Latihan Bisnis Bareng Disini

cara membuat mie hijau

Cara Membuat Mie Hijau Bayam Enak dan Menyehatkan

Kecanduan makan mie tapi takut dengan kandungan pengawet yang ada di dalam mie ? Nah ini dia solusinya resep cara membuat mie hijau dengan menggunakan bahan alami seperti sayur bayam ini sangat sehat bagi anda untuk dikonsumsi sehari-hari. Yuk simak resepnya berikut ini.

Sejarah Mie

Saat ini mie merupakan makanan yang sangat terkenal di dunia. Makanan ini bisa diolah dengan cara apa saja, bisa digoreng, direbus, bisa dibuat cemilan, bisa dijadikan makanan pokok. Mie merupakan salah satu jenis makanan yang berupa adonana tipis panjang lalau digulung, dikeringkan dan terakhir dimasak dengan menggunakan air yang mendidih.

Mie adalah salah satu hidangan paling populer di kalangan teman-teman Asia dan diyakini sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu. Namun, sejarah asal usul mie ini masih belum jelas. Orang Italia, Cina, dan Arab mengklaim sebagai pencetus mie ini.

Secara historis, mie pertama dibuat di daratan Cina pada masa Dinasti Han pada 25-200 Masehi. Kemudian mie menyebar ke negara-negara Asia Tenggara seperti Jepang, Korea dan Taiwan. Tapi itu tidak berakhir di sana: setelah Marco Polo mengunjungi China, dia membawa mie ke Eropa sebagai oleh-oleh.

Hal ini dikarenakan hampir semua orang mengetahui keberadaan mie. Semua orang suka makan mie, dari balita, anak TK, siswa SD, siswa SD, siswa SMA, pekerja kantoran, hingga pensiunan, kakek-nenek yang makan makanan bernama mie.

Banyak orang makan mie karena mie adalah solusi nutrisi jika kita lapar. Hampir setiap orang menyiapkan mie secara berbeda, tetapi biasanya orang mengolah mie dan merebusnya.

Cara Membuat Mie Hijau

Bahan-Bahan :

  • 125 gram tepung terigu protein tinggi (saya Cakra)
  • 25 gram tepung tapioka
  • 1 telur
  • 1,5 sdt garam

Bahan Jus Bayam :

  • Segenggam daun bayam
  • 35 ml air (tambahkan sedikit demi sedikit)

Bahan Tambahan :

  • Tepung protein secukupnya untuk topping
  • Minyak goreng secukupnya, untuk melapisi mie setelah dimasak

Cara Membuat Mie Hijau :

  1. Blend bayam dengan AIR. Kalau blender susah berarti bayamnya diblender sebagian, diperas, lalu perasannya dipakai lagi untuk memblender sisa bayam sampai habis, peras lagi.
  2. Campurkan jus bayam secara bertahap ke semua bahan lainnya. Uleni sampai halus.
  3. Jika dirasa sudah bisa dibentuk, hentikan airnya, atau jika kurang bisa tambahkan air semua.
  4. Jangan membuat adonan terlalu basah agar mie tidak saling menempel saat dibentuk
  5. Giling mulai dari kekentalan 1 hingga halus, kemudian lanjutkan secara bertahap hingga kekentalan 7.
  6. Permukaan tepung ditaburi tipis-tipis namun merata. Cukup giling di cetakan mie. Taburi mie dengan tepung lagi, ratakan dengan mengangkat mie
  7. Rebus air, masukkan mie mentah, masak maksimal 1 menit lalu tiriskan.
  8. Segera tambahkan minyak goreng, angkat mie menggunakan garpu sampai rata.

 

Manfaat Daun Bayam

 

1. Meredakan peradangan

 

Bayam memiliki kandungan antioksidan yang cukup tingi yang bisa membantu mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan seperti Rheumatoid artitis. Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa menyebabkan nyeri sendiri pada tubuh.

 

2. Melawan radikal bebas

 

Radikal bebas merupakan salah satu jenis atom yang tidak stabil, yang bisa memicu kondisi stres oksidatif didalam tubuh. Stress oksidatif adalah kondisi dimana ini sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan kerusakan DNA sel yang bisa menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh.

Salah satu manfaat bayam adalah bisa membantu melawan radikal bebas dan juga bisa membantu mengurangi stress oksidatif pada tubuh. Beberapa jenis antioksidan dalam bayam adalah vitamin A, vitamin C, kaempferol, dan quercetin.

 

3. Baik untuk ibu hamil

 

Folat dalam sayuran hijau ini sangat dibutuhkan oleh calon bayi. Hal ini karena mereka dapat mengembangkan sistem saraf mereka, sehingga cacat pada mulut, seperti celah langit-langit, dapat dihindari. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagaiamana tertarik untuk mencoba cara membuat mie hijau bayam ini di rumah ? Selamat mencoba membuat di rumah sendiri dan jangan lupa untuk menyajikan makanan ini untuk keluarga di rumah. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *