cara memulai bisnis online shop baju di Shopee sukses

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju di Shopee Sukses –¬†Shopee, salah satu online marketplace yang paling populer di Indonesia beberapa waktu terakhir ini. Online shop yang berasal dari negara tetangga, Singapura ini menjadi favorit banyak orang karena banyak kelebihannya.

Salah satu industri yang paling ramai di Shopee adalah industri konveksi atau jual-beli baju. Bisnis ini tengah ramai karena kebutuhan orang akan pakaian tidak pernah hilang. Ditambah lagi dengan pemikiran banyak anak-anak muda yang semakin inovatif.

Sehingga, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis online shop baju di Shopee. Di sini kami akan menampilkan cara memulai bisnis online shop baju di shopee sukses dan berhasil. Tapi sebelum itu, yok kenalan dulu sama si Shopee ini.

Sebelum Tahu Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju di Shopee Sukses, Kenalan Sama Shopee Dulu, Yuk

cara memulai bisnis online shop baju di Shopee sukses

Shopee, apa sih Shopee itu? Sebagian dari kamu pastinya sudah tahu apa yang disebut dengan Shopee itu. Shopee adalah sebuah aplikasi perangkat lunak berbasis online marketplace yang berasal dari Singapura.

Shopee pertama kali dirilis pada tahun 2015 di Singapura lalu meluas ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. CEO Shopee, Chris Feng ketika Shopee rilis di Indonesia menyatakan bahwa Shopee memiliki satu visi di Indonesia yaitu menjadi Mobile Marketplace No. 1 di Indonesia.

Apabila kita melihat datanya, mungkin Shopee telah berhasil menjadi salah satu Mobile Marketplace paling populer di Indonesia. Komitmennya menjadi Mobile Marketplace No. 1 di Indonesia ini mereka buktikan dengan adanya fitur-fitur unggulan yang menguntungkan konsumennya, sehingga bisa menarik lebih banyak konsumen.

Kira-kira apa ya fitur-fitur Shopee yang menarik dan berguna bagi para konsumen? Simak fitur-fitur unggulan Shopee berikut ini.

Kelebihan Shopee yang Berguna Bagi Konsumen

Untuk bisa menjadi Mobile Marketplace No. 1 di Indonesia, tentunya Shopee menghadirkan fitur-fitur dan kelebihan yang tidak banyak dimiliki marketplace lain. Karena targetnya adalah mobile user atau pengguna dengan mobilitas tinggi. Maka, Shopee dibuat seefektif mungkin digunakan oleh pengguna smartphone.

a. Proses Transaksi yang Efisien

Sebagai sebuah marketplace online dengan nama yang sudah besar, pastinya Shopee ingin mengoptimalkan proses transaksi. Khususnya pada pengguna smartphone, sistem transaksi Shopee dibuat sangat simple dan mudah. Tidak hanya simple dan mudah, proses transaksi yang dilakukan melalui Shopee terbilang cepat dan singkat.

Semua bisa dilakukan hanya dengan smartphone. Pelanggan hanya perlu memesan produk, melakukan pembayaran, lalu pesanan akan dikonfirmasi penjual, penjual kemudian memproses dan mengemas barang, selanjutnya produk yang dipesan akan dikirim kepada lokasi pembeli, pesanan diterima dan dinilai, lalu selesai.

b. Tampilan Foto Produk

Karna proses transaksi jual-beli ini dilakukan secara online, maka pembeli tidak bisa memegang produk yang ingin dibeli. Shopee menghadirkan fitur foto produk yang dapat membuat pembeli bisa melihat seperti apa produk yang akan mereka beli.

Nah, sekarang adalah saatnya kamu berpikir cerdas. Pembeli kini bisa melihat produk melalui foto yang kamu pajang. Namun, pembeli tidak bisa dengan bebas melihat-lihat produk yang kamu jual. Maka, dari itu kamu harus memanfaatkan fitur foto produk ini untuk menampilkan detail-detail produk kamu dari segala sudut.

Kamu bisa menampilkan produk baju kamu dari misal tampilan depan, tampilan belakang, detail desain depan dan belakang, detail jahitan, detail potongan produk, dan yang lainnya. Kenapa harus seperti itu? Itu akan menambah keyakinan pembeli untuk membeli produk kamu. Pembeli bisa lebih mengamati detail produk yang kamu jual.

Bahkan, jika ada model, kamu bisa mengunggah foto produk baju kamu ketika tengah dikenakan oleh model. Itu akan semakin memberikan gambaran bagi pembeli bagaimana produk baju kamu ketika dikenakan.

Tidak hanya foto produk, kamu bisa menampilkan gambar keterangan ukuran baju supaya memberikan bayangan bagi pembeli untuk bisa lebih mudah memilih ukuran baju yang sesuai dengan badan mereka.

c. Notifikasi Pesanan

Untuk memudahkan pembeli mengetahui proses transaksi sampai mana, Shopee menghadirkan fitur notifikasi pesanan. Notifikasi pesanan pada Shopee mencantumkan proses transaksi, antara lain :

1. Belum Bayar

“Belum Bayar” adalah notifikasi yang akan muncul ketika pembei belum melakukan pembayaran. Pembayaran pesanan produk dalam aplikasi Shopee bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain : COD (Cash On Delivery), ShopeePay, SPayLater, Transfer Bank, Kartu Debit/Kredit, Cicilan Kartu Kredit, BRI Direct Debit, BCA OneKlik, Alfamart dan Indomaret. Untuk metode pembayaran COD notifikasi Belum Bayar akan dilewati dan langsung ke notifikasi dikemas.

2. Dikemas

“Dikemas” bakalan muncul kalau pembeli telah selesai melakukan pembayaran. Notifikasi ini diartikan bahwa pesanan sudah dikonfirmasi dan sedang disiapkan penjual untuk dikirim ke pembeli.

3. Dikirim

“Dikirim” bakalan muncul kalau proses persiapan produk sudah selesai dan penjual sudah mengirim produk. Produk pesanan yang dikirim dengan ekspedisi pengiriman barang ini memiliki Nomor Resi yang bisa dilacak dimana keberadaan barang pesanan pembeli.

4. Beri Penilaian

“Beri Penilaian” akan muncul ketika barang pesanan sudah sampai dan sudah dikonfirmasi di tangan pembeli. Setelah itu, pembeli diminta untuk menilai barang pesanan tersebut. Mulai dari pemberian rating, memberi ulasan, dan foto untuk memberikan penilaian.

d. Fasilitas Gratis Ongkos Kirim

Untuk menarik perhatiam pembeli, Shopee menghadirkan fitur gratis ongkir. Fitur ini berupa voucher gratis ongkir yang bisa digunakan saat proses pemesanan barang. Ongkos kirim nantinya akan mendapat potongan biaya, atau bahkan dipotong habis alias gratis.

e. Bisa Membayar Tagihan Listrik PLN

Untuk semakin mempermudah hidup konsumen, Shopee bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara. Ini dilakukan supaya konsumen bisa lebih mudah membayar tagihan listrik PLN melalui aplikasi Shopee.

Pembayaran tagihan listrik dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran ShopeePay. ShopeePay bisa ditop-up dengan mudah di Alfamart atau Indomaret.

f. Tersedia Fitur Live Chat

Live Chat adalah fitur yang  bisa digunakan berkomunikassi antara penjual dan pembeli saat bertransaksi. Fitur ini memudahkan pembeli karena tidak perlu menyimpan nomor toko untuk berkomunikasi. Fungsi lain juga bisa digunakan untuk bernegosiasi soal harga produk.

Tahapan Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju di Shopee Sukses dan Laris

cara memulai online shop baju

Setelah kenalan sama Si Oren ini, di bawah ini akan ditampilkan cara memulai bisnis online shop baju di Shopee sukses. Langkah yang pertama sudah passti unduh aplikasi Shopee pada Google Playstore atau Appstore, jika menggunakan laptop atau PC buka situs “seller.shopee.co.id

Simak cara memulai bisnis online shop baju di Shopee sukses berikut ini, jangan ada yang terlewat!

a. Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju di Shopee Sukses yang Pertama Membuat Akun

Kalau sudah berhasil menginstal aplikasinya, buatlah akun Shopee supaya bisa melakukan kegiatan jual-beli nantinya. Syarat yang kamu perlukan sangat simple, seperti alamat email dan nomor ponsel yang aktif.

Selanjutnya lengkapi formulir data diri yang harus kamu isi, jangan sampai terlewat. Setelah itu kamu akan menerima email atau sms berupa kode OTP yang nantinya kode itu kamu masukkan ke kolom verifikasi akun. Selesai.

b. Membuka Sebuah Toko di Shopee

Setelah berhasil membuat akun, selanjutnya adalah membuka toko di Shopee. Langkah-langkahnya mudah dipahami, yaitu bukalah aplikasi Shopee > buka menu Saya > klik Mulai Jual > pilih Mulai Pendaftaran > Lengkapi informasi toko > Atur Jasa Kirim > Kirim > Pengajuan Toko Selesai.

c. Mengunggah Produk Bajumu

Setelah berhasil membuka toko, kamu sudah bisa mulai mengunggah produk baju kamu. Unggah dengan foto-foto produkmu yang terbaik untuk meyakinkan konsumen. Isilah detail produk yang akan kamu jual, seperti nama, varian, ukuran, warna, merk, deskripsi produk dan lainnya. Pihak Shopee akan melakukan pemeriksaan produk selama kurang lebih satu hari hingga akhirnya produk kamu akan muncul pada etalase toko.

d. Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju di Shopee Sukses yang Terakhir adalah Promosi Produk

Setelah produk kamu berhasil diunggah, kini saatnya untuk melakukan promosi produk. Promosi berguna meningkatkan penjualan produk dengan menyebarkan informasi produkmu. Shopee sudah menyediakan fitur “Naikkan Produk” yang bisa kamu gunakan untuk menaikkan produkmu setiap 4 jam sekali.

Selain promosi dalam aplikasi, kamu juga bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi. Bagikanlah tautan produk dan toko kamu pada teman-temanmu di media sosial.

Gitu deh cara memulai bisnis online shop baju di Shopee sukses. Mudah ga sih? Selamat mencoba, semoga sukses!

By bagas

Sebagai penulis di pelatihanbisnisinternet.com saya memiliki ketertarikan yang kuat terhadap perkembangan teknologi, terutama di bidang IT. Selain itu, saya senang belajar hal-hal baru dan berbagi berbagai informasi seputar bisnis serta tips terkini dengan para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *