limbah botol plastik

Tau gaa sihh sekarang Indonesia sedang krisis permasalahan sampah lohh, bahkan ada beberapa tempat pembuangan sampah dibeberapa daerah ditutup karena sudah terlalu overloadnya sampah yang masuk. Karena itu kita harus meminimalisir penggunaan barang-barang plastik karena bahan plastik sangat lama untuk terurai butuh waktu berpuluh-puluh tahun agar sampah plastik bisa terurai. Agar sampah plastik tidak semakin menumpuk kita bisa menjadikan kerajinan dari limbah botol plastik lohhh, simak yuu penjelasan dan caranya

Apa Itu Kerajinan?

Kerajinan Dari Limbah Botol Plastik

Kerajinan merupakan barang ataupun benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan biasanya memanfaatkan barang-barang bekas ataupun barang yang sudah tidak terpakai dan dibuat menjadi barang yang indah dan biasanya sebagai hiasan ataupun digunakan.

Karena banyaknya penumpukan limbah plastik yang sulit untuk terurai, banyak juga solusi yang bisa digunakan untuk menjadikan limbah plastik tersebut menjadi lebih bermanfaat dengan cara membuat kerajinan dari limbah plastik.

Pengolahan limbah plastik secara inovatif dan kreatif bisa menjadikan limbah plastik tersebut memiliki kegunaan yang dapat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari bahkan bernilai jika dijual.

Kali ini kita akan membahas cara pengolahah kerajinan dari limbah botol plastik yang bisa berguna dan dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari serta untuk mengurangi limbah botol plastik sendiri.

Kenapa Harus Memanfaatkan Botol Plastik Bekas Untuk Kerajinan?

Botol plastik bekas dianggap limbah pengganggu kelestarian alam karena proses penguraiannya yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga semakin tahun semakin banyak pemakaian botol untuk keperluan penjualan produk minuman dan sebagainya.

Masyarakat yang masih kurang mengerti tentang bahaya pencemaran lingkungan merupakan salah satu faktor utama dari kurangnya pengolahan botol bekas ini.

 

Contoh Kerajinan Dari Limbah Botol Plastik

Banyak sekali kerajinan dari botol bekas yang bisa berguna untuk kehidupan sehari-hari. Sumber daya botol bekas pun senantiasa selalu ada karena bahkan setiap harinya orang-orang banyak yang masih memakai botol plastik.

Limbah plastik yang dianggap limbah oleh kita ternyata memiliki nilai guna yang lumayan tinggi dan bahkan bernilai komersial yang tinggi juga.

Kerajinan – Kerajinan Unik Dan Keren Dari Limbah Botol

Untuk merubah limbah botol plastik menjadi sebuah kerajinan hanya membutuhkan niat serta  kreatifitas tanpa batas dan juga ide kreatif. Berikut ada beberapa contoh kerajinan tangan dari limbah botol plastik yang unik, kreatif dan mudah dibuat tentunya.

1. Kerajinan Pot Tanaman dari Botol Plastik

Salah satu kerajinan yang bisa dibuat dari limbah botol plastik adalah kerajinan pot tanaman dari botol plastik. Kerajinan ini merupakan kerajinan yang cukup mudah untuk dibuat hanya membutuhkan beberapa botol serta gunting, cat dan yang lainnya maka botol plastik ini sudah bisa menjadi kerajinan pot tanaman yang unik dan simple. Berikut alat dan cara pembuatannya :

           Alat Dan Bahan Yang Digunakan : 

  • Botol Plastik Bekas
  • Gunting / Cutter
  • Benang pancing
  • Paku

           Cara Pembuatan Pot Bunga Dari Botol Plastik Bekas : 

  1. Siapakan botol plastik bekas, setelah itu potong tengah bagian samping menggunakan gunting / cutter.
  2. Setelah itu buat lubang dengan menggunakan paku disekitar potongan botol plastik itu.
  3. Buat gantungan diatas potongan botol itu.
  4. Isi botol yang sudah dibuat seperti pot gantung dengan tanah dan tanaman, Jadilah pot tanaman dari botol plastik bekas.

2. Kerajinan Kotak Organizer Dari Botol Plastik

Selain untuk menjadi kerajinan pot tanamam botol plastik juga bisa di pakai untuk kotak organizer atau tempat untuk menaruh peralatan kecil agar terlihat lebih rapih. Karena banyak orang yang terkadang lupa menaruh barang-barang nya maka kotak organizer inilah solusinya

Dengan bantuan kertas kardus kecil, bungkus kado, gunting, dan lem kita sudah bisa membuat kotak organizer dari botol plastik bekas ini untuk menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai komersial yang tinggi.

3. Kerajinan Dompet Unik dari botol

Wahhh ternyata botol plastik tidak hanya bisa menjadi kerajinan pot tanaman dan kotak organizer saja loh tetapi botol plastik juga bisa dijadikan dompet yang unik dan juga berguna hanya dengan beberapa botol bekas, resleting dan sedikit jahitan bisa menjadi dompet mungil yang unik dan bisa dibawa kemana-mana.

Berikut alat, bahan dan cara membuat kerajinan dompet unik dari botol plastik yang bisa kita coba :

Bahan Dan Peralatan yang Dibutuhkan :

  • 2 botol bekas
  • Resleting
  • Benang jahit
  • Jarum jahit
  • Gunting / pisau

Cara Membuat Dompet Dari Botol Plastik Bekas : 

  1. Potong kedua botol tersebut dalam dua bagian. Ambil bagian bawahnya saja.
  2. Gabungkan kedua potongan botol bagian bawah tersebut menggunakan resleting dan sedikit jahitan.
  3. Dompet dari botol plastik bekas sudah bisa digunakan.

4.  Contoh Kerajinan Jam Dinding Dari Tutup Botol bekas

Selain botol plastik yang bisa dibuat kerajinan ternyata tutup nya juga bisa lohh kita gunakan untuk membuat kerajinan jam dinding dari tutup botol bekas tersebut. Hanya dengan menyiapkan 12 tutup botol plastik bekas dan mesin jam dinding kita sudah bisa membuat jam dinding dan bisa kita hias sendiri oleh hiasan cantik atau gambar sesuai selera kita. Sangat mudah dibuat bukan dibandingkan harus membeli jam dinding di toko yang harganya cukup lumayan.

5.  Tempat Charger Handphone Dari Botol

Kamu yang menemukan botol plastik bekas sampo di toilet Jangan langsung dibuang yaa, karena masih bisa diolah menjadi kerajinan yang berguna yaitu dibuat menjadi tempat untuk mencharger handphone kita. Karena banyak yang kebingungan saat ingin mencharger hp namun tidak ada tempat untuk menaruh hp nya. Botol bekas sampo di toilet bisa digunting kemudian dibuat lubang untuk menggantungkan botol tersebut kemudia bisa dijadikan untuk wadah hp kita saat mencharger.

6.  Kerajinan Bunga Dari Botol Plastik

Botol plastik ternyata bisa dijadikan bunga juga lohh. Berikut alat dan bahan yang perlu kita siapkanjika ingin membuat bunga dari botol plastik :

           Alat Dan Bahan Yang Harus Disiapkan Adalah :

  • Botol plastik bekas
  • Gunting kertas dan cutter
  • Car warna-warni
  • Kawat
  • Lilin dan korek api
  • Lem

          Cara Membuat Bunga Dari Botol Plastik :

  • Pertama potong bagian bawah botol plastik, gunting bagian pinggirnya hingga membentuk kelopak bunga
  • Ulangi pada botol lain sesuai dengan jumlah yang ingin dibuat
  • Jangan lupa panaskan bagian pinggir kelopak dengan lilin agar terbentuk lekukan yang artistik
  • Warnai dengan cat sesuai selera
  • lilit kawat dengan botol atau plastik hijau
  • Tekuk ujung kawat, panaskan, kemudian tempel ke dasar mahkota bunga yang sebelumnya telah dibuat
  • Kamu bisa menambahkan daun dari botol plastik yang diwarnai hijau lalu tempel di bagian tangkainya
  • Ulangi hingga mencapai jumlah yang diinginkan, setelah jadi letakkan bunga kedalam pot bunga

7.  Lampu Unik Dari Botol

Terlihat sederhana tapi bernilai guna dan sangat bermanfaat. Lampu unik dari botol ini bisa dibuat dengan menggunakan botol bekas dan sendok plastik bekas yang sudah tidak terpakai dengan 2 bahan sederhana dapat menghasilkan sebuah lampu yang indah.

8.  Penutup Kantong Plastik Dari Tutup Botol

Pernah gasii kalian suka bingung setiap habis buka makanan terus makanan nya kadang ga habis, nah ternyata botol plastik ini bisa jadi solusinya lohh. Penutup kantong plastik dari tutup botol ini tidak membutuhkan perlatan yang banyak hanya membutuhkan botol plastik bekas dan gunting saja. Caranya kalian gunting bagian atas botol kemudian masukan plastik makanan yang tidak habis tersebut kedalam botol tadi tapi melalui bagian bawah botol kemudian tutup plastiknya dengan tutup botol.

9.  Pemanfaatan Botol Plastik untuk Kerajian Tempat Makan

Botol plastik bekas juga bisa dijadikan kerajinan untuk tempat makan. Cara ini biasa digunakan karena caranya yang simple dan juga praktis dan botol nya pun tidak susah untuk didapatkan sangat inovatif bukan.

10.  Mainan Robot

Daur ulang plastik botol plastik bekas kali ini dijamin membuat anak-anak senang. Dengan sedikit usaha dan kreativitas botol plastik bekas bisa dijadikan mainan robot-robotan yang keren. Cara membuatnya tidak begitu sulit kok, kamu hanya butuh botol bekas, gunting, lem dan juga kreativitas dan satukan bagian-bagian botol dengan menggunakan lem tembak sampai terbentuk sebuah robot.

11.  Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas

Masih ada banyak cara untuk membuat kerajinan dari botol plastik bekas yang bisa kita lakukan. Kamu bisa mengubah botol plastik bekas menjadi wadah tempat pensil warna yang unik untuk anak-anak. Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa mewarnai botol plastik tersebut ataupun menghiasnya sesuai selera. Anak-anak pasti akan semakin betah belajar dan mewarnai!

12.  Celengan Anak Dari Botol Plastik

Botol plastik bekas ini juga bisa dijadikan sebagai celengan lohh. Kamu hanya perlu memanfaatkan botol bekas kemudian mengubahnya menjadi celengan. Selain lebih murah, modelnya pun bisa disesuaikan dengan yang kita inginkan. Caranya sangat mudah kok kamu hanya perlu melubangi botol bekas tersebut untuk nantinya dimasukkan uang kemudin tinggal bentuklah celengan tersebut sesuai apa yang kita inginkan

13.  Keranjang Sampah

Daur ulang limbah botol plastik tidak hanya memanfaatkan bagian bodinya saja, tetapi seluruh bagian botol plastik bekas juga bisa bermanfaat. Cara membuat kerajinan botol plastik untuk dijadikan tempat sampah ini cukup mudah. Kita hanya memerlukan banyak botol bekas dan lem perekat untuk menyusun dan menempel botol-botol bekas menjadi tempat sampah.

14.  Wadah Aksesori Dari Limbah Plastik

Bentuk botol bekas yang berongga luas sangat cocok jika digunakan untuk wadah berbagai aksesori di rumah. Cara membuatnya cukup mudah cukup potong bagian atas atau bawah botol sesuai keinginan, rapikan, lalu hias, dan jadilah wadah aksesoris yang cantik. Wadah aksesoris dari botol bekas ini bisa kita gunakan untuk menyimpan alat rias dan perhiasan seperti cincin dan anting.

15.  Jadikan Helikopter Mainan

Daur ulang sampah plastik botol bekas juga bisa menjadi ajang untuk mengasah dan mengajari anak kreatifitas dalam membuat kerajinan. Salah satu cara paling mudah yaitu mengajari anak membuat mainan contohnya seperti helikopter dari botol bekas. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat helikopter dari botol bekas hanya sedotan, botol bekas, serta bola pingpong, ditambah gunting dan lem.

16.  Pot Untuk Kebun Vertikal

Saat ini lahan di kota sudah semakin sempit, sekarang banyak yang mengantisipasinya dengan membuat pot kebun vertikal. Pot kebun vertikal hasil dari kerajinan botol plastik ini bisa menghemat biaya serta memanfaatkan barang-barang di sekitar. Hanya dengan botol bekas seperti ini, kamu sudah bisa membuat pot yang memadai untuk bertanam di kebun vertikalmu tanpa harus memiliki lahan yang luas.

17.  Perahu Hasil Kerajinan Botol Plastik

Tom Davies merupakan seorang warga Selandia Baru yang tinggal di Fiji dan menjadi orang pertama yang membuat perahu dari limbah botol plastik ini. Untuk membuat sebuah perahu dari botol plastik ini dibutuhkan sebanyak 600 botol plastik bekas dan akan menjadi perahu yang berukuran 4,5×1,4 meter. Caranya cukup sederhana namun agak rumit, cukup gabungkan 600 botol plastik bekas tersebut dengan lem khusus sampai terbentuk sebuah perahu. Menurut Davies, perahu dari botol plastik bekas ini diklaim mampu menahan beban tiga orang pria dewasa.

18.  Tempat Pakan Burung Liar

Ide daur ulang limbah botol plastik yang kali ini cukup praktis dan sangat berguna terutama bagi pecinta burung. Botol plastik bekas bisa diubah menjadi tempat pakan burung. Caranya yaitu kita hanya perlu membuat lubang seukuran pensil atau sendok kayu dari satu ujung ke ujung lainnya setelah itu, tempatkan pensil atau sendok kayu di lubang tersebut yang berfungsi sebagai dahan tempat hinggap burung-burung.

Manfaat Mengolah Kerajinan Dari Limbah Botol Plastik

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari limbah botol plastik ini. Salah satunya adalah kita ikut serta dalam pengurangan pencemaran lingkungan selain itu juga dengan daur ulang botol plastik ini kita juga bisa menyalurkan ide kreatif kita.

Botol plastik sendiri yang sudah menjadi produk kerajinan tangan sangatlah bernilai jual yang lumayan tinggi. Karena masih jarangnya pengolahan limbah plastik menjadi barang yang dianggap seni.

Selain itu kita juga bisa menjadikan hasil dari kerajinan botol plastik ini sebagai mata pencaharian tambahan, dan juga bisa menjadikan ini sebagai sarana untuk menambah produktivitas bagi anak-anak muda.

 

Setelah melihat berbagai kerajinan yang bisa dibuat dari limbah botol plastik ini semoga kalian terinspirasi untuk membuat kerajinan ini juga ya.  Selain digunakan untuk sendiri kerajinan dari botol bekas juga bisa di jadikan sarana berbisnis yang nilainya juga cukup tinggi.

Jika kamu memang benar-benar mempunyai hobi untuk membuat karya seni yang memiliki nilai jual tinggi, mungkin membuat kerajinan dari berbagai macam jenis juga bisa menjadi alternative seperti kain flannel dan yang lainnya.

Selain itu bisa juga kamu jadikan sebagai pelengkap dari kerajinan botolmu yang akan kamu buat nanti.

Yuk cari tahu juga resep bakso urat super yang enak, gurih dan lezat

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.