk dijadikan suatu hiasan, cocok digunakan sebagi dekorasi ruang agar suasananya menjadi lebih sejuk dan natural. Meskipun terbuat dari barang yang sudah tidak terpakai atau bekas, namun bisa digunakan lagi menjadi sebuah vas yang bagus dengan sedikit kreativitas.

Vas bunga tersebut dibuat menggunakan botol plastik bening. Bagian botol yang digunakan adalah kira-kira 2/3 dari tinggi botol tersebut. Bagian yang tidak diperlukan dipotong. Kemudian bagian bawahnya digunting sehingga berbentuk seperti kelopak bunga, kemudian semuanya dilipat ke dalam sehingga menjadi lebih pendek.

3. Boneka Binatang dari rol bekas tisu

Sebuah mainan lucu yang berbentuk menyerupai binatang seperti monyet, singa, dan gajah. Semua boneka ini dibuat hanya dengan menggunakan roll bekas tisu toilet. Mainan ini bisa digunakan untuk mengedukasi anak-anak agar bisa mengetahui berbagai suara hewan yang ada di hutan.

Dengan menggunakan roll bekas ini Anda bisa membuat berbagai jenis hewan sesuai kreasi dan keinginan. Untuk membuatnya Anda perlu menyiapkan roll bekas, kertas warna, dan mata buatan mainan. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah boneka singa, perlu disiapkan kertas berwarna kuning dan coklat, roll tisu, dan mata mainan.

Gunting bagian bawah roll tisu yang nantinya akan menjadi kaki, kemudian buat rambut singa dengan menggunting kertas berwarna coklat menyerupai rambut. Setelah selesai susun dan tempelkan semua potongan-potongan agar menjadi bentuk yang menyerupai singa. Terakhir tambahkan mata mainan agar boneka terlihat lebih hidup dan nyata.

4. Tempat Lilin dari Kaleng Bekas

Barang daur ulang yang mudah selanjutnya adalah tempat lilin. Sebuah penerangan yang membuat suasana di rumahmu menjadi romantis dan memberi kesan mewah. Dengan memanfaatkan lilin, kaleng bekas biskuit, tali, dan hanger baju Anda bisa membuat sebuah lampu hias yang akan mempercantik interior dalam rumah Anda.

Pertama, Anda bisa mulai dengan menghias kaleng bekas dengan membungkusnya menggunakan kertas kado atau kertas warna agar tampak lebih bagus. Kemudian gantung kaleng-kaleng tersebut menggunakan tali wol yang diikatkan pada hanger. Setelah siap, letakkan lilin di dalam kaleng dan terakhir nyalakan lilinnya.

5. Celengan plastik dari botol bekas

Botol plastik bisa didaur ulang menjadi celengan yang cantik dan tentunya bermanfaat . Cukup menyediakan botol bekas, cutter, cat dan lem, celengan ini bisa langsung dibuat dengan cara yang bisa dibilang mudah. Kalau sudah siap semua sekarang kita menuju cara pembuatannya.

Cara membuat daur ulang botol plastik menjadi celengan, yaitu dengan cara memotong botol menjadi dua bagian sama panjang. Kemudian sambungkan dua bagian dan sayat atau lubangi bagian atas botol menyerupai lubang uang. Hias celengan dengan cat yang telah disediakan agar terlihat lebih cantik. Langkah terakhir, hiaslah celengan tersebut dengan aksesoris lain sesuai kreativitas dan selera masing-masing.

Itulah beberapa contoh dari barang daur uang yang mudah dibuat. Janganlah sia-siakan barang barang bekas hanya karena barang tersebut dianggap tidak berguna. Tetapi, berkreasilah dengan barang tersebut dan ciptakanlah barang yang bermanfaat untuk kehidupan.

 

 

 

By riyan

Leave a Reply

Your email address will not be published.