cara membuat keripik kaca

Keripik kaca , sudah tidak asing lagi bukan di telinga anda ? Makanan yang viral akhir-akhir ini membuat para remaja banyak mencarinya dan berusaha membuat sendiri di rumah. Nah cara membuat keripik kaca pun ternyata cukup mudah untuk anda lakukan sendiri di rumah. Yuk simak resepnya.

Apa Itu Keripik ?

Keripik adalah makanan ringan terbaik setiap saat sepanjang hari, apakah itu pagi, siang atau malam. Seiring berjalannya waktu, berbagai keripik tumbuh.Salah satu variasinya adalah kepingan kaca. Sesuai dengan namanya, jajanan ini bentuknya mirip kaca tipis.

Keripik kaca berasal dari daerah sunda, dengan nama aslinya yaitu keripik beledag. Awalnya, keripik ini dibuat dari singkong yang diiris tipis.Namun, keripik ini bisa dibuat dengan menggunakan tepung tapioka.

Keripik kaca ini memiliki rasa yang gurih, asin, pedas dan nikmat. Keripik kaca juga sempat viral beberapa waktu lalu karena memiliki tampilan yang unik. Bening seperti kaca dan sangat tipis. Sedangkan teksturnya yang renyah dan terasa pedas di mulut.

Cara Membuat Keripik Kaca

Bahan-Bahan :

  • 15 sendok atau 250 gram tepung tapioka
  • 700 cc air atau sekitar 3 gelas belimbing wuluh 220 ml
  • 1/2 sdt garam
  • Jumlah minyak yang tepat

Bahan Bumbu Basah :

  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/4 sdt bubuk kencur
  • 1 sdt gula pasir atau gula halus
  • 3-5 lembar daun jeruk purut yang sudah digoreng kering dan ditumbuk halus
  • 50 ml minyak goreng

Cara Membuat Keripik Kaca :

  1. Siapkan pan anti lengket. Tambahkan tepung tapioka, garam dan air ke dalamnya. Aduk rata sampai tepung larut dan tidak ada gumpalan tepung lagi.
  2. Setelah itu pindahkan ke kompor dan masak dengan api sedang sambil terus diaduk agar tepung tidak gosong.
  3. Masak terus hingga mengental. Setelah mulai mengental, kecilkan api dan terus aduk hingga adonan kalis. Matikan api, sisihkan.
  4. Siapkan plastik besar untuk dicetak dan dijemur sesuai kebutuhan. Olesi semua permukaan plastik dengan minyak goreng sampai benar-benar merata.
  5. Ambil adonan tepung tapioka secukupnya tadi dan taruh di plastik. Jika demikian, timpa dengan plastik lain.
  6. Setelah itu, gulung atau pipihkan campuran tepung tapioka hingga setipis mungkin. Lakukan sampai semua campuran tepung tapioka habis.
  7. Kemudian, lepaskan plastik atas. Jemur adonan di bawah sinar matahari hingga kering selama 2 jam.
  8. Kemudian, potong dan potong keripik sesuai selera. Setelah itu, lanjutkan pengeringan selama 2-3 jam.
  9. Kemudian, siapkan wajan dan tuangkan 4-5 sdm minyak. Panaskan minyak sampai agak hangat.
  10. Goreng keripik menggunakan api kecil selama 5-10 menit sesuai dengan ketebalan keripik. Angkat dan sisihkan.
  11. Siapkan bumbu basah. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan minyak menggunakan blender atau chopper. Menyisihkan.
  12. Panaskan wajan anti lengket atau teflon, tumis bumbu halus hingga harum menggunakan api kecil sambil sering diaduk agar tidak mudah gosong. Jika mulai meletup, bumbu sudah matang.
  13. Kemudian, tambahkan kaldu bubuk dan garam. Aduk rata. Tambahkan serpihan kaca. Aduk kembali hingga semua keripik terendam bumbu.
  14. Jika sudah, tambahkan juga gula halus dan bubuk kencur. Aduk hingga tercampur rata. Terakhir masukkan daun jeruk yang sudah dihaluskan, aduk rata.
  15. Matikan api, angkat dan sisihkan. Biarkan dingin terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara. Keripik kaca siap dinikmati.

Bagaimana tertarik untuk mencoba cara membuat keripik kaca di rumah sendiri ? Makanan ini sangat cocok untuk anda sajikan saat berkumpul bersama dengan keluarga atau bersama dengan teman anda. Selamata mencoba dan semoga berhasil.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.