cara membuat pie susu

Pie susu sudah tidak asing lagi bukan makanan ini di telinga anda ? Makanan yang mempunyai cita rasa yang khusus dan enak ini membuat siapa saja yang memakan makanan ini merasa ketagihan. Yuk cobain resep cara membuat pie susu berikut ini.

Sejarah Pie Susu

Hampir semua orang yang menganggap pie susu dan bakpia adalah makanan, ternyata kedua hidangan ini sama sekali berbeda. Bakpia adalah kue bundar yang terbuat dari beberapa lapis kerak kering. Bakpia sendiri juga memiliki isian yang beragam, mulai dari coklat, keju, kacang hijau hingga kacang merah.
Berbeda dengan bak pia, pie susu adalah salah satu jenis pastry yang populer di negara barat. Di tanah airnya, pie tersebut dicetak melingkar dengan diameter 4-5 cm, diisi dengan puding telur yang terdiri dari campuran susu, telur, dan gula.
Perbedaan Pie Susu dengan Pie Bali di negara Barat adalah pie berbentuk bulat yang memiliki diameter 7 cm. Kulit di dalam cetakan tipis dan renyah. Selain itu, puding telur yang digunakan tidak terlalu tinggi, kental dan empuk saat dimakan. Sehingga menghilangkan munculnya rasa lelah saat makan.
Campuran kerak yang renyah dengan campuran susu dan telur bekerja dengan baik. Sekilas pie ini berbentuk tutup kaca. Jajanan ini sangat cocok untuk memanjakan lidah atau sebagai oleh-oleh dari Pulau Dewata.
Rasa manis dan gurih dari pie susu ini bisa dengan cepat mengubah mood kamu agar tetap produktif setiap hari. Susu, atau pai susu, diperkenalkan pada tahun 1940-an. Pie susu ditemukan oleh satu orang Hong Kong bernama Teng Chan Chan.
Roti susu disajikan di banyak kafe barat dan toko roti untuk menyaingi Restoran Yam Cha. Selama ledakan ekonomi tahun 1950-an dan 1960-an, Rumah Teh Lu Yu membuat kue formula bayi.
Teori tersebut menyatakan bahwa pai susu Hong Kong sebenarnya merupakan adaptasi dari pai susu Inggris. Kanton, yang diasosiasikan dengan Inggris, dikatakan telah memulai proses penyesuaian ini.
Selain itu, sebagai koloni Inggris, Hong Kong juga banyak mengadopsi masakan Inggris, yang memperkuat teori asal usul pai dari Inggris. Sedangkan teori lain menyebutkan bahwa pie susu sangat mirip dengan pie Portugis. Kue ini disebut pastel de nata.

Cara Membuat Pie Susu

Bahan Kulit Pie :

  • 100 gram tepung terigu (segitiga biru)
  • 60 gram margarin
  • 1 butir kuning telur

Bahan Fla Susu :

  • 120 ml Susu Kental Manis
  • 20 gram tepung maizena
  • 100 ml air
  • 2 Kuning Telur

Cara Membuat Pie Susu :

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Cara Membuat Kulit Pie: Campurkan semua bahan kulit, aduk rata hingga bahan bisa terbentuk
  3. Teflon (diameter bawah 15cm), olesi margarin tipis-tipis, lalu cetak kerak pai keteflon, lalu rapikan pinggirannya menggunakan sendok. Kemudian tusuk bagian dalam kulit pie dengan garpu agar saat dipanggang tidak menggembung.
  4. Membuat Fla: Campurkan semua bahan fla, aduk rata lalu saring. Kemudian panaskan hingga adonan mengental. (Ini untuk flas kering, kalau untuk flas basah tidak perlu dipanaskan ya)
  5. Panaskan kulit pai selama 10 menit dengan api kecil (bila memungkinkan, kompor ditumpuk menjadi dua). Setelah 10 menit tambahkan adonan Fla dan haluskan dengan menggunakan sendok atau spatula. (Untuk wet fala bisa langsung ditaruh tanpa harus masak bumbu terlebih dahulu)
  6. Panggang Pai lagi selama 20 menit dengan api kecil dan tutupi bagian atasnya. Sesekali periksa dan seka tutupnya agar uapnya tidak jatuh ke dalam adonan pai. Setelah masak angkat dan dinginkan.
  7. Pai siap disajikan. Selamat mencoba ya

Bagimana tertarik untuk mencoba resep cara membuat pie susu sendiri di rumah sendiri tanpa harus keluar rumah jauh-jauh. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini pun cukup mudah untuk anda cari di pasar atau warung terdekat rumah anda. Selamat mencoba.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.