cara-membuat-sosis-sapi

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat sosis daging sapi untuk bahan jualan Anda, mari kita simak bersama.

Pengertian Sosis Sapi

cara membuat sosis sapi

Sosis sapi merupakan jenis makanan yang dibuat dari daging sapi atau ayam yang digiling halus kemudian dipadatkan dengan bentuk bulat memanjang. Daging sosis ini biasanya digoreng atau dipanggang dengan bumbu dan dikonsumsi sebagai camilan ringan. Pembuatan sosis daging sapi bisa dibilang cukup sulit dan ribet, maka dari itu silahkan Anda simak sampai habis agar faham dan mengerti.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Sosis Bakar Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Sosis Daging Sapi

Salah satu alasan mengapa sosis menjadi makanan favorit orang indonesia adalah karena tidak hanya enak mereka juga sangat mudah dimasak. Berikut adalah beberapa metode sederhana untuk membuat sosis yang sempurna.

Memanggang

Ada banyak cara untuk memasak sosis, tetapi tidak ada metode yang lebih ikonik daripada melempar barbeque. Sebenarnya tidak ada bedanya apakah Anda memasaknya di atas piring datar atau di atas panggangan semua langkahnya sama saja. Pertama, pisahkan sosis dari satu sama lain dengan memotong tautannya, tetapi jangan menusuk atau menusuk sosis yang sebenarnya – itu akan membuat semua kelembapan dan rasanya keluar, menghasilkan sobekan kering dan layu. Masak sosis dengan api sedang, karena jika terlalu panas, sosis akan pecah. Jika barbeque Anda tidak memiliki pengaturan ‘sedang’, pastikan Anda memberi diri Anda cukup ruang untuk memutarnya secara teratur. Balikkan sosis Anda secara teratur untuk memastikan mereka matang secara merata. 

Penggorengan

Seperti di atas, pisahkan sosis dari tautannya, tetapi jangan menusuknya, sehingga Anda dapat menyimpan jus dan rasa di dalam sosis.

Panaskan wajan Anda dengan api sedang-rendah dan tambahkan sedikit minyak atau mentega tawar. Sekali lagi, penting agar mereka tidak terlalu panas, atau kulitnya akan pecah. Tambahkan sosis Anda ke dalam wajan dan balikkan secara teratur agar matangnya merata dan tidak gosong.

Anda ingin memasaknya dengan benar sambil mendapatkan warna cokelat yang sempurna di bagian luarnya. Untuk sosis yang lebih kental, Anda harus menurunkan api menjadi rendah dan memasaknya setidaknya selama 30 menit ini akan membantu Anda memasaknya sampai ke tengah tanpa membakar bagian luarnya.

Sekali lagi, suhu internal yang ideal adalah 65,6°C – jika Anda memiliki termometer daging, Anda dapat menusuk satu sosis dengan termometer daging untuk mengujinya, tetapi jika tidak, Anda dapat memotong ujung sosis untuk melihat apakah itu dimasak melalui. Jika tidak, sosis Anda perlu waktu lebih lama di dalam wajan.

Sebelum Anda mulai, untuk membuat sosis yang fantastis siapkan bahan bahannya terlebih dahulu.

Bahan-Bahan

  • 2 kg daging sapi (sandung lamur) atau chuck dengan kira-kira. 80% daging tanpa lemak dan 20% lemak.
  • 3 sendok teh (12 gram) bubuk bawang putih.
  • 1 sendok makan (35 gram) garam.
  • 2 sendok teh (8 gram) lada putih.

Cara Membuat Sosis Sapi :

 

  1. Cincang cincang daging sapi terlebih dahulu.
  2. Tambahkan adonan tepung lalu ulen dengan tangan.
  3. Masukkan adonan ke penggilingan.
  4. Sembari adonan tergiling tambahkan bawang putih bubuk, lada putih bubuk dan garam.
  5. Setelah tercampur merata masukkan adonan sosis ke dalamcasing lalu diikat untuk di bekukan di frezeer.
  6. Masukkan ke frezeer sekitar 4 jam sebelum di masak dan dihidangkan.
  7. konsumsi sekiranya dalam kurun waktu 3 hari atau simpan ditempat yang sejuk dan kering.

Demikian informasi menarik mengenai cara membuat sosis sapi enak untuk bahan jualan Anda. Semoga penjelasan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi Anda . Terima kasih

By tomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.