cara buat minyak kelapa murni

Kelapa merupakan satu jenis buah yang mudah sekali kita jumpai di negara tropis seperti negara kita tercintai ini, Indonesia. Buah ini selain bisa diminum airnya yang segar dan menjadi terkenal untuk melepas dahaga. Tetapi selain airnya, ternyata daging kelapa pun juga bisa dimanfaatkan menjadi minyak. Cara buat minyak kelapa murni ini sudah dikenal nenek moyang Indonesia dengan cara yang sederhana.

Manfaat Minyak Kelapa Murni Ini Dia!

cara buat minyak kelapa murni

Menurunkan berat badan.

Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, pemakaian minyak kelapa dianggap  baik bagi para penderita obesitas. Kandungan lemak jenis MCT yang ada diminyak kelapa, diperkirakan dapat menurunkan berat badan. Namun, kamu juga harus tetap membatasi jumlah asupan minyak kelapa agar tidak kelebihan kalori yang tubuh butuhkan, yang justru akan menyebabkan berat badan menjadi naik. Untuk dapat menurunkan berat badan, tetap dibutuhkan pola makan sehat dan olahraga rutin.

Diabetes

Minyak kelapa bisa juga memberikan dampak yang bagus pada penyakit diabetes, karena dipercaya mampu untuk membantu mengatur kadar gula darah dan memperbaiki resistensi insulin didalam tubuh. Namun dikarenakan jenis lemak pada minyak kelapa ini adalah lemak jenuh, penderita diabetes disarankan untuk membatasi penggunaan minyak kelapa.

Melembabkan kulit

Minyak kelapa dapat juga dijadikan pelembab yang ringan bagi kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit kamu secara rutin setelah mandi. Menggunakan  minyak kelapa dua kali sehari pada kulit kering, dapat membantu untuk melembapkan kulit.

Cara Membuat Minyak Kelapa

Cara buat minyak kelapa murni di rumah, bagi yang ingin mencoba untuk membuatnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan:

Pilihlah kelapa yang sudah tua, sesuaikan dengan kebutuhan

Air seperlunya

Saringan minyak

Parutan kelapa

Botol untuk penyimpanan minyak kelapa

Berikut ini cara memilih kelapa yang bagus dan baik untuk di gunakan sebagai minyak kelapa. Sebetulnya ada banyak cara membuat minyak klentik antara lain itu dengan cara pemanasan, fermentasi, dan perebusan. Selain itu virgin coconut oil ada yang dibuat tanpa pemanasan.

Cara membuat minyak kelapa murni dengan perebusan

1. Siapkan empat/lima gelas air, lalu panaskan hingga mengeluarkan uap.

2. Sambil menunggu air mengeluarkan uap, parut 2 butir kelapa yang sudah tua.

3. Campurkan parutan kelapa tadi  ke air panas, lalu blender hingga menjadi halus.

4. Saringlah air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan minyak yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.

5. Jika sudah mendapatkan santan, rebus dengan suhu api sedang.

6. Aduk terus-menerus hingga air mendidih dan beruap dan krim yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak.

7. Proses ini bisa memakan waktu hingga satu jam. Pastikan Kamu tidak berhenti mengaduknya.

 Dengan Cara Pemanasan

Cara membuat minyak Vco atau kelapa dengan cara pemanasan, berikut dia caranya:

1. Kupaslah buah kelapa tua,lalu ambil dagingnya.

2. Parutlah daging kelapa tersebut dengan memakai parutan, jika kamu tidak mau ribet untuk memarut sendiri,kamu bisa membeli sediri yang sudah diparut di pasar.

3. Campurlah parutan kelapa tersebut dengan air yang sudah matang, peras dan lalu saring untuk mendapatkan santan.

4. Siapkan penggorengan dengan nyala api yang sedang lalu tuangkan air santan tersebut.

5. Aduk santannya dengan peralahan, karena dengan kita mengaduknya secara menerus maka air santan akan menguap dan terpisah sehingga hanya akan tersisa minyak dan ampas yang dikenal juga dengan blondo.

6. Setelah minyak sudah terbentuk, tuangkan ke dalam botol atau wadah yang telah disiapkan.

 Dengan fermentasi

Jika kamu hanya membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah yang kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat dan bagus.

1. Pilihlah kelapa yang bekualitas baik  segar dan juga matang .

2. Bersihkan kelapa dengan air, lalu parut dan campurlah dengan air matang dan peras.

3. Dari hasil parutan tadi segera kita tuangkan ke wadah atau botol diamkan selama 24 jam dalam suhu ruangan 32 derajat celcius. Proses penyimpanan ini akan membuat air dan minyak tersebut terpisah.

4. Saringlah air yang sudah terpisah dengan minyak tadi, dan minyak itu sendiri akan berwarna putih pucat.

By faiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *