mengemas kerupuk telur asin

Mengemas kerupuk telur asin saat ini perlu perhatian khusus, mengingat kerupuk telur asin juga sudah cukup langka diproduksi. Yang mana dengan pengemasan baru yang lebih menarik akan dapat membuat kerupuk telur asin ini lebih dikenal masyarakat sekitar.

Dengan begitu berarti para pengusaha kerupuk harus lebih memaksimalkan pengemasan dalam proses produksinya. Untuk itu, saya tampilkan sebuah artikel ‘Mengemas Kerupuk Telur Asin dengan Apik’ yang semoga dapat membantu kalian dalam melakukan pengemasan. Silahkan disimak ya!!!

 

Kerupuk Telur Asin

kerupuk telur asin

Kerupuk berbahan dasar telur asin khas Brebes dengan kualitas super ini merupakan produk derivatif dari telur asin, sehingga cita rasa telur asinnya sangat kental sekali. Digunakan juga bahan lainnya sebagai tambahan seperti tepung tapioka, rempah rempah dan minyak nabati dengan total hanya 5% dari bahan utamanya.

Makanan ringan cemilan atau kerupuk yang enak, gurih dan mempunyai kandungan protein ini berasal dari Brebes.

 

Mengemas Kerupuk Telur Asin dengan Plastik

mengemas kerupuk telur asin dengan plastik

Kemasan plastik merupakan jenis kemasan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari produk pangan hingga non-pangan. Kerupuk pun banyak yang menggunakan packaging atau kemasan dari plastik fleksibel.

Sebuah kemasan plastik fleksibel bisa dicetak menjadi berbagai ukuran, plastik ini pun memiliki jenis yang beragam seperti kemasan standing pouch, kemasan sachet, hingga roll stock. Semua jenis plastik fleksibel itupun dapat digunakan untuk mengemas kerupuk jengkol, sampai ke kerupuk telur asin ini.

 

Bahan Plastik untuk Kemasan Kerupuk Telur Asin

Bahan pembuat plastik sangat beragam, ada yang aman untuk kesehatan ada pula yang kurang atau bahkan tidak aman untuk kesehatan. Maka dari itu ke efektifan pemilihan kemasan tentu menjadi hal krusial yang harus di pikirkan. Berikut jenis plastik yang aman untuk pengemasan :

1. Polivinil Klorida (PVC)

Bahan plastik ini adalah termoplastik yang murah dan serbaguna. Plastik jenis PVC ini memiliki konstruksi plastik yang keras, tahan secara biologis dan kimia, stabilitas dimensi yang baik, permeabel oksigen, dan bisa juga berguna sebagai penghalang minyak dan lemak.

Plastik PVC biasa dibuat dengan warna transparan jernih atau buram. Selain itu, PVC juga dapat diubah menjadi berbagai macam kemasan, seperti botol air minum dan jus, atau kemasan lainnya.

Baca Juga : Tips Mengemas Botol Jus dari Plastik dengan Menarik

 

Kemasan PVC biasanya memiliki kode segitiga dengan angka 3 yang artinya tidak boleh digunakan kembali sebagai pembungkus makanan atau penggunaan untuk anak-anak. Untuk pengemasan kerupuk, jenis PVC cocok untuk mengemas kerupuk mentah.

2. Polipropilen(PP)

Plastik jenis PP termasuk sebagai salah satu jenis plastik kemasan yang memiliki ciri kaku, dan tidak mudah rapuh jika dibandingkan dengan jenis plastik lainnya. Sebagian besar plastik PP tidak dibuat transparan, tetapi tembus cahaya, dan buram.

Plastik ini memiliki simbol segitiga dengan angka 5 yang artinya dapat digunakan berulang kali. Karena, PP dapat berfungsi sebagai penghalang kelembapan, minyak, dan bahan kimia. Jadi, tetap aman jika digunakan berulang.

3. High Density Polythylene (HDPE)

Plastik HDPE merupakan plastik keras dan tidak tembus cahaya yang ringan, tetapi juga kuat. Plastik ini sangat banyak digunakan sebagai pembungkus makanan. Karena HDPE tidak terlalu fleksibel, jadi plastik yang satu ini bisa mempertahankan bentuknya.

Jenis plastik ini memiliki kode segitiga dengan angka 2, artinya plastik yang paling sering didaur ulang dan dianggap sebagai salah satu bentuk plastik paling aman.

4. Low Dennsity Polyethylene (LDPE)

Bahan plastik ini merupakan plastik dengan harga yang paling murah dibanding jenis plastik lainnya. Plastik LDPE memiliki ketebalan yang sangat rendah (tipis). Namun, LDPE sangat fleksibel, lembut, transparan, mengkilap dan memiliki ketahanan tinggi terhadap kelembaban, sobek, dan bahan kimia.

Jenis plastik yang satu ini memiliki kode segitiga dengan angka 4, atinya LDPE tidak terlalu beracun dibandingkan plastik lainnya, dan relatif aman untuk digunakan.

 

Dimensi Kualitas Pengemasan Kerupuk Telur Asin

Kualitas dan mutu suatu produk yang baik harus mempunyai dimensi, karena setiap produk harus memberi kepuasan dan nilai manfaat yang besar bagi konsumen. Menurut Tjiptono kualitas memiliki delapan dimensi pengukuran yang terdiri atas aspek-aspek sebagai berikut :

1) Perfomance,

Perfomance atau kinerja di sini merujuk pada karakter produk inti yang meliputi merek, atribut-atribut yang dapat diukur, dan aspek-aspek kinerja individu. Kinerja produk biasanya didasari oleh preferensi subjektif pelanggan yang bersifat umum.

2) Featurs

Yaitu aspek yang berguna untuk menambah fungsi dasar, dan berkaitan dengan pilihan-pilihan produk dan pengembangannya.

3) Reliability,

Hal yang berkaitan dengan probabilitas atau kemungkinan suatu barang berhasil menjalankan fungsinya setiap kali digunakan.

4) Canformance,

Hal yang berkaitan dengan tingkat kesesuaian terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan keinginan pelanggan.

5) Durability,

Yaitu suatu refleksi umur ekonomis berupa ukuran daya tahan atau masa pakai barang.

6) Servieability,

Yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan, kompetensi, kemudahan, dan akurasi dalam memberikan layanan untuk perbaikan barang.

7) Aesthetics,

Merupakan karakterisitik yang bersifat subyektif mengenai nilai estetika yang berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan refleksi dari preferensi individual.

8) Percived quality,

Konsumen tidak selalu memiliki informasi lengkap mengenai atribut-atribut produk. Namun demikian, biasanya konsumen memiliki informasi tentang produk secara tidak langsung.

Kualitas merupakan faktor yang terdapat dalam suatu produk yang menyebabkan suatu produk tersebut bernilai sesuai dengan maksud untuk apa produk di produksi. Kualitas ditentukan oleh sekumpulan kegunaan atau fungsinya.

 

Mengemas Kerupuk Telur Asin dengan Hand Sealer

mengemas kerupuk telur asin dengan hand sealer

Hand Sealer merupakan jenis alat pengemas yang termasuk dalam alat pres plastik. Hand sealer plastik ini merupakan mesin pengemas yang digunakan untuk mengemas berbagai kemasan plastik.

Dengan menggunakan bantuan hand sealer, produk yang diproduksi dapat terlihat lebih higenis dan menarik sehingga dapat meningkatkan nilai jual produk kerupuk. Hand sealer adalah sebuah alat yang berfungsi untuk merekatkan atau mengepress kemasan plastik.

Mesin ini cukup portable bisa di bawa kemana mana karena memiliki berat yang cukup ringan. Pengemasan yang di lakukan oleh mesin ini cukup rapat sehingga tidak ada lagi kebocoran dan makanan yang ada di dalamnya tetap aman dan awet tahan lama.

Pengoperasian mesin hand sealer dilakukan menggunakan tangan secara manual dan sangat mudah. Yaitu dengan cara meletakan plastik kemasan diantara mesin press plastik tersebut, lalu di tekan layaknya mesin press.

 

Kesimpulan

Pengemasan produk kerupuk telur asin pada umumnya menggunakan plastik, namun bahan plastik yang digunakan juga harus dipilih dengan seksama. Karena tak sedikit bahan plastik yang mengandung bahan kimia.

Untuk itu semoga dengan adanya artikel ‘Mengemas Kerupuk Telur Asin dengan Apik’ ini dapat memberikan pengetahuan lebih lanjut kepada kalian para pebisnis kerupuk telur asin.

By dhinda

Leave a Reply

Your email address will not be published.