cara mengemas kopi cap bintang dengan kualitas cap bintang

Cara mengemas kopi cap bintang mungkin baru ada dan baru dibahas pada artikel kali ini, walaupun sudah banyak pembasahan mengenai cara mengemas kopi jenis lain seperti cara mengemas kopi kapal api, dan lain sebagainya.

Untuk pengemasan kopi sebenarnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan bahan pengemas dan pengenalan karakteristik dari kopi yang akan dipasarkan. Pemilihannya tidak bisa hanya dengan satu dua kali cek, begitupun dengan pengenalan karakteristiknya. Kamu sebagai produsen harus benar benar memahami tentang apa yang produkmu butuhkan.

Berikut akan sama sama kita bahas mengenai ‘Cara Mengemas Kopi Cap Bintang dengan Kualitas Bintang’. Semoga dapat bermanfaat ya!!!

 

Kopi Cap Bintang

kopi cap bintang

Kopi cap bintang merupakan kopi robusta yang terbuat dari biji kopi pilihan terbaik dari tanaman kopi yang berasal dari perbukitan tertinggi di daerah Semendo, yang terletak di kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan.

Kopi cap bintang terbuat dari 100% biji kopi semendo yang di petik merah sehingga rasanya dapat di bandingkan dengan kopi luwak, karena hewan luwak (musang) hanya memakan biji kopi yang masih merah saja.

 

Tujuan Pengemasan Kopi Cap Bintang

tujuan pengemasan kopi cap bintang

Sebagai pebisnis kopi, kamu perlu memperhatikan kualitas kopi dalam pengemasan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu mengemas kopi dengan baik.

1. Melindungi Kopi dari Kerusakan

Kopi merupakan jenis produk yang mudah rusak. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh kelembaban air yang tinggi, oksigen (udara) atau juga suhu tinggi. Maka dari itu kemasan yang baik seharusnya dapat melindungi produk yang disebabkan dari faktor lingkungan tersebut.

2. Memudahkan Penyimpanan dan Distribusi

Kopi dalam kemasan akan lebih mudah disimpan dan distribusikan. Selain itu, selama proses distribusi, kopi pun tidak akan berceceran. Manfaat lain dari kemasan yaitu dapat mempermudah proses perhitungan jumlah produk. Jadi resiko produk hilang, rusak, tercecer, dapat diketahui dengan mudah.

3. Menjadi Ciri Khas Kopi

Kamu bisa menciptakan desain kemasan sehingga produkmu dapat dibedakan dengan produk lain secara lebih mudah oleh konsumen.

Desain kemasan kopi juga dapat dijadikan sebagai sarana branding. Kamu bisa mengirimkan pesan kepada customer melalui label kemasan, logo atau warna kemasan. Jika kemasan kamu unik dan menarik maka konsumen akan dengan mudah mengenali produk kopimu.

Baca Juga : Mengemas Kerupuk Telur Asin dengan Apik

 

Bahan Kemasan Kopi Cap Bintang

Banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengemas kopi, berikut ini adalah beberapa bahan yang paling umum digunakan dalam penggunaan kemasan kopi.

1. Plastik

Plastik merupakan bahan serbaguna yang paling umum digunakan untuk produk apapun. Begitupun dengan produk kopi bubuk, mulai dari kopi jadul hingga kopi kekinian. Karena harganya yang terjangkau membuat plastik sering kita jumpai sebagai bahan kemasan.

2. Alufoil (Aluminium Foil)

Ini juga bahan yang sangat cocok untuk kemasan kopi. Karena aluminium foil dapat tahan panas, jadi dapat memberikan pelindungan lebih pada kopi. Aluminium foil ini juga alan memberi kesan eksklusif pada produk kopi yang dikemas.

3. Metalize

Jenis ini sering dibilang mirip dengan aluminium foil, namun sebenarnya berbeda. Perbedaannya dapat dilihat dalam warna yang lebih terang dan mengkilap. Metalize dserig dipilih para pebisnis kopi karena harganya lebih murah dari aluminium foil.

4. Kertas

Kertas menjadi salah satu kemasan tertua, bahkan kertas ditemukan dan dipasarkan jauh sebelum plastik. Paper bag menjadi salah satu kemasan kopi yang terbuat dari kertas.

 

Cara Mengemas Kopi Cap Bintang dengan Kualitas Bintang

cara mengemas kopi cap bintang dengan kualitas cap bintang

Kopi yang dikemas dengan jenis dan cara pengemasan yang sesuai dapat menjaga kualitas aroma dan rasanya. Selain itu, umur simpan kopi pun dapat lebih lama. Berikut cara mengemas kopi yang baik :

1. Menyiapkan Alat dan Bahan untuk Mengemas Kopi Cap Bintang

Langkah pertama dalam pengemasan kopi cap bintang adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan tersebut adalah:

  • Produk kopi cap bintang yang akan dikemas, sebaiknya kopi sudah ditempatkan ke dalam wadah khusus agar lebih mudah diambil saat dikemas.
  • Wadah atau kemasan produk, dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik dari segi ukuran, jenis bahan kemas, warna maupun spesifikasi lainnya.
  • Timbangan, kamu bisa menggunakan timbangan dapur dengan kapasitas antara 1 gram hingga 10 kg atau lebih.
  • Sendok atau alat untuk memindah kopi ke dalam kemasan.

2. Memasukkan Kopi Cap Bintang Dalam Kemasan

Setelah semua peralatan dan bahan sudah siap, langkah berikutnya adalah memasukkan kopi cap bintang ke dalam kemasan. Gunakan lah sendok yang bersih agar kualitas kopi tetap terjaga, ambil kopi sesuai takaran yang akan kamu jual, dan gunakan jenis kemasan yang cocok dengan takaran produk.

3. Menimbang Bobot Kopi Cap Bintang

Penimbangan bobot kopi dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang ditimbang telah tepat sesuai klaim di label kemasan. Jika pada kemasan tertera netto (berat bersih), maka bobot kemasan tidak dihitung.

Maka konsumen akan benar-benar mendapatkan kopi sesuai dengan keterangan di kemasan. Jika pada label kemasan tertulis 50 gr maka konsumen memang mendapatkan kopi seberat 50 gr.

4. Menutup Rapat Kemasan

setelah ditimbang dan berat kopinya sudah pas, maka kamu bisa menutup rapat kemasan dengan segel sejenisĀ alat pres atau seperti jenis kemasan standing pouch akan dilengkapi dengan lock zipper. Jenis kemasan gusset ada yang dilengkapi dengan tintie untuk menutup kemasan.

Bila kemasan tidak dilengkapi fitur tintie, zipper lock atau pengunci embedded lainnya maka kamu bisa menggunakan mesin sealer. Karena rapatnya kemasan produk akan mempengaruhi kualitas kopi.

Dengan kemasan yang tertutup rapat akan dapat melindungi produk kontak dengan udara, panas dan kelembaban air. Faktor lingkungan tersebut dapat menyebabkan kerusakan kopi. Maka, sebisa mungkin untuk membuat atau memilih kemasan yang kedap udara atau diisi dengan gas inert seperti nitrogen.

5. Memasang Label (Opsional)

Jika kamu menggunakan label kemasan printed (cetakan) atau sablon dan menyatu dengan kemasan, maka proses labeling tidak perlu dilakukan. Namun, jika usaha kamu industri rumahan yang masih mengemas produk secara manual mungkin kamu masih perlu melakukan labelling dengan menempelkan stiker supaya produk kopi mu mudah dikenali.

 

Itulah artikel mengenai ‘Cara Mengemas Kopi Cap Bintang dengan Kualitas Bintang’ semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mulai mengemas kopi dengan kualitas bintang ya!

By dhinda

Leave a Reply

Your email address will not be published.