cara pembuatan briket batok kelapa

 

Cara pembuatan briket batok kelapa, batok kelapa awal atau yang masih puyuh, gading dan hibrida mempuyai kualitas yang tidak terlalu baik untuk arang karena terlalu tipis dan rapuh. Jangan memasukkan batok kelapa yang sudah terlalu tua yang bersisik dengan warna keputihan.Kondisi pada cangkang tempurung harus utuh. Bisa dibagi menjadi dua atau setengah kelapa atau bagian empat (seperempat kelapa).

Cangkang yang lebih kecil yang sudah terkelupas, masih bisa digunakan untuk bahan bakar starter.Bahan cangkang harus dipersiapkan di dekat peralatan lokasi pembakaran. Setelah peralatan dan bahan siap, proses pembakaran dimulai.Arang tempurung kelapa yang sudah dibakar dan dihaluskan dapat digunakan untuk menyimpan energi.

Arang tempurung kelapa atau coconut shell merupakan energi alternatif yang sangat bagus dan cocok untuk diterapkan di Indonesia. Jenis arang tempurung kelapa ini banyak tersedia dan energi yang dihasilkan sangat ramah lingkungan.Arang tempurung kelapa juga dapat dijadikan jaminan pemasok energi listrik bagi masyarakat.

Arang tempurung kelapa merupakan sumber alam yang dapat diterima.Sehingga bahan bakunya dapat diolah dengan baik, berbeda dengan sumber daya alam lainnya seperti batu bara dan minyak bumi. Gas yang tidak dapat digunakan sehingga bahan baku tersebut dapat mengganggu penyediaan energi listrik bagi masyarakat.

Jika kita melihat potensi alam Indonesia, sangat lah memungkinkan untuk jika dikembangkan sebagai sumber energi yang berbahan dasar arang briket tempurung kelapa.Potensi dari batok kelapa banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan tidak produktif yang dapat meningkatkan nilai tambah. Belum banyak orang yang melakukan pembuatan arang briket tempurung kelapa, padahal potensi bahan bakunya cukup banyak tersedia di sekitar kita.

Cara Pembuatan Arang Briket Batok Kelapa

cara pembuatan briket batok kelapa

 

Cara membuat arang briket dari tempurung memang membutuhkan proses yang lumayan lama, arang briket tempurung kelapa merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang mempunyai banyak keunggulan saat digunakan. Beberapa keunggulan menggunakan briket batok kelapa adalah hemat, ekonomis, aman dan ramah bagi lingkungan.

Briket tempurung kelapa mempunyai sifat mudah terbakar, juga tahan lama dan menghasilkan energi panas yang tinggi, sehingga dapat di perbandingkan dengan bahan bakar lainnya, briket tempurung kelapa lebih hemat.

Proses pengolahan briket ini tidak menggunakan tambahan bahan kimia sehingga pada saat digunakan tidak mengeluarkan asap dan abunya tidak beterbangan. Dengan menggunakan briket ini, Kalian tidak perlu khawatir dengan noda hitam yang di hasilkan oleh briket, karena briket tidak meninggalkan noda pada peralatan yang mengenainya.

Bahan-Bahan :

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air

Peralatan :

  • Mesin bubuk arang
  • Printer briket
  • Briket oven
  • Mesin pengaduk adonan

Cara Membuat Arang Briket Batok Kelapa

1. Proses Pengarangan

Batok kelapa dibuat arang menggunakan arang manual dengan tong kemudian dibakar dan ditutup hingga hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang. Arang ini juga dapat menggunakan proses pirolisis, yaitu dimana batok kelapa dimasukkan ke dalam tangki pirolisis tertutup lalu dikondensasikan secepatnya untuk mendapatkan asap cair.

2. Proses Pengepungan

Arang yang telah dihasilkan melalui proses pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis kemudian dihancurkan menggunakan bantuan mesin diskmill.

3. Proses Penyaringan

Setelah itu, jika sudah melalui proses penghancuran arang, maka wadah pengayakan dapat menghasilkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang batok kelapa diayak menggunakan filter 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media

Tepung batok kelapa ini kemudian diguncang dengan air dan lem pati. Saat melakukan proses pengadukan ini bisa ditambahkan lem pati sebanyak 2,5% dari tepung tempurung kelapa tadi.

5. Proses Cetak Briket Arang Batok Kelapa

Jika semua bahan sudah tercampur dengan merata, Selanjutnya, lakukan proses printing menggunakan mesin print.

6. Proses Pengeringan

Keringkan briket yang telah dicetak menggunakan oven pada suhu 650 C kurang lebih selama 2 jam, pengeringan ini dapat menggunakan bantuan sinar matahari. Setelah semua proses telah selesai, briket batok kelapa ini siap untuk dikemas dan dijual.

Briket arang ini dapat dijadikan ide bisnis bagi anda yang ingin jadi pengusaha dari briket arang ini. Briket arang ini banyak dipergunakan sebagai bahan bakar pengganti sumber energi dan sebagai bahan pembakaran. Contohnya sebagai bahan untuk membakar ikan yang ada di restoran makanan. Itulah cara pembuatan briket batok kelapa yang mudah dan praktis yang bisa kalian contoh. Baca juga Cara membuat briket batok kelapa sederhana. Semoga membantu.

By feri

Sebagai penulis di pelatihanbisnisinternet.com saya senantiasa tertarik dengan perkembangan teknologi, khususnya dalam dunia IT. Selain itu, saya senang memperluas wawasan dan berbagi informasi seputar bisnis serta tips terkini dengan para pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *