cara membuat bolu panggang

Kue bolu merupakan salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi bukan ditelinga kalian, makanan ini sangat umum dijumpai dan cara membuat bolu panggang ternyata juga mudah untuk anda lakukan sendiri di rumah. Yuk simak resepnya berikut ini.

Apa itu Bolu?

Kue bolu adalah kue yang sering kita jumpai pada acara-acara tertentu seperti ulang tahun, hari jadi, pernikahan, acara pengajian, dll. Makanan kue bolu ini mempunyai rasa yang sangat manis dan tekstur yang halus.

Kue bolu tersedia dalam berbagai bentuk dan rasa. Kue ini biasanya dipanggang atau dikukus, dan kedua metode ini enak.

Di bawah ini kami akan menyajikan resep proses pembuatan kue bolu yang sederhana, empuk dan lembut, dan kami akan membuat kue ini dengan cara memanggangnya di dalam oven. Membuat kue ini sama seperti membuat kue pada umumnya, namun membuat kue membutuhkan waktu yang cukup lama.
Perbedaan antara bolu dan kue

Sponge atau bisa juga disebut butter cake terbuat dari lemak seperti mentega atau margarin yang dikocok dengan gula pasir, setelahnya ditambahkan telur, kemudian bahan kering seperti tepung, susu dan cairan lainnya.

Adapun cara membuat kue bolu, dari kocokan telur dengan gula pasir, lalu tambahkan bahan kering setelah telur dan gula kocok mengembang.

Kue bolu sebenarnya adalah kata bahasa Indonesia untuk kue. Namun maknanya kemudian bergeser, bolu diartikan sebagai kue yang kasar dan padat. Terbuat dari kuning telur lebih banyak daripada putih telur dan menggunakan lebih sedikit tepung.

Kue bolu adalah sejenis kue yang dibuat dengan cara mengocok telur dengan gula dan margarin yang dilelehkan.

Nah itulah tadi penjelasan tentang cake and sponge, moms and sist. Jadi apa yang ingin kamu lakukan? Pakai tepung premix dari pondan saja ya moms and sis untuk memudahkan moms and ss dalam membuat kue. Ada juga tepung premix untuk kue bolu, kue bolu dan lain-lain.

Cara Membuat Bolu Panggang

Bahan A:

  • 5 butir telur ayam
  • 1 sendok teh oval / SP / TBM
  • 150 gula halus (saya pakai gulpas)

Bahan B:

  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan susu bubuk / santan bubuk
  • 20 gram tepung jagung
  • Sejumput garam
  • 1/2 sdt baking powder (bisa di skip)

Bahan C (Opsional):

  • Keju parut
  • Pewarna makanan
  • Coklat bubuk (saya pakai milo)

Cara Membuat Bolu Panggang :

  1. Siapkan semua bahan yang Anda butuhkan. Pastikan semuanya bertali dengan benar.
  2. Siapkan wajan teflon, panaskan margarin hingga meleleh. Biarkan dingin. Kami juga menyiapkan wonder pan pan: olesi dengan margarin hingga merata dan taburi tepung,sisihkan.
  3. Siapkan masukkan Bahan A. Di wadah lain campur bahan B (ayak kalau perlu) sisihkan. Keju parut dengan keju parut (untuk topping) sisihkan
  4. Mixer bahan A sampai putih mengembang setahap demi setahap (15-20 menit) dengan kecepatan tinggi (saya: hanya sampai level 3) turun ke level 1.
  5. Tambahkan bahan B sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sambil diaduk rata (atau gunakan spatula, aduk kembali hingga tercampur rata)
  6. Sementara itu kita panaskan alas Wonder Pan / Baking Pan. Sambil menunggu kita masukkan margarin dan aduk dengan spatula.
  7. Aduk kembali hingga dasar wadah/wadah rata dan tidak ada yang mengendap di dasar wadah/wadah. Bagi adonan menjadi 3.
  8. Beri warna hijau (bisa ditambah perasan pandan), coklat (saya: pakai millo), tanpa pewarna. Atau warna pilihan Anda.
  9. Selanjutnya, tuangkan ke dalam panci ajaib. Motif sesuai selera. (Saya: hijau dan putih, cokelat bergantian) taburi keju parut di atasnya
  10. Setelah semuanya selesai, letakkan wajan ajaib di alasnya. Panggang dengan api kecil saja.. kurang lebih 15 menit.
  11. Test dengan menancapkan lidi/garpu jika sudah matang dan tidak lengket. Matikan api.
    Segera angkat dari kompor.
  12. Diamkan beberapa saat hingga dingin terlebih dahulu. Keluarkan saja dari loyang agar tidak rata.
    Untuk mengeluarkan roti dari loyang, tutupi loyang dengan loyang ajaib.
  13. Kemudian kita kembali. Dan kemudian kembali lagi di piring saji
  14. Spon panggang sederhana anti gagal siap dihidangkan, selamat mencoba.

Bagaimana mudah bukan cara membuat bolu panggang sendiri di rumah, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini juga sangat mudah untuk anda jumpai di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.