pakan kambing agar cepat gemuk

Jenis pakan kambing agar cepat gemuk harus kalian berikan untuk kambing – kambing ternak. Pakan kambing akan mempengaruhi kesehatan dan juga perkembangan pada para kambing. Maka dari itu kita harus memperhatikan kualitas pakan yang kita berikan pada kambing.

Penasaran bagaimana pakan kambing yang berkualitas agar cepat gemuk? Simaklah artikel berikut ini.

 

Pakan Kambing Agar Cepat Gemuk

pakan kambing agar cepat gemuk

Sebelumnya, apakah kalian tahu definisi dari pakan ternak? Pakan ternak adalah suatu jenis bahan yang umumnya secara keseluruhan dapat dimakan dan juga dicerna oleh hewan ternak tanpa mengganggu kesehatan hewan ternak tersebut.

Kita dapat melihat kualitas pakan kambing dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan yang harus ada pada pakan yang berkualitas yaitu protein, karbohidrat, lema, mineral, dan vitamin dengan kadar yang seimbang.

 

1. Pakan Hijauan Segar

pakan kambing agar cepat gemuk

Pakan hijauan adalah pakan yang kondisinya masih segar ketika akan diberikan kepada hewan ternak baik sudah dipotong – potong maupun dalam keadaan utuh. Biasanya pakan hijauan yang masih segar terdiri atas rerumputan, dedaunan, biji-bijian, dan lain sebagainya.

2. Rumput

Pada umumnya, rumput yang biasa diberikan untuk pakan kambing adalah rumput gajah, rumput setaria, rumput benggala, rumput brachiaria, dan juga rumput lapangan yang biasanya tumbuh di sawah.

Biasanya para peternak rakyat merumput pada rumput liar yang tumbuh di tanah kosong, di sawah, dan juga di bawah pepohonan. Tetapi, alangkah baiknya jika para peternak menanam rumput gajahnya sendiri untuk stok pakan yang lebih terjamin, terutama di saat musim kemarau.

 

3. Pakan Konsentrat

Pemberian pakan konsentrat atau pakan penguat dapat membantu meningkatkan produksi kambing ternak, baik dalam pertambahan berta badan, susu kambing, dan juga anak kambing. Disarankan untuk suatu peternakan memakai pakan konsentrat lokal seperti limbah pertanian yaitu dedak pasi, bungkul kelapa, jagung giling, singkong, garam, dan air mineral.

4. Singkong Taun (Singkong Karet)

Singkong karet memiliki ciri yaitu daunnya yang lebar dan tebal, serta memiliki batang yang besar. Biasanya, ketika ditebang singkong ini akan tumbuh lagi. Meskipun batangnya memiliki ukuran yang sangat besar, singkong ini hanya memiliki umbi yang ukurannya kecil.

Perbedaan dari singkong karet dengan singkong biasanya adalah singkong ini hanya bisa dimanfaatkan daunnya saja untuk sayur. Hal ini terjadi karena ubi dari singkong taun tidak dapat dikonsumsi. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi ini mengakibatkan daun singkong taun baik diberikan pada kambing ternak.

5. Suase

Suase adalah sebuah pakan ternak hijauan yang dapat disimpan dalam keadaan masih segar. Tetapi berbeda dengan silase yang disimpan dengan keadaan kering untuk jangka waktu yang panjang, sedangkan suase disimpan hanya untuk jangka waktu yang pendek saja.

Biasanya hanya bisa bertahan beberapa hari saja yang bertujuan untuk efisiensi tenaga agar peternak tidak perlu setiap hari mencari pakan dengan merumput. Pakan suase ini kebanyakan terbuat dari tanaman seperti rerumputan dan padi – padian. Ketersediaan suase dapat membantu bertambah banyaknya ketersediaan makanan kambing dan dapat diberikan kapan saja.

 

Cara Merawat dan Memberikan Pakan Kambing Agar Cepat Gemuk

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat kambing ternak agar cepat gemuk.

1. Menyesuaikan Jumlah Kambing yang Diternak dengan Ukuran Kandang

Cara merawat kambing agar cepat gemuk yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperkirakan ukuran kandang yang tepat sesuai dengan jumlah kambingnya. Jangan sampai dalam kandang yang kecil terdapat banyak kambing sehingga ruang geraknya sangat terbatas. Ukuran idealnya Anda harus menyediakan 1,1 meter x 1,25 meter untuk setiap kambing. Jadi ukuran kandang tinggal Anda kalikan saja dengan kambing yang akan menghuninya.

2. Memilih Bibit yang Unggul

Hal yang tak kalah penting untuk diingat adalah memilih bibit yang unggul. Biasanya potensi kambing akan mudah besar atau tidak dapat diketahui melalui beberapa ciri tertentu. Hal ini tentu saja berhubungan dengan faktor genetik dan bakatnya untuk tumbuh. Bila Anda masih pemula, Anda dapat meminta tolong pada yang sudah ahli untuk mencarikan kambing yang mudah gemuk perawakannya.

3. Memberikan Pakan yang Bernutrisi

Syarat mutlak sebagai cara merawat kambing agar cepat gemuk adalah dengan memberi pakan yang bernutrisi. Pakan ini harus bervariasi dan berikan makanan yang disukai kambing agar nafsu makannya terjaga.

Rajinlah memberikan pakan hijau seperti dedaunan atau rumput yang dapat diperoleh dengan mudah di sekitar Anda. Dengan begitu pengeluaran Anda akan lebih sedikit namun tetap harus memberikan pakan yang kaya vitamin, karbohidrat, protein dan mineral agar sehat.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Bersihkan kandang secara teratur dari kotoran dan juga pakan yang berjatuhan. Hal ini akan meminimalisir kambing dari penyakit yang bisa menyerangnya. Jangan sampai kambing Anda sakit dan berat badannya tak kunjung bertambah.

5. Mengendalikan Penyakit pada Kambing

Waspadalah dengan berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang kambing kapan saja. Jadi bila ada tanda-tanda kambing sakit, segeralah cari tahu dan berikan obat sesuai dengan keadaannya dengan berkonsultasi pada tenaga kesehatan hewan.

 

By bella

Di pelatihanbisnisinternet.com saya adalah seorang penulis yang selalu memantau perkembangan teknologi, terutama dalam industri IT. Saya juga senang mengejar pengetahuan baru dan dengan antusias berbagi informasi seputar bisnis serta tips terkini kepada pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *