Harga Bawang Goreng Renyah dan Gurih Pada Saat Ini

Harga bawang goreng, kian menjamurnya bisnis makanan turut membuka peluang usaha bagi pebisnis bawang goreng. Saat ini, semakin banyak para pengusaha bawang goreng kemasan. Contohnya di pasar tradisional, banyak sekali orang yang menjual bawang goreng kemasan di pasaran dengan skala rumahan. Ada yang memproduksi sendiri, ada pula yang reseller keuntungannya bisa mencapai Rp. 15 juta perbulan.

Menjadi bumbu penyedap makanan utama seperti nasi goreng, mie ayam, bakso, dan aneka makanan lainnya. Bawang goreng menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Maklum, bawang goreng adalah salah satu bumbu dapur yang bisa melezatkan makanan ataupun masakan dan aromanya lebih menggoda.

Saat ini, semakin banyak pelaku usaha bawang goreng dari skala industri rumahan hingga pabrikan. Bahkan, di sejumlah pasar pun ada beberapa pelaku usaha bawang goreng. Untuk harga jual bawang goreng lebih relatif murah, biasanya harga bawang goreng tidak jauh dari 10.000 per 1 ons sedangkan untuk harga kiloannya sekitar 30 sampai 50 ribu per kg. Jika Anda tertarik untuk berjualan bawang goreng, Anda bisa simak ulasan berikut tentang bagaimana cara memulai usaha bawang goreng ini.

harga bawang goreng renyah dan gurih pada saat ini

Tips dan Cara untuk Memulai Bisnis Bawang Goreng

Terlihat sepele namun nyatanya bisnis ini mampu mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Bawang goreng bagi masyarakat Indonesia sudah seperti teman lauk pauk, apalagi jika dimakan dengan nasi hangat. Bahkan ada beberapa orang yang hanya memakannya dengan dijambal begitu saja seperti layaknya snack atau camilan. Tidak heran jika usaha ini menjadi peluang yang sangat menarik. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha ini?

Bagi Anda yang tertarik dengan usaha  ini dan ingin menjalankannya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya usaha berjalan dengan lancar dan minim mengalami kerugian.

1. Pilih Bawang Merah yang Berukuran Besar

Sebaiknya Anda pilih bawang merah dengan ukuran yang besar agar ketika di goreng bawang tidak remuk dan terlihat bagus. Bawang goreng yang irisannya bagus tentunya akan lebih menarik minat konsumen dibandingkan dengan yang kecil dan terlihat remuk. Kalau Anda masih kesulitan untuk mendapatkan bawang merah yang ukurannya sesuai dan bagus kualitasnya mengapa tidak bekerjasama saja dengan petani bawang merah. Atau Anda bisa saja berlangganan membeli bawang goreng dari supplier yang mengambil langsung dari para petani.

2. Menggunakan Kualitas Minyak yang Bagus

Minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng bawang akan sangat berpengaruh pada kualitas bawang goreng terutama dalam hal warna dan rasa. Gunakan minyak nabati yang kualitasnya bagus seperti minyak kelapa sawit yang kualitasnya terjamin dan warnanya pun bening. Tujuannya adalah agar hasil bawang goreng yang Anda buat lebih gurih dan warnanya pun akan menjadi lebih cantik.

Minyak nabati yang bagus umumnya dilengkapi dengan omega 3 dan 6 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Minyak yang kualitasnya buruk akan lebih rentan terhadap kandungan kolesterolnya.

3. Pakai Peralatan Memasak yang Berkualitas

Selain minyak yang digunakan untuk menggoreng, hal lain yang patut di perhatikan adalah peralatan yang digunakan untuk mengolahnya. Jangan sembarangan menggunakan alat memasak yang seadanya karena itu dapat merusak kualitas bawang goreng. Gunakan pisau yang cukup tajam untuk mengiris bawang sehingga hasilnya pun menjadi rapi dan terlihat bagus. Anda bisa juga menggunakan mesin khusus perajang bawang agar bisa membuat irisan lebih rapi dan lebih cepat. Pastikan wajan penggorengan bersih dan tidak meninggalkan jejak atau noda pada makanan.

4. Menggunakan Mesin Penyaring Minyak

Bawang goreng yang minyaknya masih sangat banyak sampai membasahi kemasan biasanya kurang diminati oleh para konsumen. Sebaiknya Anda menggunakan mesin penyaring minyak agar hasil bawang goreng bagus dan renyah karena tidak ada minyak yang menempel pada kemasannya. Minyak yang masih menempel dan tersisa di dalam kemasan selain membuat penampilan bawang goreng kurang bagus juga akan mengurangi kualitasnya. Umur bawang goreng juga akan menjadi lebih pendek dan bawang goreng mudah tengik juga tidak renyah lagi.

5. Pilih Kemasan yang Menarik

Meskipun ada pepatah yang mengatakan jangan memandang sesuatu dari bungkusnya tapi hal ini tidak berlaku pada dunia bisnis maupun marketing. Bagaimanapun tetap yang pertama dilihat dari konsumen adalah bungkus dari produk tersebut bagus atau tidaknya kemasan produk akan membentuk persepsi pada konsumen tentang apa yang ada didalamnya. Oleh karena itu buatlah desain kemasan terbaik yang akan membuat konsumen penasaran dan akhirnya membeli produk bawang goreng buatan Anda.

6. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi Produk

Faktor penting dalam dunia bisnis adalah marketing atau pemasaran. Manfaatkan media sosial secara maksimal untuk mengenalkan produk bawang goreng yang diproduksi oleh Anda kepada orang lain. Sebelum Anda memulai usaha ini, ada baiknya jika Anda mencari tahu tentang cara memulai Anda bisa lihat pada artikel berikut usaha bawang goreng rumahan pada artikel tersebut ada beberapa cara untuk memulai usaha bawang goreng. Media sosial sudah terbukti menjadi salah satu media promosi yang efektif untuk menarik para konsumen.

Itulah beberapa tips atau cara termasuk juga dengan harga jual dari bawang goreng. Pada dasarnya, usaha bawang goreng ini sangat menarik untuk dijalankan, asalkan Anda bisa memahami cara produksi dan pemasaran yang baik, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dari usaha ini. Anda juga bisa mencari referensi pada artikel berikut peluang usaha bawang goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *