Anda sedang mencari inspirasi resep cara membuat kerupuk dari aci dan terigu, Cara menyiapkannya memang tidakĀ  gampang-gampang susah dan tidak juga gampang – gampang mudah. Jika anda salah mengolahnya maka hasilnya tidak akan bisa memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kerupuk aci yang enak ini seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu untuk memancing selera makan kita.

Manfaat Kerupuk bagi Kesehatan

Walaupun hanya pendamping makan, manfaat makan kerupuk ternyata baik untuk kesehatan. Di antaranya:

1.Menyehatkan gigi

Karena kandungan gizi yang terkandung pada kerupuk seperti fosfor dan kalsium (terutama pada kerupuk udang), manfaat makan kerupuk juga bisa membantu memperkuat gigi. Tidak hanya itu saja, orang yang sering mengonsumsi kerupuk juga bisa membantu pertumbuhan gigi.

2. Menjaga kesehatan tulang

Selain bermanfaat untuk menguatkan gigi, manfaat kerupuk yang lain ternyata juga bisa menjaga kesehatan tulang berkat kandungan kalsium dan fosfor yang terkandung di dalam kerupuk. Tentunya khasiat kerupuk ini dapat mencegah tulang anda dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

3. Meningkatkan energi

Walaupun terdengar aneh karena kerupuk adalah makanan yang tergolong ringan, manfaat makan kerupuk ternyata bisa menambah energi karena di dalam kerupuk mengandung banyak protein dan karbohidrat. Kedua kandungan gizi tersebut yang dapat membantu pembentukan energi.

4. Membantu meredakan rasa pedas di mulut

Jika anda merasa kepedasan mulai sekarang anda bisa tidak hanya minum air yang dapat meredakan rasa pedas di mulut, anda juga bisa makan kerupuk untuk meredakan rasa pedas. hal ini karena berkat kandungan minyak dalam kerupuk. Ketika Anda mengunyahnya, minyak dalam kerupuk akan melumasi bagian yang terasa pedas yang dapat membantu meringankan rasa pedas pada mulut.

5. Mengingkatkan massa otot

Bagi Anda yang ingin membentuk badan atau menambah masa otot, makanlah kerupuk saat setiap kali Anda makan berat, karena manfaat kerupuk bisa membantu pembentukan otot Anda. Hal itu karena kandungan protein yang terdapat dalam kerupuk udang atau kerupuk ikan, yang bisa membantu menambah masa otot menjadi badan kekar. Meskipun mengandung protein, anda juga harus tetap mengonsumsi makanan berprotein lainnya dari sepeti protein hewani dan nabati, seperti daging dan juga kacang-kacangan.

6. Mengatasi maag

Satu lagi manfaat kerupuk yang tebilang unik dan aneh ini, ketika tiba-tiba maag menyerang, Anda bisa mengatasinya dengan memakan kerupuk kulit.

Langsung saja kita simak bahan-bahan dan langkah-langkah cara membuat kerupuk dari aci dan terigu.

Cara Membuat Kerupuk dari Aci dan Terigu

cara membuat kerupuk dari aci dan terigu

Bahan :

  • Tepung tapioka
  • Tepung terigu secukupnya
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • 1/4 kg bawang putih

Langkah-langkah :

  1. Pertama-tama campurkan tepung tapioka,terigu,bawang putih atau yang sudah diblender hingga halus,garam, dan penyedap rasa
  2. Langakah kedua, rebus air hingga matang,dan tumpah kan ke adonan yang sudah di campuran tadi, kemudian aduk lalu di lipat-lipat ke daun pisang
  3. Setelah itu rebus lalu angkat dan dinginkan, kemudian keringkan selama kurang lebih 2 hari (jangan terlalu kering)
  4. Kemudian adonan di potong-potong, lalu dijemur kembali sampai kering
  5. Setelah itu goreng kerupuk dengan minyak, dan sajikan

Tips Makan Kerupuk yang Sehat untuk Tubuh

Kerupuk yang biasa diproduksi oleh pabrik dan diedarkan dalam bentuk matang mungkin cukup berisiko karena cara menggorengnya, meskipun bisa dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Biar risiko yang ditimbulkan oleh kerupuk tidak terjadi, Anda sangat disarankan untuk membeli kerupuk mentah dan menggorengnya sendiri dengan minyak terbaik, misalnya menggunakan minyak kelapa bukan minyak kelapa sawit.

Selain itu, untuk bisa mendapatkan nutrisi, anda bisa memilih kerupuk yang menggunakan bahan baku dari ikan atau udang. Kerupuk dengan jenis ini masih memiliki kandungan protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Anda dapat mengonsumsi kerupuk udang atau kerupuk ikan ini sebagai pendamping makanan.

Nah, begitulh cara membuat kerupuk dari aci dan terigu. Mudah bukan? Kerupuk aci dan terigu ini bisa anda gunakan sebagai peluang usaha loh. Jika anda ingin menggunakannya sebagai peluang usaha, anda bisa membuatnya setelah itu kemas dengan menggunakan mesin pres agar proses pengemasan berlangsung cepat, mudah, dan praktis.

By sirla

Di pelatihanbisnisinternet.com saya adalah seorang penulis yang sangat antusias tentang perkembangan teknologi, terutama dalam bidang IT. Selain itu, saya senang belajar hal-hal baru dan berbagi berbagai informasi seputar bisnis serta tips terkini kepada pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *