Bisnis ghost kitchen atau yang dikenal juga dengan nama cloud kitchen merupakan fasilitas bisnis yang bisa memproduksi makanan, tetapi tidak memiliki dapur serta restoran. Pada umumnya, para pebisnis hanya menggunakan dapur dari pihak lain atau dapur pribadi. Para konsumen hanya dilayani melalui pemesanan makanan. Ghost kitchen juga tidak memiliki bangunan untuk konsumen makan di tempat.
Menurut laporan Research and Markets (perusahaan riset pasar dunia), bisnis ghost kitchen secara global diperkirakan akan meningkat lebih dari 12 persen setiap tahunnya. Kira-kira perkembangan bisa mencapai Rp1,985 triliun pada tahun 2028. Bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Namun, tetap harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini, sebelum Anda menjalankan bisnis ghost kitchen.

Ghost kitchen merupakan sebuah konsep baru yang muncul dalam bidang Food & Beverage (F&B). Pada praktiknya, ghost kitchen yaitu jasa penyewaan dapur bersama di mana di dapur tersebut terdapat beberapa pengusaha makanan sebagai mitra usaha.

Disebut pula dengan istilah cloud kitchen, karena dapur layanan hanya menjadi satu terobosan baru dalam dunia kuliner di mana pengusaha makanan menyediakan dan antar. Hal ini tentunya juga didukung oleh kondisi yang sekarang ini di mana konsumen lebih memilih untuk tidak makan di tempat.

Konsep ghost kitchen ini hanya berfokus pada makanan pesan-antar untuk menciptakan lebih cepat dan lebih cepat dalam urusan pengantar makanan dibandingkan dengan konvensional yang lainnya. Hal ini berarti konsumen akan mendapatkan makanannya lebih cepat daripada yang biasanya.

Menggunakan konsep ghost kitchen itu artinya pengguna jasa dapur komersil tidak perlu lagi menyediakan berbagai peralatan dapur, karena pemilik dapur bersama yang akan memfasilitasi usaha Anda.

Sebagai pebisnis pemula, modal yang anda perlukan bisa lebih murah. Selain itu, risiko yang diperoleh lebih rendah. Ghost kitchen ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menguji produk dan juga berkembang. Misalnya, merek crofle yang kurang diminati pasaran? anda bisa bereksperimen lagi dengan mengganti produk makanan yang baru. Selain itu, jangkauan bisnis anda bisa lebih luas, juga tentang menyewa lokasi.

Tips Memulai Bisnis Ghost Kitchen

 

bisnis ghost kitchen

 

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ghost kitchen ini tetapi belum mengetahui lebih detail. Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis ghost kitchen :

  • Lokasi yang tepat untuk ghost kitchen

Anda bisa mencari lokasi yang paling tepat untuk dapat menentukan dapur hantu yang mudah dibeli atau tidak. Lokasi yang cukup strategis serta ramai dengan kendaraan yang berlalu lalang bisa menjadi tempat terbaik. Anda bisa membuka dapur hantu dan kapanpun dengan pelayanannya dilakukan secara online.

 

  • Membuat menu online yang menarik untuk ghost kitchen

Untuk menarik pembeli atau pelanggan, Anda tentu harus menyiapkan menu dengan tampilan yang menarik serta berbeda dari yang lainnya. Anda juga perlu menyediakan logo dan berbagai variasi menu agar foto bisa lebih menarik pembeli.

 

  • Mudah untuk Dipesan

Setelah memastikan menu online yang Anda sudah buat menarik, sekarang yang harus Anda pastikan selanjutnya memastikan bahwa pembeli mudah untuk melakukan pemesanan. Cara termudah tentu bisa memanfaatkan aplikasi media sosial untuk menambah opsi pesanan misal seperti memanfaatkan aplikasi Gofood, Grabfood atau langsung lewat Whatsapp ke nomor WA bisnis Anda.

 

  • Jangan lupa promosi bisnis ghost kitchen

Karena konsep utama bisnis ini adalah secara online, maka untuk pemasarannya atau promosinya Anda dapat memanfaatkan media online yang ada seperti media sosial ads (Facebook ads, Instagram ads, dan sebagainya) atau pemasaran melalui marketplace.

By windy

Leave a Reply

Your email address will not be published.