cara membuat minyak kelapa

Kelapa salah satu tumbuhan yang sudah tidak asing lagi bukan di sekitar anda ? Salah satu tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat yang bagus bagi kesehatan maupun bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari. Nah salat satu manfaatnya adalah bisa dijadikan minyak, cara membuat minyak kelapa pun cukup terbilang mudah. Yuk simak cara membuatnya berikut ini.

Kelapa merupakan buah yang memiliki 1001 kegunaan. Mulai dari daun, batang pohon, sabut, hingga daging dan air kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia. Kelapa pun banyak jenisnya, ada kelapa kopyor, kelapa hijau obat, kelapa muda, dan kelapa tua. Dari semua jenis kelapa, kelapa tua dan muda merupakan dua jenis kelapa yang paling sering digunakan, tetapi sekilas terlihat sama.

Cara Membuat Minyak Kelapa

  1. Pertama, panaskan 4 gelas air ke dalam panci. Letakkan di atas kompor, dan nyalakan kompor dengan api yang cukup tinggi. Tunggu beberapa saat hingga air mendidih.
  2. Sementara itu, parut 2 buah daging kelapa. Sebaiknya pilih kelapa dengan warna kulit cokelat merata, bukan kelapa muda.
  3. Selanjutnya, masukkan kelapa ke dalam blender lalu tuangkan air yang telah dipanaskan ke dalamnya. Blender kedua bahan tersebut hingga tercampur dan bertekstur halus sempurna. Perlu diingat, jangan mengisi blender dengan kelapa parut dan air yang terlalu penuh. Hal ini dapat membuat tutup blender mudah lepas.
  4. Berikutnya, saring cairan kelapa yang sudah diblender dengan air panas dengan menggunakan kain katun tipis. Letakkan kain katun di tas mangkuk, kemudian tuang cairan kelapa di atasnya hingga santan akan menetes ke dalam mangkuk. Gunakan sendok untuk membantu memeras santan lebih mudah. Atas bisa juga dengan meremas langsung kain katun yang sudah dituangkan kelapa.
  5. Terakhir, rebus cairan kelapa menggunakan panci dengan nyala api cukup besar. Didihkan santan, dan aduk terus sampai air menguap dan krim mulai terpisah dari minyak dan berubah warna menjadi cokelat. Hingga minyak kepala terkumpul dan siap digunakan. Proses perebusan ini bisa memakan waktu lebih dari 1 jam, dengan tidak lupa untuk terus mengaduk santan.
  6. Anda juga bisa memprosesnya dengan cara terpisah. Tempatkan cairan santan ke dalam mangkuk dan tutup dengan bungkus plastic. Diamkan dalam suhu kamar selama 24 jam lalu simpan ke dalam kulkas. Hingga minyak akan mengeras dan mengapung ke atas. Setelah itu saring minyak kelapa murni dan selanjutnya bisa segera digunakan.
  7. Itulah beberapa cara membuat minyak kelapa murni dengan mudah. Beberapa cara tersebut bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Sehingga jika minyak kelapa mulai menipis, Anda bisa menambah kembali persediaan untuk konsumsi sehari-hari.

Manfaat Kelapa

1. Menurunkan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung

Manfaat air kelapa hijau yang pertama adalah menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Air kelapa dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Sebuah studi menyebutkan bahwa air kelapa hijau dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini menjadikan manfaat air kelapa hijau diyakini efektif untuk mencegah batu ginjal.

3. Sehatkan Pencernaan

Memiliki sistem pencernaan yang sehat bisa didapatkan dengan manfaat air kelapa hijau. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Ketika mengatasi masalah diare, air kelapa hijau bekerja dengan menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikannya mempunyai osmolaritas tinggi. Air kelapa hijau mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

4. Melancarkan Metabolisme

Menjaga laju metabolisme tubuh tetap stabil tidak hanya dengan menerapkan gaya hidup lebih sehat. Mengandalkan manfaat air kelapa hijau bisa dijadikan salah satu solusinya. Air kelapa hijau dapat membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Ini membuatnya mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung. Penyakit metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, dan lemak perut berlebih.

Bagaimana tertarik untuk mencoba cara membuat minyak kelapa di rumah sendiri ? Selain mudah untuk dibuat sendiri bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minyak ini pun cukup mudah untuk anda temui dan banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.