cara menyimpan rempah rempah di kulkas

Menyimpan bumbu dapur bisa menjadi salah satu pekerjaan rumah yang cukup membuat kepala pusing. Rempah-rempah dapur biasanya mudah rusak jika dibiarkan begitu saja. Faktanya, bumbu dapur adalah salah satu bahan terpenting yang digunakan dalam banyak masakan sehari-hari. Untuk itu cara menyimpan rempah rempah di kulkas bisa jadi alternatif buat kalian.

Rempah-rempah biasanya dibeli oleh ibu-ibu sekaligus dalam jumlah banyak, karena digunakan sebagai perbekalan di rumah dan tidak perlu bolak-balik. Masalah umum adalah bumbu dapur rusak dan terbuang sia-sia jika dilupakan dan tidak digunakan. Untuk menghindarinya, Anda perlu tahu cara menyimpan bumbu di lemari es agar tetap segar dan kuat.

Tentu saja, ini membuat rempah-rempah mudah rusak dan tidak dapat digunakan.

Bolehkah menaruh bumbu di lemari es?

Rimpang bumbu seperti jahe, kunyit, lengkuas, serai, daun jeruk dan salam dapat disimpan di lemari es. Bumbu instan juga dikemas. Bawang dan berbagai bumbu seperti mili, merica dan ketumbar tidak boleh disimpan di lemari es. Keduanya lebih baik pada suhu kamar.

Karena mempengaruhi tekstur dan kualitas bawang merah serta dapat menimbulkan jamur yang berbahaya bagi kesehatan.Untuk bumbu lainnya seperti mili, merica dan ketumbar, menyimpannya di lemari es akan lebih cepat kering. Namun, jika ingin mempertahankan keduanya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal di atas terjadi. Simak cara menyimpan bumbu di lemari es agar lebih tahan lama!

baca juga: https://pelatihanbisnisinternet.com/blog/cara-bisnis-bumbu-jadi/

Cara menyimpan rempah rempah di kulkas dalam waktu lama

cara menyimpan rempah rempah di kulkas

Saat menyimpan bumbu dapur di lemari es, Anda tidak bisa hanya memasukkannya ke dalam kotak. Hal ini dikarenakan bakteri yang terdapat pada bahan tersebut masih dapat membusuk atau merusaknya, sehingga diperlukan metode khusus untuk meningkatkan daya tahannya.

Pisahkan, cuci dan jemur terlebih dahulu

Cara menyimpan rempah rempah di kulkas yang pertama adalah dengan melalui proses pencucian terlebih dahulu. Buang bumbu setelah dibeli dan segera cuci bersih. Juga cocok untuk cabai, bawang, rempah-rempah kasar dan daun. Pengecualian termasuk ketumbar, merica, dan kayu manis.

Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Setelah memastikan semua bumbu kering dan bersih, sebaiknya simpan bumbu dalam wadah kedap udara. Pastikan wadah yang Anda gunakan bersih dan kering. Rempah-rempah bisa lebih cepat rusak jika basah dan kotor.

Simpan dalam wadah seperti kotak makan siang, bukan dalam kantong plastik. Itu juga dapat disimpan dalam plastik vakum. Jika bumbunya ada, itu tidak akan digunakan dalam waktu dekat.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Sebelum menyimpan bawang merah dan bawang putih di lemari es, Anda memiliki pilihan berikut.

  • Kupas bawang merah, cuci bersih dan keringkan sepenuhnya.
  • Bawang utuh dapat dengan mudah disimpan dalam wadah kedap udara yang dilapisi dengan tisu.
  • Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk menggoreng, haluskan atau cincang kasar dan
  • masukkan ke dalam pembuat es kenyal dan masukkan ke dalam freezer. Pembekuan membuat bawang lebih lama.

Cabai

Agar cabai tahan lebih lama, simpan di lemari es sesuai petunjuk berikut.

  • Jangan mencuci cabai atau membuang batangnya.
  • Pastikan paprika kering dan tidak basah sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Keringkan dengan kain jika perlu.
  • Masukkan cabai ke dalam wadah berlapis kertas dan tambahkan beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas.
  • Kemudian tutup wadah dengan handuk kertas lain dan tutup wadah dengan rapat.

Cabai dapat disimpan segar hingga sebulan dengan cara ini. Cukup ganti kain basah dengan yang kering.

Jahe, Kunyit, Lengkuas dan Rempah-rempah Lainnya

Agar jahe tahan lebih lama, simpan di lemari es. Lengkuas tidak perlu dicuci terlebih dahulu.
Anda kemudian dapat menyimpannya dalam plastik dan segel vakum atau menggunakan wadah kedap udara dan menutupinya dengan kertas dapur terlebih dahulu. . Tidak semua bumbu bisa disimpan di lemari es. Namun, Anda harus selalu memastikan bahwa ruang yang Anda gunakan kering dan tidak mudah rusak.

By anwar

Di pelatihanbisnisinternet.com peran saya sebagai seorang penulis memungkinkan saya untuk terus mengikuti perkembangan teknologi, terutama dalam dunia IT. Selain itu, saya juga memiliki hasrat untuk terus belajar dan berbagi berbagai informasi tentang bisnis serta tips terkini kepada pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *