Mengemas botol jus plastik merupakan hal yang sudah biasa dijumpai pada bisnis minuman berbahan dasar buah ini. Pengemasan selalu dapat berperan penting dalam strategi pemasaran dan penjualan, dengan begitu untuk kemasan botol jus dari plastik ini pun harus dikemas dengan cantik.

Berikut akan disajikan tips mengemas botol jus dari plastik dengan menarik, silahkan disimak!

 

Jus Buah

jus buah

Sari buah atau jus ini berasal dari bahasa Inggris yang merupakan juice, namun lebih tepatnya adalah fruit juice. Yang merupakan cairan alami yang ada dalam buah-buahan. Sari buah ini populer dikonsumsi oleh kalangan masyarakat sebagai minuman yang kaya akan manfaat dan segar.

Dalam pemasarannya jus buah biasanya dikemas dengan gelas atau botol yang terbuat dari plastik. Oleh karena hal itu sudah biasa, maka para pebisnis minuman jus buah perlu memodifikasi kemasannya. Yang akan dijelaskan lebih lanjut pada artikel kali ini.

 

Tips Mengemas Botol Plastik Menarik untuk Jus

tips mengemas botol menarik untuk jus

Pengemasan dapat menciptakan citra dan kesan yang berbeda dari produk yang dijual. Dengan kemasan yang menarik juga dapat dijadikan salah satu strategi marketing. Berikut cara mengemas minuman pada botol plastik yang bagus dengan singkat :

1. Gunakan Kemasan yang Unik

Kemasan botol yang sangat beragam macam dan bentuknya. Plastik kemasan pada kemasan botol ada beberapa jenis, namun yang paling umum dan sering digunakan adalah plastik PET dan HDPE.

Kemasan botol untuk mengemas jus juga sangat beragam bentuknya, ada yang berbentuk seperti buah pir, ada pula botol yang menyerupai karakter tertentu pada kartun.

Jadi keunikan kemasanlah yang menjadi kunci pembeda pada kemasan botol jusmu dengan kemasan botol yang lainnya.

2. Desain

Selain botol jusnya yang kekinian, kamu juga harus memperhatikan desain dari kemasan yang akan digunakan. Desain yang baik adalah desain yang bisa menyampaikan informasi terkait produk, dan bisa menarik perhatian konsumen.

3. Perhatikan Warna Minuman dan Kemasan

Jika warna minuman yang kamu jual menarik maka gunakan kemasan putih bening atau kemasan transparan. Dengan begitu kemasan dapat menonjolkan warna minuman secara natural.

4. Beri Warna Mencolok pada Kemasan

Jika warna minumanmu berwarna umum, maka gunakan kemasan dengan warna yang mencolok. Karena kemasan tersebut akan membantu agar terlihat lebih menarik.

5. Beri Stiker Sesuai Produk Jusmu

Selain desain dan warna, kamu juga bisa menambahkan stiker pada kemasan botol jusmu. Karena stiker dapat berguna sebagai penyedia informasi identitas produk.

Gunakan stiker yang tidak sekedar hanya memberi informasi dan identitas saja, namun juga dapat mengambil perhatian para konsumen.

Baca Juga : Tips Mengemas Snack dengan Menarik Agar Cepat Laku

 

Mengemas Kemasan Botol yang Menarik untuk Jus Agar Lebih Tahan Lama

mengemas kemasan botol plastik

Mengemas botol jus dari plastik saat ini memang akan membuat target pasar melonjak, tapi jika tidak memperhatikan bagaimana ketahanan terhadap isi dari kemasan tersebut apakah akan tetap melonjak? Tentu saja tidak. Banyak orang pasti akan memilih produk yang lebih tahan lama dalam penyimpanannya. Berikut akan dijelaskan caranya :

1. Memilih Jenis Plastik Kemasan dengan Benar

Seperti yang kita tau, ada beberapa jenis bahan plastik yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Jadi memilih jenis plastik ini dapat menjadi salah satu perhatian khusus bagi para produsen. Karena dengan jenis plastik yang aman, maka kualitas minuman pun akan lebih terjamin.

Dengan jenis plastik yang benar maka kamu juga harus memilih alat press yang tepat untuk memasang segel pada kemasan yang kamu punya.

2. Menjaga Kualitas Jus

Jika kalian membuka bisnis jus kemasan rumahan kalian harus menggunakan bahan yang segar dan berkualitas, karena itu akan menjadi satu-satunya hal yang dapat menjadi penunjang bisnis kalian.

Namun, bisnis jus kemasan rumahan juga harus tetap memperhatikan standar keamanan pangan dan mutu pangan sesuai dengan UU No. 18 Tahun 2012.

3. Diolah dengan Benar

Agar minuman dapat tahan lama, maka kamu harus mengolah bahan bakunya dengan tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku. Karena kesalahan pada proses pengolahan tidak hanya menyebabkan rasa minuman kemasan tidak enak namun juga dapat mempengaruhi kualitas.

 

Tips Menyimpan Botol Jus

tips menyimpan botol jus

Mengemas jus ke dalam botol adalah tugas yang sederhana. Namun, dengan tidak menyimpan jus dengan benar setelah dikemas kamu akan kehilangan kesegarannya. Untuk menyimpan jus segar, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk menjaga nutrisinya dan meningkatkan akurasi pesanan.

1. Segera Menyegel Jus pada Botol

Setelah kamu menyiapkan atau membuat jus, kamu perlu segera mengemasnya ke dalam botol. Karena mengekspos jus ke oksigen akan menyebabkannya cepat teroksidasi.

Saat memproses dan mengemas minuman, isi botol sampai penuh sebelum menutupnya. Ini dapat mengurangi jumlah udara yang terperangkap di dalam botol saat kamu akan menutupnya. Pastika juga jika tidak ada ruang lagi untuk sirkulasi udara, karena itu dapay meningkatkan umur simpan jus.

2. Berikan Label dengan Jelas

Berikan label pada setiap botol sebelum jus dipasarkan. Karena botol berlabel akan memungkinkan pelanggan untuk dengan cepat mengidentifikasi minuman yang mereka inginkan dari tampilan minuman.

Saat memberi label pada kemasan botol jus, disarankan untuk menggunakan label yang tahan air. Karena label ini dibuat untuk menahan kondensasi yang memastikan bahwa logo, desain, dan teks tetap terbaca.

Dengan menggunakan label tahan air ini juga dapat membantu mencegah label tercoreng atau terkelupas dan memberikan tampilan yang kohesif pada merek jus yang kamu punya.

3. Simpan Jus dengan Segera di Kulkas

Kemungkinan secangkir jus segar dapat mempertahankan vitamin dan mineralnya sampai 4 jam pada suhu kamar. Untuk memperpanjang umur simpan jus yang kamu punya, kamu dapat memindahkan jus ke dalam botol Tamper-Evident dan menyimpannya di lemari es.

Karena itu dapat menjaga jus agar tetap dingin dan membantu mempertahankan kesegarannya serta memperlambat pembusukan.

 

Kesimpulan

Setelah membaca beberapa hal penting pada artikel ‘Tips Mengemas Botol Jus dari Plastik dengan Menarik’  mulai dari pengertian jus, tips mengemas, mengemas kemasan botol yang menarik, sampai tips menyimpan botol jus itu semoga dapat membantu kamu yang baru akan membuka usaha jus buah ya!!!

By dhinda

Leave a Reply

Your email address will not be published.