cara membuat klepon gula merah

Klepon makanan jadul yang sudah tidak asing lagi bukan ditelinga anda, cara membuat klepon gula merah pun terbilang mudah untuk anda buat sendiri di rumah. Yuk simak resepnya berikut ini, sebelum itu ada sedikit penjelasan mengenai asal usul dari makanan satu ini.

Asal Usul Klepon

Klepon atau kelepon adalah kue beras tradisional yang diberi topping jambu cair dan ditaburi kelapa bakar. Kue klepon ini berasal dari Indonesia, namun terkenal di Asia Tenggara dan bisa ditemukan di Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura.

Di beberapa daerah di Indonesia, seperti Sulawesi, Sumatera dan Malaysia dikenal dengan Ondi Ondi, dan di beberapa tempat disebut “Bawah Malaka” (buah Malaka).

Di Jawa, onde-onda mengacu pada Jin China Deui, bola nasi dengan taburan biji wijen dan taburan kacang manis. Meskipun Clepon terkenal di seluruh Asia Tenggara, kemungkinan besar Clepon berasal dari pulau Jawa.

Hidangan ini juga dikenal sebagai klepon Holland. Clepon diperkenalkan oleh imigran India ke Belanda pada 1950-an dan tersedia di toko-toko, restoran, dan supermarket Belanda dan Cina di seluruh negeri.

Di Jawa, klepon sering disantap bersama getuk dan senil sebagai camilan pagi atau sore hari. Kue cair ini digambarkan sebagai kue cair dan merupakan bagian dari jajanan tradisional Jawa (bahasa Jawa berarti “beli di pasar” atau “jajan di pasar”).

Sejarah dan Arti Klepon

Bentuk dan nuansa klepon sebagai simbol individu memiliki makna tersendiri. Nimpuno, dalam bukunya Nostalgia Kue Tenong (2016), menulis bahwa struktur karet pada tebu berarti terkadang akan terasa keras dan enak di kemudian hari, sesuai dengan usaha.

Qlepon mengutip Atlas of Taste, dari Jawa. Sementara hidangan ini juga tersedia di Sumatera, Sulawesi dan Malaysia seperti buah Ondi atau Malaka. Dengan kata lain, roti ringan terbesar di pasaran adalah makanan khas Indonesia.

Orang Belanda juga menyebut kue ini Kleppon. Mulai tahun 1950-an, imigran Indonesia memperkenalkan Belanda dan ditemukan di restoran Belanda.

Cina dan Indonesia disebutkan dalam J.M. Meulenhoff Indisch Leeven di Belanda (2006). Klepon juga dijual di toko-toko dan supermarket di seluruh tanah air.

Cara Membuat Klepon Gula Merah

Bahan-Bahan :

  • 250 gram tepung beras ketan
  • 50 gram tepung beras
  • Esensi Pandan secukupnya
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanila
  • 250 ml air
  • 400 gram kelapa parut

Isi Bahan :

  • 100 gram cokelat blok, potong kecil-kecil

Cara Membuat Klepon Gula Merah :

  1. Campur tepung ketan, tepung beras, air pandan (saya pakai 4 tetes), garam, vanili dan air. Uleni semua bahan hingga rata dan tidak lengket di tangan.
  2. Ambil satu sendok makan bahan dalam bentuk pipih lalu tambahkan coklat cincang lalu tutupi isinya dan bentuk bulat. Oleskan sampai bahan habis.
  3. Siapkan air dalam panci dan masak hingga mendidih, lalu masukkan adonan yang sudah dibulatkan.
  4. Tunggu hingga adonan mengapung di air yang menandakan adonan klepon sudah matang.
  5. Siapkan kelapa parut yang sudah diberi sedikit garam.
  6. Keluarkan adonan klepon yang sudah matang ke dalam loyang yang sudah diayak dan masukkan ke dalam parutan kelapa, lalu taruh klepon di piring dan siap dinikmati.

Bagaimana mudah bukan untuk cara membuat klepon gula merah di rumah sendiri ? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menyajikan makanan ini bagi keluarga di rumah, karena makanan ini sangat cocok untuk anda sajikan saat berkumpul bersama dengan keluarga.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.