cara membuat minyak klentik

Minyak kelapa memiliki sangat beragam manfaat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak kelapa atau bisa disebut juga minyak klentik tersebut, cara membuat minyak klentik berikut bisa Anda coba lakukan di rumah. Selain lebih terjamin keamanan dan keaslianya, manfaat minyak klentik pun bisa Anda peroleh secara optimal dan ini bisa menjadi usaha rumahan modal 50 ribu saja.Simak di bawah ini

cara membuat minyak klentik

Cara Membuat Minyak Klentik Sendiri

Untuk mendapatkan beragam manfaat dari minyak klentik di atas secara maksimal, Anda bisa melakukan proses pembuatan minyak kelapanya sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa langkahnya yang bisa Anda coba:

Cara 1: Merebus kelapa

Siapkan 4/5 gelas air, lalu panaskan hingga mengeluarkan uap. Sambil menunggu airnya beruap, parut 2 buah kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa tadi ke air panas, lalu dihaluskan menggunakan blender.

Saring air kelapa yang sudah dihaluskan tadi menggunakan saringan yang berlubang kecil untuk mendapatkan santan. Jika sudah mendapatkan dan terkumpul, rebus dengan panas api sedang.

Aduk terus tanpa henti hingga airnya mendidih, mengeluarkan uap, dan tunggu santan yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyaknya. Proses ini biasanya memakan waktu hingga 1 jam.

Cara 2: Menyaring kelapa

Potong menjadi kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender sehingga menjadi halus dan jika dibutuhkan, Anda bisa menambahkan air matang untuk mempercepat dan mempermudah proses pembuatannya.

Saring hasil blender hingga mengeluarkan santan. Tambahkan air dan diakukan berulang kali agar menghasilkan santan yang banyak. Diamkan hasil perasan dalam wadah toples atau botol selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak klentik terpisah.

Cara 3: Mengendapkan kelapa

Gunakan kelapa segar atau kelapa yang sudah diparut atau beli yang ada dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong menjadi bagian kecil-kecil dan keringkan selama 1 hari. Namun, jika Anda memakai kelapa parut yang dijual di pasar maupun toko, pastikan Anda memakai jenis kelapa yang memiliki permukaan yang kasar.

Masukkan kelapa yang sudah dipotong tadi ke blender sedikit demi sedikit. Tuangkan hasil blender ke dalam wadah atau toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama seharian penuh. Setelah itu, minyak klentik akan terlihat muncul di permukaan, sedangkan lapisan kentalnya akan mengendap di dasar wadah atau toples.

Manfaat

Minyak klentik memiliki kemampuan sebagai antivirus,antijamur, antibakteri,  antiprotozoa, dan antioksidan, serta mempunyai kemampuan untuk meningkatkan jumlah sel darah putih didalam tubuh.

Penelitian mengkonfirmasi bahwa mengambil tiga sampai empat sdm. Minyak klentik akan meningkatkan taraf kesehatan terutama ketika diberikan kepada ibu yang sedang menyusui.

Rantai asam lemak menengah Minyak klentik ini memiliki kesesuaian dengan rantai yang ditemukan di ASI. Rantai asam ini memiliki keterkaitan dengan sistem imun kekebalan tubuh.

Minyak klentik organik merupakan pilihan yang lebih baik karena tidak mengandung pestisida atau bahan kimia.

Efek Samping Negatif

Banyak orang khawatir dengan kandungan asam lemak dalam minyak klentik memiliki efek negatif pada kesehatan.

Faktanya, minyak kletik ini memiliki banyak manfaat kesehatan selama belum pernah mengalami proses hidrogenasi. Proses hidrogenasi ini akan menghasilkan lemak trans yang berbahaya.

Karena sifat antibakteri,antivirus dan antioksidan, diare mungkin bisa terjadi karena minyak klentik membunuh sebagian virus dan bakteri dalam tubuh, khususnya disaluran pencernaan.

Efek samping negatif ini bisa dikurangi dengan mengkonsumsi minyak klentik dalam dosis sedikit terlebih dahulu.

Saat tubuh sudah dapat menyesuaikan, dosis bisa ditambah secara bertahap.

Dalam beberapa kasus hanya sebagian orang mungkin mengalami reaksi alergi setelah mengkonsumsi minyak klentik.

Selain 2 hal diatas, tidak ada efek samping negatif dari minyak klentik sesuai dengan laporan sampai saat ini.Nah itulah manfaat dan kekurangan dari minyak klentik ini,dengan banyaknya manfaat ini bisa menjadi peluang usaha rumahan yang lagi trend.

By faiz

Leave a Reply

Your email address will not be published.