cara membuat basreng pedas daun jeruk

Basreng pedas daun jeruk adalah salah satu camilan yang populer di Indonesia. Basreng sendiri adalah kependekan dari baso goreng, yang berarti bakso yang digoreng. Lalu, bagaimana sih cara membuat basreng pedas daun jeruk?

Pada artikel ini, kita akan mempelajari cara membuat basreng pedas daun jeruk dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Dari pemilihan bahan yang tepat hingga proses pengolahan yang benar, Anda akan memiliki panduan lengkap untuk membuat camilan lezat ini di rumah.

Jadi, mari kita mulai menjelajahi langkah-langkah sederhana untuk menciptakan basreng yang lezat dan menggugah selera!

Pemilihan Bahan Basreng Pedas Daun Jeruk

Saat membuat basreng, pemilihan bahan yang tepat adalah langkah penting untuk mendapatkan hasil yang lezat dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih bahan untuk basreng pedas daun jeruk:

1. Daging

Dalam basreng pedas daun jeruk, daging sapi adalah bahan utama yang digunakan. Pilihlah daging sapi yang segar dan berkualitas baik. Daging sapi yang bagus memiliki warna merah muda dan tekstur yang lembut.

Anda juga dapat memilih bagian daging yang tidak terlalu berlemak agar basreng tidak terlalu berminyak.

2. Bumbu-Bumbu

Bumbu-bumbu adalah kunci untuk memberikan cita rasa pedas dan kaya pada basreng. Beberapa bumbu yang umum digunakan termasuk bawang putih, bawang merah, merica bubuk, garam, dan gula.

Anda juga dapat menambahkan bumbu pedas seperti cabai bubuk atau cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

3. Tepung dan Bahan Perekat

Untuk membuat adonan basreng, Anda membutuhkan tepung terigu sebagai bahan dasar. Pastikan menggunakan tepung terigu yang memiliki kadar protein sedang atau tinggi agar basreng lebih kenyal.

Selain itu, tambahkan bahan perekat seperti tepung kanji atau tepung sagu untuk memberikan kekenyalan yang baik pada basreng.

4. Daun Jeruk

Daun jeruk adalah bahan kunci yang memberikan aroma harum khas pada basreng pedas. Pilihlah daun jeruk yang segar dan bersih. Anda dapat menggunakan daun jeruk purut atau daun jeruk nipis.

Pastikan untuk mencuci daun jeruk dengan hati-hati sebelum digunakan untuk menghilangkan kotoran atau residu yang tidak diinginkan.

5. Minyak Goreng

Pemilihan minyak goreng yang tepat juga penting untuk menghasilkan basreng yang renyah dan tidak berminyak berlebihan. Minyak sayur seperti minyak kelapa sawit atau minyak goreng biasa dapat digunakan.

Pastikan minyak dalam keadaan panas sebelum menggoreng basreng agar hasilnya lebih kering dan renyah.

Pada pemilihan bahan basreng, pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas baik. Kualitas bahan yang baik akan mempengaruhi hasil akhir basreng, termasuk tekstur, rasa, dan aroma.

Baca Juga: Cara Bisnis Basreng : Ide Bisnis Sederhana yang Menguntungkan

Baca Juga: Cara Membuat Keripik Sayur Sawi: Alternatif Camilan Sehat

Cara Membuat Basreng Pedas Daun Jeruk

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat basreng pedas daun jeruk:

Bahan-Bahan:

  • 250 gram daging sapi cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah bawang merah, cincang halus
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh cabai bubuk (atau sesuai selera)
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung kanji atau tepung sagu
  • 10 lembar daun jeruk purut atau daun jeruk nipis, iris tipis
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Langkah-Langkah Membuat Basreng Pedas Daun Jeruk:

  1. Pertama-tama campurkan daging sapi cincang, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, garam, gula, cabai bubuk, tepung terigu, dan tepung kanji atau tepung sagu dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata dengan daging.
  2. Kedua ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bola-bola kecil. Lalu pipihkan bola-bola tersebut dengan menggunakan telapak tangan agar berbentuk seperti bakso pipih.
  3. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  4. Masukkan potongan daun jeruk ke dalam wajan yang sudah panas, lalu goreng hingga daun jeruk menjadi renyah dan berubah warna menjadi lebih gelap. Angkat dan tiriskan daun jeruk goreng. Daun jeruk ini akan digunakan sebagai topping pada basreng.
  5. Setelah itu, masukkan basreng yang sudah dibentuk ke dalam minyak panas. Goreng basreng hingga matang dan berwarna kecokelatan. Pastikan Anda menggoreng basreng dalam jumlah yang cukup kecil agar matang merata.
  6. Angkat basreng yang sudah matang dan tiriskan minyaknya pada saringan dapur atau mesin peniris minyak agar lebih kering.
  7. Taburkan daun jeruk goreng yang sudah disiapkan tadi di atas basreng yang masih hangat. Hal ini akan memberikan aroma harum khas daun jeruk pada basreng.
  8. Basreng pedas daun jeruk siap disajikan. Nikmati basreng ini sebagai camilan yang pedas dan renyah.

Dengan langkah-langkah sederhana tersebut, Anda sekarang memiliki resep untuk membuat basreng pedas daun jeruk yang lezat di rumah. Cicipi kelezatan basreng yang renyah dan pedas ini, lengkap dengan aroma harum dari daun jeruk yang menambah cita rasa khas.

Jadikan basreng daun jeruk sebagai camilan favorit Anda yang dapat dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam menciptakan camilan yang menggugah selera ini!

By zasckia

Sebagai penulis di pelatihanbisnisinternet.com saya senang menjelajahi perkembangan teknologi, terutama dalam dunia IT. Selain itu, saya memiliki hasrat untuk terus belajar dan berbagi berbagai informasi seputar bisnis serta tips terkini kepada para pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *