Cara kerja microwave oven. Microwave merupakan salah satu jenis oven yang menggunakan listrik untuk memanaskan makanan. Cara kerja Microwave oven ini tentu berbeda dengan oven konvensional. Microwave menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memanaskan makanan atau kue.

Gelombang dengan frekuensi 2500 MHz (2.5 GHz) yang dipancarkan akan diserap oleh air, lemak, dan gula di dalam makanan. Gelombang tersebut akan memicu molekul air, lemak, dan gula untuk saling bertumbukan sehingga bisa menghasilkan panas. Oleh karena itu, makanan yang memiliki kandungan air tinggi akan lebih cepat matang jika dimasak dengan menggunakan Microwave oven.

Cara kerja microwave oven. Proses pematangan makanan akan dimulai dari bagian dalam lalu di bagian luar. Oleh karena itu, memanaskan makanan dengan Microwave oven akan menghasilkan makanan yang matang dengan sempurna. Menariknya, selama proses pemanasan makanan, gelombang yang dipancarkan microwave oven tidak akan diserap oleh wadah makanan yang biasa terbuat dari gelas, plastik khusus tahan Microwave, dan keramik. Wadah makanan yang akan terasa hangat tapi tidak sepanas makanan saat berada di dalam microwave  sehingga mudah diambil. Di dalam Microwave terdapat piring berputar yang berfungsi untuk memutar makanan selama dipanaskan agar dapat matang secara merata.

Cara kerja microwave oven sangat sederhana yaitu dengan memancarkan radiasi gelombang mikro, kemudian gelombang tersebut akan berubah menjadi panas. Dari panas itulah makanan yang ada di dalam microwave oven bisa matang.

Berikut adalah langkah-langkah cara kerja microwave oven :

  1. Setiap microwave oven memiliki arus bolak-balik dengan beda potensial rendah dan searah dengan beda potensial tinggi diubah dalam bentuk arus searah.
  2. Arus tersebut digunakan oleh magnetron agar menghasilkan gelombang mikro dengan frequensi 2,45 GHz.
  3. Magnetron tersebut memiliki antena di bagian atas yang berfungsi untuk mengarahkan gelombang mikro ke dalam waveguide.
  4. Waveguide meneruskan gelombang mikro ke stirrer guna untuk menyebarkan ke seluruh bagian ruangan.
  5. Penyebaran tersebut akan menghasilkan pantulan-pantulan gelombang mikro di dalam ruangan microwave oven secara merata dan dipantulkan oleh dinding oven dan diserap oleh molekul makanan, baik itu berbentuk molekul air, gula, lemak, dll.

 

Jenis-Jenis Microwave Oven

 

Jenis-jenis Microwave Oven yang ada di pasaran ada 3 jenis. Meskipun dari segi tampilan fisik tidak berbeda jauh, namun ketiga jenis Microwave tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. 3 jenis Microwave oven tersebut sebagai berikut :

 

1. Microwave oven Biasa

 

cara kerja microwave oven

 

Microwave biasa adalah jenis Microwave yang paling umum digunakan di dalam rumah. Fungsinya sangatlah dasar yaitu hanya memanaskan makanan saja. Microwave jenis ini sebenarnya bisa digunakan untuk memasak, masakan yang simpel saja seperti memasak mie rebus atau membuat sop. Selain itu, Microwave oven bisa juga digunakan untuk mencairkan daging beku agar bisa diolah dengan lebih cepat.

 

 

2. Microwave oven Grill

 

cara kerja microwave oven

 

Selain bisa memanaskan makanan, Microwave grill ini juga bisa untuk memanggang. Biasanya Microwave grill ini memiliki alas berjeruji yang digunakan untuk memanggang makanan. Microwave jenis ini bisa di gunakan untuk memanggang ikan, ayam, daging, dan lain sebagainya. Karena ukuran Microwave yang tidak besar, Anda juga tidak bisa memanggang daging yang ukurannya terlalu besar.

 

3. Microwave Oven Convection

 

cara kerja microwave oven

 

Microwave convection adalah gabungan dari Microwave dan Oven konvensional. Microwave jenis ini bekerja dengan cara memanaskan makanan dengan suhu panas dan dengan gelombang mikro. Makanan yang dimasak dengan Microwave ini akan lebih cepat matang dan permukaannya terlihat berwarna kecoklatan. Microwave Convection sangat dianjurkan untuk Anda yang suka membuat kue Brownies atau Pizza karena akan memberikan tekstur garing di luar dan matang sempurna di dalam.

 

Fungsi Microwave Oven

 

Setelah memahami cara kerja microwave oven dan jenis microwave oven, maka hal yang selanjutnya perlu anda diketahui yakni fungsi microwave selain untuk menghangatkan makanan. Beberapa fungsi microwave yang jarang diketahui tersebut antara lain sebagai berikut :

 

1. Melelehkan Bahan Makanan Padat dengan microwave oven

Fungsi microwave oven yang tak banyak diketahui yakni sebagai alat untuk melelehkan bahan makanan padat. Jika Anda ingin melelehkan keju, margarin, atau cokelat batang, alat yang satu ini sangat tepat untuk digunakan dalam durasi waktu singkat dengan hasil yang maksimal.

 

2. Tempat Pengukus Ikan dengan microwave oven

Selain itu, fungsi microwave yang selanjutnya yaitu sebagai alat pengukus ikan. Caranya, cukup lumuri ikan dengan minyak dan bumbu yang disediakan lalu bungkus menggunakan plastik wrap, masukkan ke dalam microwave selama kurang lebih 5 menit.

3. Alat Pengupas Bawang dengan microwave oven

Selama ini, bawang selalu dikupas secara manual hingga meninggalkan bau tidak sedap di area tangan. Nah, Anda juga dapat memanfaatkan fungsi microwave yang satu ini. Cukup masukkan bawang ke dalam microwave dan tunggu bawang mengupas selama 25 detik dengan suhu yang sedang.

 

4. Alat Pelepas Biji Jagung dengan cara kerja microwave oven

Selain pengupas bawang, microwave juga dapat menjadi alat pemipil jagung. Jika Anda membutuhkan alat bantu yang cepat untuk melepaskan setiap biji jagung, microwave adalah solusi yang tepat. Cukup masukkan jagung dan biarkan menghangat pada suhu yang rendah selama 5 menit.

 

5. Mematangkan Telur dengan menggunakan microwave oven

Fungsi microwave yang selanjutnya yaitu sebagai alat mematangkan telur. Jika Anda tak memiliki alat untuk mengukus telur, menggunakan microwave adalah cara alternatifnya. Caranya dengan tunggu telur di dalam microwave selama 2 menit dan keluarkan.

 

6. Membuat Makanan Kian Renyah menggunakan microwave oven

Fungsi microwave yang berikutnya yaitu membuat makanan kian renyah. Hal ini berguna saat Anda memiliki makanan sisa yang sudah bertekstur lembek dan tidak renyah kembali.

 

7. Untuk Mendapatkan Sari Buah menggunakan microwave oven

Anda ingin mendapatkan sari buah seperti jeruk nipis atau lemon sebagai bahan pelengkap masakan? Fungsi microwave oven ini bisa menjadi solusi yang paling cepat dan tepat. Cukup masukkan buah ke dalam microwave dengan suhu tinggi dan tunggu selama 40 detik lalu angkat kembali.

By windy

Leave a Reply

Your email address will not be published.