cara membuat tempat pensil dari botol bekas
Cara membuat tempat pensil dari botol bekas tidak begitu sulit, kalian cukup menyediakan diantaranya botol plastik, lem, hingga gunting sebagai peralatannya. Apalagi botol plastik tentunya mudah untuk ditemukan di rumah, bahkan tidak digunakan lagi dan menjadi tumpukan sampah begitu saja.
Untuk memanfaatkan botol bekas air mineral atau soda ini, kalian bisa membuat tempat pensil sederhana. Daripada terbuang dengan percuma, kalian bisa memanfaatkan botol bekas tersebut menjadi barang yang berguna dengan sedikit sentuhan kreativitas.

Tahap Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas

cara membuat tempat pensil dari botol bekas

Selain dapat diubah menjadi barang setengah jadi atau biji plastik dengan proses pembuatannya melalui alat mesin pencacah plastik, botol bekas mempunyai banyak manfaat diantaranya dapat dibuat kerajinan tangan yang bernilai. Salah satunya yaitu dapat dibuat kerajinan tempat pensil.

Kalian bisa memilih dua cara dalam membuat tempat pensil dari botol bekas ini. Cara sederhana merupakan cara yang cukup mudah karena tidak memerlukan bahan tambahan lainnya. Sedangkan membuat tempat pensil dengan ritsleting juga tidak begitu sulit untuk kalian praktikkan.

1. Pembuatan Tempat Pensil dengan Cara Sederhana

Membuat tempat pensil dari botol bekas yang sederhana tentunya sangat mudah untuk mencoba dipraktikkan. Bahkan, bahan utamanya juga hanyalah botol plastik bekas air mineral saja. Bahan-bahan lainnya pun juga cukup mudah untuk kalian dapatkan dan tentunya akan selalu ada di rumah.
Membuat tempat pensil dari botol bekas ini semua bahannya menggunakan bahan bekas yang dapat didaur ulang. Selain mudah menerapkan cara membuat tempat pensil dari botol bekas ini tentunya juga tidak akan menguras isi dompet kalian. Bagi kalian yang ingin mengikuti cara membuat tempat pensil dari botol bekas sederhana ini, kalian bisa menyiapkan dan mengikuti langkah-langkahnya.
Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Botol air mineral bekas
  • Selotip bening
  • Gunting

Cara/langkah-langkah membuatnya:

  1. Bersihkan botol bekas terlebih dahulu.
  2. Lepaskan label air mineral yang terdapat pada botol tersebut(Akan tetapi, jika kalian ingin menggunakannya untuk dekorasi botol, kalian juga bisa mengaturnya sendiri).
  3. Kemudian, potong bagian atas botol, namun jangan dibuang terlebih dahulu karena bagian atas botol juga akan digunakan.
  4. Masukkan semua alat tulis seperti diantaranya pensil, bolpen, pensil warna, dan lain-lain ke dalam botol
  5. Berikutnya, beri selotip di tepi botol untuk menempelkan bagian atas botol yang tadi telah digunting, nantinya tempat pensil ini akan dapat dibuka dan ditutup dengan cukup mudah.
  6. Tempat pensil sederhana siap untuk digunakan.
  7. Karena bagian luar botol bekas masih kosong, kalian bisa menambahkan berbagai dekorasi selaras keinginan kalian. Kalian bisa memberi warna, menambahkan kertas untuk digambar, dan juga dekorasi-dekorasi lainnya.

2. Pembuatan Tempat Pensil dengan Cara Ritsleting

Membuat tempat pensil dari botol bekas dengan ritsleting juga tidak sulit untuk dipraktikkan. Apalagi tempat pensil ini tentu juga sangat praktis karena dapat dibawa kemana-mana. Tentunya asalkan tempat pensil yang kalian buat ukurannya tidak begitu terlalu besar.

Selain itu, tempat pensil dengan ritsleting ini tentunya akan membuat pensil dan alat tulis yang kalian bawa menjadi lebih aman dan tidak tercecer keluar. Penggunaan ritsleting dapat membuat tempat pensil kalian lebih terjaga dan kuat.
Jika tidak sedang digunakan, kalian bisa menutup tempat pensilmu dengan ritsleting. Saat ingin menggunakannya, kalian tinggal membuka ritsleting, praktis sekali kan. Berikut bahan-bahan dan langkah-langkah yang perlu kalian ikuti untuk membuat tempat pensil dengan ritsleting ini.
Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • 2 buah botol plastik yang sama
  • 1 buah resleting, pilih resleting yang bergigi besar dan seukuran diameter botol
  • Lem tembak
  • Gunting

Cara/langkah-langkah membuatnya:

  1. Cuci bagian botol sampai bersih dan juga keringkan sebelum digunakan.
  2. Mulailah dengan menggunting bagian botol plastik sesuai dengan keinginan kalian. Ukur seberapa tinggi guntingan yang kalian inginkan.
  3. Ukur resleting selaras dengan bagian leher potongan botol. Jika terlalu panjang, potong resleting pada bagian yang menggantung, bukan pada kuncian resletingnya.
  4. Rekatkan resleting pada bagian dalam leher botol dengan menggunakan lem tembak. Pastikan kalian merekatkan bagian luar resleting ke sisi dalam leher botol.
  5. Berikutnya, rekatkan sisi resleting yang satunya pada bagian tutup botol.
  6. Tempat pensil dari botol bekas menggunakan ritsleting pun siap kalian gunakan.
  7. Untuk memperindah tempat pensil dari botol bekas yang kalian buat, kalian bisa memilih warna ritsleting yang lebih cerah agar supaya lebih berwarna.

Itulah cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang bisa kalian ikuti. Lakukan langkah-langkah tersebut dengan teratur agar supaya mendapatkan tempat pensil yang kalian inginkan dengan hasil yang maksimal.

Demikian pembahasan saya mengenai cara membuat tempat pensil dari botol bekas. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian, mohon maaf apabila ada salah kata atau dalam penulisan kata terimakasih.

By aldi

Leave a Reply

Your email address will not be published.