Bawang Goreng Aneka Rasa Beserta Cara Proses Pengolahannya

Bawang goreng aneka rasa, cara membuat bawang goreng dengan bermacam-macam varian rasa itu sangatlah mudah sekali untuk di praktekkan. Banyak masyarakat yang menyukai bawang goreng aneka rasa, oleh karena itu terdapat banyak manfaat dan juga kegunaan dari bawang goreng. Seperti inilah jenis bawang merah yang sudah digoreng tapi sebelum digoreng bawang merah dirajang terlebih dahulu hingga berwarna kuning keemasan dan tekstur yang renyah.

Bawang goreng juga merupakan bumbu dapur yang berjenis tabur yang patut digunakan sebagai pelengkap dari masakan atau pun makanan dan sebagai penyedap yang ditaburkan diatas beraneka ragam dari masakan yang dihidangkan khas Indonesia.

Pasti sudah tidak asing lagi jika kalian mendengar istilah bawang goreng di telinga Anda. Jika dalam bahasa jawa sering disebut dengan sebutan brambang goreng. Sangat banyak orang Indonesia yang menyukai bawang goreng apalagi bawang goreng aneka rasa.

Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang menyukai aroma dari bawang goreng tersebut. Banyaknya penggemar bawang goreng ini juga bisa membuat meningkatkan pembelian pada bahan baku atau bahan dasar bawang merah yang untuk dijadikan sebagai bawang goreng aneka rasa.

Bawang Goreng

Bawang goreng merupakan bawang merah yang sebelumnya sudah kita rajang dan kemudian digoreng sampai berwarna kuning keemasan dan teksturnya pun renyah. Fakta dari bawang goreng ini merupakan pelengkap atau sebagai penyedap makanan.

Bukan cuma itu, di luar negeri terdapat jenis makanan yang hampir mirip dengan bawang goreng yaitu fried onion atau sering dikenal dengan sebutan bawang bombai goreng, tidak menggunakan bahan dasar dari bawang merah, tetapi menggunakan bahan dasar bawang bombai yang ukurannya lebih besar dari pada bawang merah biasanya.

Bawang Goreng Aneka Rasa Beserta Cara Proses Penglahannya

Penggunaan Bawang Goreng

Sementara itu disini kita tidak akan membahas tentang cara dari pembuatan bawang goreng saja, akan tetapi dengan kegunaan serta manfaat mengkonsumsi bawang goreng. Bawang goreng memiliki aroma yang harum dan bercita rasa yang gurih dan khas tapi ada sedikit rasa pahit yang bisa dirasa oleh lidah Anda.

Olahan ini biasanya ditaburkan pada hidangan makanan atau pun pada masakan lainnya sebagai bumbu pelengkap dan penyedap atau garnis hiasan makanan. Pada artikel berikut akan menjelaskan bagaimana cara menjalankan bisnis plan bawang goreng, silahkan bisa Anda lihat. Bawang goreng ini juga bisa digunakan pada berbagai jenis masakan sayur seperti sup, semur, kari, nasi putih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Biasanya bawang goreng yang sudah siap pakai dan siap makan ini dikemas dalam bentuk kemasan yang banyak disediakan di minimarket dan juga toko swalayan. Berikut contoh Penggunaannya.

  • Nasi uduk yang ditaburi dengan bawang goreng
  • Nasi goreng yang ditaburi dengan bawang goreng
  • Semur telor maupun semur yang lainnya yang ditaburi dengan bawang goreng
  • Bawang goreng yang sudah dikemas dan sudah siap pakai

Manfaat Bawang Bagi Kesehatan Tubuh :

  1. Menyembuhkan gangguan pada pernafasan, seperti batuk dan pilek
  2. Melancarkan sistem pencernaan
  3. Meningkatkan kesehatan pada jantung
  4. Menghambat pertumbuhan pada sel kanker
  5. Meningkatkan kualitas tidur

Cara Membuat Bawang Goreng :

1. Cara membuat bawang goreng original

Bahan :

250 gram bawang merah yang sudah di kupas dan sudah di cuci dengan bersih sebelumnya

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng bawang

Garam secukupnya

Langkah-langkah :

  1. Iris tipis-tipis bawang merah, taburi dengan garam secukupnya, remas-remas agar garam dapat meresap (jangan meremas-remas bawang dengan sekuat tenaga nantinya bawang tersebut akan hancur, cukup diremas sampai rata saja).
  2. Panaskan minyak, lalu masukkan bawang merah yang sudah disiapkan tadi kedalam wajan penggorengan masak dengan menggunakan api sedang, kemudian aduk hingga semuanya tercampur merata dan matangnya pun merata. Tunggu hingga bawang goreng berwarna kuning keemasan.
  3. Angkat dan tiriskan bawang goreng yang wadahnya sudah dilapisi oleh tissu dapur dengan agak sedikit menyebar supaya minyak dari bawang goreng tersebut dapat menyerap dengan cepat dan juga bisa menghasilkan bawang goreng yang renyah.
  4. Jika sudah dingin, segera masukkan kedalam wadah yang kedap udara agar kualitas bawang goreng tetap terjaga.

2. Cara membuat bawang goreng rasa pedas

Bahan :

  • 1/2 kg bawang merah yang sudah dirajang
  • garam
  • lada
  • irisan cabai rawit

Langkah-langkah :

  1. Campurkan garam , lada, dan cabai rawit kedalam bawang merah yang sudah dirajang sebelumnya.
  2. Aduk hingga semuanya tercampur secara merata.
  3. Panaskan minyak untuk menggoreng bawang.
  4. Kemudian goreng bawang tersebut kedalam wajan penggorengan, goreng bawang dengan menggunakan api sedang. Tunggu hingga bawang goreng berwarna kuning keemasan.
  5. Jika bawang goreng sudah mulai berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan dan juga jangan biarkan bawang goreng sampai berwarna cokelat agar tidak gosong.
  6. Jika minyak yang dikandung oleh bawang goreng ini sudah mulai berkurang, kemudian segera untuk memasukkan bawang goreng kedalam wadah yang kedap udara.

3. Cara membuat bawang goreng rasa balado

Bahan :

  • 1 kg bawang merah yang sudah dirajang
  • 3 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm bubuk balado
  • penyedap rasa
  • minyak goreng

Langkah-langkah :

  1. Campurkan semua bahan pelengkap dengan bawang merah yang sudah dirajang. Kemudian tunggu hingga 10 menit.
  2. Panaskan minyak, lalu tunggu hingga minyak sudah panas
  3. Jika minyak sudah panas, kemudian masukkan campuran bawang merah dengan bumbu pelengkap tadi ke dalam minyak yang sudah panas.
  4. Tunggu hingga bawang goreng berwarna kuning keemasan.
  5. Jika bawang sudah mulai berwarna kuning keemasan selanjutnya angkat dan tiriskan bawang goreng tersebut letakkan diatas tissu.
  6. Jika minyak yang dikandung dari bawang goreng tersebut sudah mulai berkurang, selanjutnya masukkan bawang goreng ke dalam wadah yang kedap udara.

By tarmaesin

Saya adalah seorang penulis di pelatihanbisnisinternet.com yang memiliki minat besar terhadap perkembangan teknologi, terutama dalam bidang IT. Selain itu, saya senang belajar berbagai hal baru dan berbagi berbagai informasi seputar bisnis serta tips terkini dengan pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *