Hai moms,pada kesempatan kali ini aku akan membagikan resep cara membuat kerupuk puli dari nasi nih.Simak selengkapnya yaaa!

Resep kerupuk puli adalah salah satu resep kerupuk yang mudah dibuat. Kerupuk puli yang terbuat dari bahan-bahan sederhana dan harganya terjangkau.

Kerupuk puli ini juga merupakan salah satu kerupuk yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan renyah ini, kerupuk puli cocok menjadi pendamping masakan-masakan berkuah, seperti soto atau lontong opor dll.

Makanan tradisional yang berasal dari Solo. Kerupuk puli atau bisa juga disebut sebagai kerupuk gendar merupakan makanan khas dari Madiun Jawa timur dengan bahan dasar nasi. Memiliki cita rasa gurih dan renyah, kerupuk satu ini tak sepi peminat.

Bahan-bahan:

  • 200 gram nasi putih
  • Haluskan 2 siung bawang putih
  • Garam 1 sdt
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • minyak goreng secukupnya
  • 150 ml air

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, saatnya membuat kerupuk puli dari nasi. Berikut langkah-langkah cara membuat kerupuk puli dari nasi.

Langkah Pembuatan Kerupuk Puli :

cara membuat kerupuk puli dari nasi

  1. Siapkan blender, kemudian masukkan nasi dan air, lalu blender hingga nasi menjadi halus.
  2. Pindahkan nasi putih yang dihaluskan ke dalam wadah. Masukkan bawang putih, garam, dan ketumbar bubuk. Aduk rata hingga menjadi adonan padat.
  3. Kemudian ambil adonan sebanyak satu sendok makan, lalu pipihkan, dan tata pada wadah loyang atau nampan. Ulangi langkah ini hingga adonan habis.
  4. setelah itu jemur adonan kerupuk di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Lama waktu menjemur kurang lebih 1-2 hari tergantung panas matahari.
  5. Jika adonan kerupuk sudah kering, adonan kerupuk bisa langsung digoreng dengan minyak goreng hingga matang dan mengembangkan.
  6. Lalu tiriskan dan angin-anginkan kerupuk yang sudah digoreng, lalu simpan di dalam wadah kedap udara.

Usaha Kerupuk Puli

Kerupuk puli (kerupuk beras) merupakan salah satu makanan yang terpopuler di Indonesia. Usaha krupuk puli ini patut anda coba mengingat meningkatnya permintaan kerupuk puli yang menjadikan usaha menjanjikan.

Dengan memulai usaha ini anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Kerupuk beras ini dengan berbahan dasar sisa nasi yang tidak digunakan. Namun dibalik bahan dasarnya yang sangat sederhana ini, kerupuk ini dikenal memiliki rasa yang lezat serta cita rasanya yang gurih dan renyah membuat kerupuk ini digemari dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Banyak orang yang mencari kerupuk puli ini untuk sekedar dijadikan camilan hingga dijadikan pendamping makanan seperti nasi atau makanan yang lainnya.

Makan kalo tidak ada kerupuk bagi aku merupakan hal yang aneh, karena kerupuk puli itu sudah menjadi makanan kesukaan. Yang paling saya suka dengan kerupuk gendar atau yang sering disebut di Banyumas adalah legendar.

Tips-tips!

cara membuat kerupuk puli dari nasi

  • Kamu bisa juga memanfaatkan sisa nasi semalam untuk membuat kerupuk puli. Nasi yang baru matang justru biasanya masih terlalu basah dan lembek.
  • Kamu bisa juga menggunakan jenis nasi yang pulen dan butiran berasnya berwarna putih. Jenis nasi ini akan menghasilkan kerupuk yang berwarna lebih cerah dan tidak kusam.
  • Cara melihat adonan sudah benar-benar kering adalah dengan melihat warnanya. Jika adonan menjadi bening, tandanya sudah kering. Jika adonan kerupuk masih berwarna putih, tandanya adonan masih basah. Jadi pastikan jemur adonan hingga benar-benar sudah kering ya.
  • Agar hasil kerupuk lebih bagus, sebaiknya dicuci terlebih dulu nasi yang akan digunakan untuk bahan.
  • Gunakan nasi yang pulen dan butiran berasnya putih jika ingin hasil kerupuk yang berwarna cerah, tidak kusam atau tidak kekuningan.
  • Keringkan adonan kerupuk hingga menjadi bening, tidak lagi berwarna putih. Jika kerupuk masih berwarna putih, tandanya adonan kerupuk masih basah.
  • Akan lebih baik lagi jika menggunakan nasi yang sudah lama atau nasi sisa semalam. Nasi yang baru saja matang biasanya terlalu basah dan lembek.

Terima kasih telah membaca resep yang sudah kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kerupuk puli yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga atauteman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan.

Bila kerupuk anda tidak ingin cepat melempam anda bisa menggunakan mesin pres ini.

By sirla

Leave a Reply

Your email address will not be published.