cara membuat martabak asin

Martabak asin merupakan salah satu jenis makanan yang hampir mirip dengan martabak pada umumnya. Mungkin masih sangat asing bagi kalian, nah yuk coba simay asal usul martabak asin dan juga cara membuat martabak asin berikut ini.

 

Asal Usul Martabak Asin

1. Martabak Asin

Pada tahun 1930, seorang pemuda India bernama Abdullah bin Hasan Almalibari bertemu dengan seorang pemuda dari Lebaxiu, Tegal, bernama Ahmad bin Qyai Abdul Karim.

Keduanya bertemu di Semarang dan mereka berteman sejak saat itu. Singkat cerita, Abdullah memperkenalkan makanan India berbahan adonan tepung yang disebut Mooraba kepada keluarga Ahmad di Tegal.

Karena banyak orang menyukainya, mereka berdua menyediakan sedikit variasi pengganti makanan. Lalu kemudian terciptalah makanan dengan nama Martabak ini dengan sangat berbeda dengan yang aslinya.

Awalnya martabac ini populer di Lebaxiu, kemudian banyak orang merantau ke beberapa kota di Jawa untuk berdagang martabac, terutama saat pasar malam. Terakhir, banyak makanan India modifikasi yang beredar di Indonesia.

2. Martabak Manis

Martabak manis adalah salah satu jenis makanan khas dari Bangka Belitung yang dimana makanan ini diolah oleh masyarakat asal dari Tionghoa. Nama asli masakan ini adalah Hok Lo Pan yang artinya kue dari masyarakat Hock Lo.

Topping Hok Lo Pan dulu hanya gula pasir dan biji wijen goreng. Sekarang Anda dapat menemukan martabak manis yang berbeda sesuai dengan keinginan Anda. Bukan lagi hanya cokelat, kacang, dan keju. Anda bisa menikmati martabak manis dengan cita rasa unik seperti green tea, blueberry, oreo cheese, dan red velvet.

Namun dengan seiring berjalannya waktu makanan ini semakin dikenal oleh banyak orang dan menyebar sampai keluar Bangka. Hok Lo Pang dikenal sebagai makanan cahaya bulan karena bentuknya yang bulat dan berwarna kunin yang menyerupai bulan. Hingga saat ini, di beberapa daerah, martabak manis disebut kue bulan.

Cara Membuat Martabak Asin

Bahan-Bahan Kulit:

  • 200 gr tepung serbaguna (saya pakai chakra)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 sdm minyak goreng (saya pakai 6 sdm)
  • 50 ml air (saya pakai 100 ml)
  • Minyak untuk merendam adonan

Bahan Isi :

  • 1/2 sendok teh garam
  • 400 gr daging sapi cincang dalam food processor/blender
  • 1 bawang besar, cincang halus
  • 1/2 sendok teh kaldu jamur
  • 4 bawang putih, cincang halus dan cincang halus
  • 10 cabai merah (lewati)
  • 1 bungkus kari instan
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula
  • 5 butir telur bebek (saya suka telur ayam)
  • 7 siung bawang bombay, cincang halus

Cara Membuat Martabak Asin :

  1. Campur tepung, minyak, garam. Tuang air sedikit demi sedikit. Uleni hingga halus. Bagi menjadi 2 bagian bulat. Kemudian rendam selama 1 jam atau lebih dalam minyak sampai permukaannya tertutup minyak. Ambil adonan dan pipihkan dengan tangan hingga tipis.
  2. Tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan daging, kari & bumbu lainnya. Masak hingga matang, berubah warna.
  3. Koreksi rasa. Setelah matang, sisihkan. Pecahkan telur dalam mangkuk dan tambahkan daun bawang cincang dan daging kari.
  4. Selesai membuat martabak:
  5. Tuang minyak secukupnya pada wajan yang akan kita gunakan untuk menggoreng martabak. Taruh semua kulit di wajan.
  6. Dapat diselipkan ke dalam lekukan di setiap tepi panci. Kemudian tambahkan campuran telur ke tengah wajan. Meratakan.
  7. Kemudian lipat seperti amplop. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil. Setelah bagian bawah berubah menjadi kuning kecoklatan dengan bantuan 2 jahitan.
  8. Setelah matang kering, angkat, tiriskan & potong-potong. Sajikan dengan saus, saus atau acar.
  9. Adonan kulit kedua saya isi dengan banyak isian agar padat…sedikit bocor, agak natural, karena akan menyeret telur nantinya
  10. Ini hasil tumisan dagingnya, kan.. bisa diambil buat isian martabak lagi, atau buat isian roti atau buat campuran nasi goreng.

Bagaimana tertarik untuk mencba cara membuat martabak asin ini di rumah sendiri ? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menyajikan martabak asin ini bagi keluarga di rumah. Semoga berhasil.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.