fungsi makan bawang putih mentah

Fungsi makan bawang putih mentah adalah bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan. Tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai bumbu dapur. Dan sama seperti kegunaan bawang hitam untuk kesehatan. Tidak heran Anda membutuhkan bawang putih di dapur Anda. Namun tahukah Anda bahwa bawang putih juga terdapat pada tanaman herbal yang dipercaya dapat membantu melawan berbagai penyakit, simak berbagai manfaat mengonsumsi bawang putih mentah di bawah ini!

 

Fungsi Makan Bawang Putih Mentah untuk Tubuh

Fungsi Makan Bawang Putih Mentah

Bawang putih (nama latinnya: Allium sativum) dapat digunakan sebagai obat herbal dengan dua cara: mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih atau memakan bawang putih mentah secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih yang tak terduga:

1. Mengatasi Pilek dan Infeksi Lainnya

Fungsi pertama makan bawang putih mentah adalah dapat membantu Anda mengatasi pilek dan berbagai jenis infeksi lainnya. Hal ini disebabkan senyawa allicin dalam bawang putih. Senyawa yang satu ini berperan penting dalam sifat antibakteri bawang putih.

Satu studi juga menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki risiko lebih rendah terkena flu daripada kelompok yang menggunakan plasebo. Kelompok ini juga pulih lebih cepat dari pilek dengan asupan bawang putih.

2. Menurunkan Kolesterol

Fungsi bawang putih dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol total dan LDL (jahat) dalam darah Anda. Bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol total pada penderita kolesterol tinggi sekitar 10-15%. Bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar LDL, namun tidak mempengaruhi kadar trigliserida dan HDL (kolesterol baik).

3. Fungsi Makan Bawang Putih Mentah  Bisa Menjaga kesehatan jantung

Siapa sangka menjaga kesehatan jantung juga merupakan salah satu manfaat bawang putih? Sebuah tinjauan ilmiah dari studi eksperimental dan klinis tentang manfaat makan bawang putih mentah menemukan bahwa bawang putih memiliki efek kardioprotektif yang signifikan pada hewan dan manusia, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Salah satu cara bawang putih melindungi jantung adalah dengan mencegah penumpukan plak di pembuluh darah yang disebabkan oleh akumulasi LDL dalam darah.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Selain kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi juga menjadi pemicu berbagai penyakit kardiovaskular. Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa mengambil ekstrak bawang putih secara signifikan menurunkan tekanan darah.Oleh karena itu, masyarakat luas percaya pada manfaat makan bawang putih secara teratur untuk menurunkan tekanan darah.

5. Fungsi Makan Bawang Putih Mentah Baik untuk Penderita Diabetes

juga dipercaya baik untuk mengatasi diabetes.Manfaat bawang putih pada diabetes antara lain mengatur kadar gula darah, melawan infeksi, dan komplikasi dari diabetes.Kemampuan bawang putih untuk mengobati komplikasi diabetes sama baiknya dengan kemampuannya untuk melawan infeksi, menurunkan kolesterol dan meningkatkan sirkulasi.

 

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Manfaat makan bawang putih mengandung banyak nutrisi penting seperti allicin, flavonoid, oligosakarida, asam amino, dan kandungan sulfur yang tinggi.Konsumsi rempah-rempah ini secara teratur memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Bawang putih mentah juga mengandung sekitar 0,1% minyak esensial dan mengandung bahan-bahan utama seperti:

  1. Allylpropyl Disulfide
  2. Diallyl Disulfide
  3. Diallyl Trisulfide

Semua siung bawang putih mengandung berbagai nutrisi yang meningkatkan kesehatan tubuh.Satu siung bawang putih mentah (3 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 4,5 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,9 milligram  vitamin C (2 persen asupan harian)
  • 5,4 milligram  kalsium (1 persen asupan harian)
  • 0,1 milligram  mangan (3 persen asupan harian)
  • 0,4 mikrogram selenium (1 persen asupan harian)

Alliin dan allicin dalam bawang putih merupakan senyawa belerang yang meningkatkan kesehatan. Senyawa belerang dari rempah-rempah ini dapat mencegah dan mengobati penyakit kronis dan fatal seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.

 

By putra

Saya adalah penulis di pelatihanbisnisinternet.com yang senang mengikuti perkembangan teknologi, khususnya dalam dunia IT. Selain itu, saya senang belajar hal-hal baru dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis serta tips terkini kepada pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *