Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Cara Mengolah Kentang Menjadi Makanan yang Menyehatkan. Mau tahu caranya? Simak dibawah ini

Kentang merupakan salah satu di antara sumber karbohidrat yang sangat menyehatkan. Tetapi, kandungan sehatnya juga dapat hilang apabila Anda tidak tepat dalam mengolahnya.

Kentang termasuk salah satu sayuran yang penuh dengan nutrisi dan sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Kandungan yang terdapat dalam kentang seperti antioksidan, serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 dapat membantu menjaga tubuh Anda supaya tetap sehat.

Walupun begitu, jika Anda mengolah kentang dengan cara digoreng maka akan hanya  membuat kentang kehilangan nutrisi di dalamnya. Bahkan, bisa saja kentang akan mengandung lemak jahat yang dihasilkan dari proses menggoreng dengan minyak.

Kandungan utama yang ada pada kentang yaitu karbohidrat jadi mengonsumsi sayuran ini dapat memengaruhi kandungan gula darah apabila cara mengolahnya tidak tepat. Dibawah ini ada beberapa Cara Mengolah Kentang Menjadi Makanan yang Menyehatkan,

Cara Mengolah Kentang Menjadi Makanan yang Menyehatkan

cara mengolah kentang

  • Panggang dengan Kulitnya

Cara mengolah kentang yang baik salah satunya yaitu dengan memanggang kentang bersama dengan kulitnya. Mengonsumsi kentang bersama dengan kulitnya bisa untuk meningkatkan komponen serat jadi bisa membantu menurunkan indeks glikemik kentang.

Satu buah kentang yang dipanggang dengan kulitnya bisa memberikan 4 gram serat dan lebih dari 900 miligram kalium. Cara mengolah kentang seperti ini bisa saja Anda lakukan dengan langkah-langkah dibawah ini,

  • Pertsama, potong kentang ke bentuk wedges, atau bisa juga dengan membelah kentang menjadi dua.
  • Kedua, oleskan minyak zaitun dan bumbui kentang dengan garam serta merica.
  • Ketiga, gunakan alumunium foil untuk membungkus kentang. Tujuannya untuk menjaga supaya nutrisi yang terkandung dalam kentang tetap terjaga.
  • terakhir, panggang di oven dengan suhu 450° C selama 15-20 menit.
  • Kukus

Cara mengolah kentang dengan cara dikukus adalah salah satu di antara cara mengolah kentang yang sehat. Anda mungkin sering menganggap jika kentang akan terasa tawar bahkan hambar jika dikukus. Tetapi, tenang saja, terdapat beberapa cara agar kentang yang dikukus bisa menjadi enak. Caranya,

  • Saat akan mengukus kentang, jangan lupa untuk tambahkan garam dan lada.
  • Jika Anda suka rasa pedas, boleh-boleh saja untuk menambahkan bubuk cabai.
  • Supaya rasa dan aromanya juga menjadi lebih kuat, maka Anda dapat mengukusnya dengan rempah-rempah segar yang dicincang seperti daun peterseli, kemangi, thyme, dan rempah lainnya sesuai selera Anda.
  • Rebus 

Cara mengolah kentang yang sehat lainnya yaitu dengan cara direbus. Agar rasa kentangnya bisa menjadi lebih gurih, maka bisa rebus kentang di dalam air kaldu dan bisa tambahkan bumbu serta rempah-rempah. Atau Anda juga dapat merebus dan mengonsumsi bersama dengan kulitnya.

  • Salad Kentang

Kentang enak dan sehat jika dimakan dengan cara dijadikan sebagai salad. Tetapi, kerap sekali ada kekeliruan ketika akan mengonsumsi kentang dengan cara ini. Diantaranya yaitu mengonsumsi salad dengan mayones.

Nah, agar lebih sehat, maka ganti mayones yang sering Anda tambahkan ke dalam salad dengan yoghurt tawar atau Greek yoghurt. Atau Anda juga dapat menambahkan garam dan merica agar rasa menjadi lebih enak.

  • Sup Kentang 

Bukan hanya dikonsumsi sendiri, kentang dapat juga Anda olah menjadi sup bersama dengan bahan makanan lain. Cara mengolah kentang menjadi sup bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah dibawah ini,

  • Pertama, potong kentang menjadi bentuk dadu.
  • Kedua, rebus bersama dengan sayuran lainnya seperti wortel, brokoli, seledri serta bawang-bawangan ke dalam kuah kaldu.
  • Ketiga, untuk menambah asupan protein, maka Anda juga bisa tambahkan potongan ayam.
  • Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan bumbu supaya hidangan menjadi lebih enak.
  • Kentang Tumbuk (Mashed Potato)

Kentang tumbuk atau mashed potato sering juga disajikan untuk makanan pendamping. Agar menjadi lebih sehat, maka sebaiknya ganti krim atau mentega dengan Greek yoghurt ketika kentang ditumbuk. Anda bisa tambahkan juga bumbu dan bubuk bawang putih supaya bau yoghurt tidak terlalu tajam.

Tetapi, perlu Anda ingat, cara mengolah kentang dengan cara ditumbuk akan lebih berpengaruh terhadap gula darah dibandikan dengan cara pengolahan kentang lainnya.

Pembuatan masakan dengan bahan dasar kentang ini, bisa anda buat dirumah. Untuk mengolahnya, ada beberapa masakan juga yang harus dikupas dulu kulit kentangnya. Nah, untuk mengupas kulit kentang ini, Anda bisa menggunakan alat pengupas kentang.

By lina

Sebagai penulis di pelatihanbisnisinternet.com saya selalu antusias mengikuti perkembangan teknologi, terutama dalam dunia IT. Selain itu, saya senang belajar hal-hal baru dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis serta tips terkini kepada para pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *