cara membuat google map tempat usaha

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat google map tempat usaha melalui Hp mudah dan gratis. Lokasi Bisnis ketika sudah terdaftar di google maps, membuat seseorang lebih mudah untuk menemukan lokasi bisnis kamu. Hal ini bisa membuat bisnis kamu di kenal oleh banyak orang.

Misalnya jika bisnis kamu merupakan tempat makan, kebetulan seseorang ingin mencari tempat makan terdekat di Google maps dan orang tersebut berada di sekitar tempat jualan kamu. Maka google akan ikut merekomendasikan tempat makan kamu.

Membuat tempat kamu akan menjadi lebih mudah untuk ditemukan oleh orang lain. Oleh sebab itu kebanyakan orang mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps. Berikut tips dan cara membuat google map tempat usaha

Cara Membuat Google Map Tempat Usaha Melalui HP

Apabila kamu ingin mencoba mendaftarkan lokasi usaha kamu ke dalam Google Maps. Pada saat ini kamu hanya perlu melakukannya melalui aplikasi Google Maps. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa seseorang untuk mendaftarkan lokasi usaha kamu.

Berikut Cara Daftar Tempat Usaha di Google Maps Melalui Handphone :

1. Silahkan buka aplikasi “Google Maps” yang ada di handphone.

2. Kemudian Tap icon Add “Tambah” atau menu “Kontribusi”.

3. Lalu pilih pada menu “Edit Peta”.

4. Setelah itu Tap pada menu “Tambah tempat atau perbaiki infonya”.

5. Kemudian Tap pada “Tambahkan Tempat”.

6. Lalu isi kolom “Tambahkan Nama (name)” dengan nama usaha.

7. Setelah itu pilih “Kategori” sesuai dengan tempat usaha.

8. Kemudian Tap “Update Lokasi Peta”, geser penanda lokasi sesuai dengan lokasi usaha kamu berada dan jika lokasinya sudah sesuai dan pas tekan “Oke”.

9. Lalu jika di Google Maps sudah benar letak penanda lokasinya. Akan tetapi alamat yang tetera salah kamu dapat mengeditnya secara mandiri dan manual.

10. Setelah itu Tap pada tulisan “Tambah nomor telepon, Jam buka, Situs, Tanggal pembukaan dan Foto”.

11. Kemudian Tap “Jam Buka”.

12. Lalu Tap tombol “Edit Jam Buka” dan sesuaikan dengan jadwal usaha kamu. Misalnya buka jamĀ  07.30 WIB dan tutup jam 16.00 WIB.

13. Setelah itu jika jam buka sudah sesuai dengan jadwal usaha kamu, lalu Tap tulisan “Simpan” dan Tap “Selesai” yang terdapat pada pojok kanan atas.

14. Kemudian masukkan nomor telepon atau hp tempat usaha kamu, pada kolom “Tambahkan nomor telepon”.

15. Lalu jika usaha kamu sudah mempunya situs web, silahkan masukkan pada kolom “Tambahkan Situs” dan jika belum ada silahkan kosongkan saja.

16. Setelah itu jika kamu mengingat tanggal pembukaan (opening) tempat usaha kamu masukkan ke dalam kolom “Tambah tanggal pembukaan” dan jika tidak ingat boleh di kosongkan saja.

17. Kemudian silahkan Tap “Tambahkan Foto” untuk memasukkan foto tempat usaha kamu dengan detail.

18. Lalu pilih foto untuk tempat usaha kamu, dan jika foto sudah ditemukan dan dapat, dan jika foto sudah di pilih Tap “Selesai”.

19. Setelah itu jika semua informasi sudah detail dan sesuai, Tap icon “Panah ke kiri” yang berada di pojok kanan atas.

20. Kemudian akan muncul notifikasi atau bar “Terimakasih telah berbagi dan membantu Google Maps!”

21. Lalu proses pendaftaran lokasi bisnis di google maps telah berhasil dilakukan.

Cara Menghapus Lokasi di Google Maps

Setelah kita telah membuat tempat usaha atau bisnis kita di Google Maps. Kita bisa menghapusnya secara permanen, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Misalnya ketika lokasi usaha Anda telah tutup. Akan tetapi masih terdapat lokasi usaha dan terdaftar di Google Maps.

Hal tersebut dapat membuat seseorang ketika ingin mencari lokasi tempat makan sesuai dengan usaha kamu. Google akan tetap merekomendasikan tempat bisnis kamu, biarpun tempat bisnis kamu sudah tutup atau tidak buka lagi. Nah agar tidak di rekomendasikan Google maka kita perlu menghapusnya.

Berikut Ini Cara Menghapus Lokasi Usaha di Google Maps :

1. Silahkan kunjungi Google Binisku.

2. Kemudian klik “Login”.

3. Lalu pilih menu “Info”.

4. Setelah itu klik tombol “Remove Listing”.

5. Kemudian tekan lagi “Remove”. Selesai

Catatan : Pikirkan terlebih dahulu sebelum menghapus tempat lokasi bisnis kamu di Google Maps. Karena akun tersebut tidak dapat di kelola kembali dan tidak bisa kembali seperti semula. Walaupun lokasi bisnis kamu tetap ada dan di Google Maps.

Demikian artikel mengenai cara membuat google map tempat usaha melalui handphone dengan mudah dan gratis yang bisa langsung kamu praktekkan.

By dika

Saya adalah penulis di pelatihanbisnisinternet.com yang selalu antusias mengikuti perkembangan teknologi, terutama dalam bidang IT. Selain itu, saya senang dalam proses belajar dan dengan senang hati berbagi banyak informasi tentang bisnis serta tips terkini kepada pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *