Anda sedang mencari ide resep cara membuat sambal kerupuk jengkol yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun juga tidak gampang. Jika anda keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kerupuk jengkol balado yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Manfaat Mengonsumsi Jengkol

Jengkol juga dapat diolah menjadi makanan ringan seperti kerupuk jengkol.Manfaat jengkol ini juga sangat bagus buat kesehatan tubuh.

1. Mencegah penyakit kronis
2. Mencegah resiko penyakit diabetes
3. Mengurangi resiko terjadinya peradangan
4. Mencegah masalah pada lambung
5. Mencegah anemia(kurang darah)
6. Menjaga kesehatan ibu hamil
7. Memperkuat tulang dan gigi
8. Mengatasi penyempitan pembuluh darah
9. Menangkal radikal bebas

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah keripik jengkol balado yang siap dikreasikan.

Bahan-bahan untuk Rasa Balado:

  • Kerupuk jengkol
  • Secukupnya Minyak untuk menggoreng.
  • Bumbu halus.
  • 25 buah cabe merah kriting (segenggam penuh).
  • 7 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya.
  • Minyak untuk memblender.

Menu yang dibikin kali ini cukup kreatif lo. Dengan menambahkan berbagai macam rasa seperti rasa barbeque, pedas, atau balado. Harga jengkol beralih dari imejnya dimana selalu disebut makanan berbau khas jengkol. Jengkol memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan. Jengkol balado memiliki rasa pedas yang sangat nikmat dan menggugah selera.

Cara Pembuatan Rasa Balado:

cara membuat sambal kerupuk jengkol

  1. Langkah pertama blender bumbu halus, sisakan 5 siung bawang merah untuk diiris yg diblender cukup dua siung saja..
  2. Kalo untuk cabe kerupuk, blender cabenya dengan minyak supaya kerupuknya tidak mudah lembek (tetap kriuk meskipun sudah lama disimpan).bawang merahnya diiris, cukup 2 siung aja yang diblender..
  3. Goreng kerupuk sampai matang
  4. Membuat sambalado. Panaskan minyak, minyaknya agak dibanyakin ya.Tumis bawang merah sampai kuning keemasan atau kering. Tuang cabe halus. Aduk merata
  5. Goreng sampai cabe bener benar matang, tapi hati hati jangan sampai gosong ya, ini minyaknya lebih banyak dari goreng sambal untuk balado yang bukan kerupuk ya
  6. Setelah matang, matikan kompor.Dan dinginkan dulu yaaa…
  7. Setelah benar benar dingin baru aduk dengan kerupuk dan simpan dalam wadah yang ada tutupnya atau bisa toples..
  8. Yummiii… Jadi pelengkap makan nasi/ lontong sayur, dll…

Kesimpulan

Kerupuk jengkol merupakan salah satu cemilan yang termasuk makanan ringan. Kerupuk jengkol merupakan jenis cemilan yang memang sengaja dibuat dengan bahan dasar jengkol. Makanan ini memiliki cita rasa yang renyah, gurih dan juga dapat dijadikan sebagai lauk untuk teman makan nasi, bisa juga dimakan langsung dan juga dipadukan dengan makanan berkuah seperti bakso atau soto. Jengkol termasuk bahan makanan yang bisa dimakan langsung atau juga biasa disebut sebagi lalap, dan untuk saat ini harga jengkol bisa dibilang lumayan mahal, karena haraganya hampir sama dengan daging. Banyak sekali jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar jengkol, seperti kerupuk jengkol ini yang akan kita sajikan pada penulisan artikel di atas.

Bagaimana? Mudah sekali kan untuk membuatnya? Kerupuk yang sudah digoreng bisa anda simpan di dalam toples atau wadah yang kedap udara jadi tidak akan cepat melempem. Kerupuk jengkol ini memiliki cita rasa sangat renyah dan enak. Jadi jangan ragu untuk mencoba cara pembuatan kerupuk jengkol ini di rumah ya! Silahkan coba cara membuat sambal kerupuk jengkol ini dan nikmati sebagai teman camilan ketika anda santai atau nonton tv bersama keluarga tercinta. Keripik jengkol ini juga bisa disajikan sebagai buah tangan untuk orang – orang tersayang sebagai bentuk rasa sayang kita.Selamat mencoba!.jika kerupuk kamu tidak mau melempem maka gunakan mesin pres.

By sirla

Di pelatihanbisnisinternet.com saya adalah seorang penulis yang sangat antusias tentang perkembangan teknologi, terutama dalam bidang IT. Selain itu, saya senang belajar hal-hal baru dan berbagi berbagai informasi seputar bisnis serta tips terkini kepada pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *