Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Peluang usaha sampingan karyawan saat ini menjadi sangat relevan di kaum millenials terutama dalam era pandemi saat ini. Sejak awal terjadinya pandemi covid 19, lebih dari 3,5 juta karyawan di Indonesia dirumahkan. Hal tersebut tidak jarang membuat masyarakat yang terimbas dampaknya kemudian memilih memulai usaha sampingan supaya bisa mendapatkan penghasilan.

Satu hal positif yang bisa diamati dari era new normal saat ini yaitu banyaknya usaha-usaha sampingan baru yang muncul. Hal ini juga didorong oleh berbagai platform digital yang ternyata juga memberikan peluang yang lebih besar bagi masyarakat, khususnya untuk karyawan  dalam memulai usaha sampingan.

Usaha sampingan karyawan ternyata banyak diiniasiasi oleh setiap individunya dikarenakan menjadi saluran bakat, hobi atau hanya sekedar mengisi waktu luang atau bahkan mengeksplor hal yang baru. Bukan tidak mungkin, usaha sampingan karyawan ini terkadang justru membuat Anda lebih sukses daripada pekerjaan utama.

Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Hasil dari usaha sampingan yang karyawan lakukan bisa dilakukan untuk berbagai hal, seperti tambahan tabungan atau untuk investasi. Melihat berbagai keuntungan yang bisa didapatkan melalui peluang usaha sampingan karyawan. Berikut berbagai rangkuman peluang usaha sampingan karyawan yang bisa Anda terapkan!

1. Usaha Bingkisan atau Hampers

hampers

Jika Anda suka mengemas bingkisan untuk rekan kerja atau teman saat mereka sedang berulang tahun, salah satu inspirasi usaha sampingan yang bisa dilakukan yaitu membuat usaha hampers sederhana. Peluang usaha ini sangat cocok dijadikan sampingan karena pemesanannya yang banyak dilakukan pada saat-saat tertentu saja.

Biasanya, hampers banyak dipesan pada saat merayakan ulang tahun, hari besar keagamaan, hingga sekadar untuk dikirimkan ke klien. Artinya, Anda bisa mengatur waktu yang sesuai untuk mengurus usaha sampingan dan pekerjaan utama Anda.

Hampers juga memiliki berbagai macam isi dan bentuk. Secara umum isinya adalah buah, kue, makanan kecil atau ringan, hingga perabotan rumah tangga seperti alat makan. Oleh karena itu, tentulah usaha sampingan hampers dapat menjadi pilihan yang tak membutuhkan modal besar atau mengganggu jam kerja.

2. Jualan Pulsa dan Paket Internet

jual pulsa

Menjual pulsa dan paket kuota internet merupakan salah satu sampingan yang paling simpel dan tentunya tidak mengganggu. Sebab, di era digital seperti saat ini, pulsa adalah kebutuhan penting yang harus dipenuhi dalam berbagai aktivitas, baik itu di dalam maupun luar rumah.

Promosinya juga terbilang sangat mudah, mulailah dari orang-orang terdekat seperti saudara, teman kerja, kerabat, hingga tetangga. Dengan pengaturan yang cermat, jualan pulsa dan paket internet bisa menghasilkan tambahan cuan tanpa harus menjadi sangat repot.

3. Menjadi Seorang Freelancer

freelancer

Anda memiliki segudang kemampuan dan kapabilitas di luar pekerjaan utama, seperti mendesain, menulis, hingga membuat suatu program? Salah satu usaha sampingan karyawan yang bisa diambil yaitu menjadi seorang freelancer.

Bekerja dengan sistem lepas ini dapat menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Sebab, Anda menjadi lebih fleksibel dalam menerima proyek dan bisa mengatur waktu pengerjaannya dengan lebih leluasa. Dengan begitu, Anda bisa mengerjakan dua pekerjaan sekaligus tanpa merasa terbebani.

3. Jadi Reseller

reseller

 

Jenis usaha yang satu ini pastinya sudah sering Anda dengar. Reseller sangatlah cocok untuk seorang karyawan yang belum tentu memiliki banyak modal. Sebab, Anda cukup membeli stok produk dari suatu usaha dengan harga khusus reseller yang umumnya jauh lebih murah.

Tidak cuma itu, menjadi reseller juga berarti Anda memiliki peluang usaha sampingan karyawan yang luas. Pasalnya, modal yang dibutuhkan relatif lebih minim, berbagai pilihan produk, dan bisa dilakukan kapan saja. Tetapi, sudah pasti Anda juga berkompetisi dengan beberapa reseller lainnya. Jadi, ada baiknya Anda harus pandai dalam memilih produk untuk dijual, ya!

4. Jual Makanan untuk Sarapan

makanan sarapan

 

Sebagai seorang karyawan, Anda pasti menyadari bahwa biasanya para pekerja memilih untuk membeli sarapan di luar daripada di rumah dengan alasan waktu yang mepet. Nah, merekalah yang bisa Anda jadikan target pertama usaha sampingan menjual sarapan.

Melakukan usaha ini cukup tricky, tetapi jika dijalani dengan baik tentunya memberikan untung yang terbilang cukup besar. Anda bisa menyediakan menu selama 1 minggu dan membuka pre-order di 1 minggu sebelumnya. Sehingga, Anda bisa lebih mudah menyiapkan masakan.

Jika pemesanan bisa melebihi 100 orang, maka ada baiknya untuk memulai menyewa asisten rumah tangga untuk membantu Anda dalam memasak. Menarik bukan? Jual makanan untuk sarapan ini juga bisa Anda inovasikan dengan membuka katering masakan sehat. Nah, jika ternyata bisnis Anda berkembang cukup pesat dan membutuhkan sistem untuk memperluas jangkauan hinga faktur penjualan.

5. Buka Toko Online

toko online

 

Di era penuh teknologi seperti saat ini, tak heran jika toko online jadi pilihan untuk memulai usaha. Sebab, masyarakat lebih suka berbelanja secara daring. Terlebih lagi, jika pandemi masih terus berlanjut, toko online bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi kerumunan di toko.

Para karyawan juga bisa memulai usaha sampingan dengan membuka toko online di berbagai marketplace yang banyak tersedia. Membuka toko online di media sosial ternyata kurang disarankan karena lebih rumit untuk dikelola dan fitur-fiturnya lebih condong ke arah penggunaan sosial dibandingkan bisnis.

Anda bisa memulai toko online yang menjual barang-barang yang sering dicari orang. Jika Anda lumayan sibuk dengan pekerjaan utama, pilihan simpel yang dapat diambil yaitu berjualan dengan sistem dropship. Maksudnya adalah Anda hanya perlu menjual barang milik supplier tanpa harus menyetok sendiri.

6. Kafe atau Warkop Sederhana

Usaha warung kopi atau kafe kini semakin marak digemari, baik oleh kawula muda maupun orang dewasa pecinta kopi. Jika Anda adalah salah satunya, tidak ada salahnya menjalankan sebuah kafe sederhana yang dapat Anda pantau setelah menyelesaikan waktu kerja utama.

Terlebih lagi, usaha ini juga akan sangat cocok jika Anda memiliki tempat di lingkungan yang cukup ramai. Contohnya, seperti di kawasan industri atau pemukiman karyawan lainnya. Sebab, tidak aneh bila para karyawan kantoran gemar akan kopi yang membantu untuk tetap fokus.

Selain di kawasan industri, untuk Anda yang bertempat tinggal di kawasan hunian perumahan yang memiliki ruko. Memiliki kafe dengan interior yang cantik dan juga menawan dapat menjadi bisnis yang menarik. Di saat pandemi seperti ini, tidak jarang banyak karyawan yang bekerja dari rumah dan terkadang mereka merasa bosan dengan kondisi rumah. Sehingga, melipir ke kafe bisa dijadikan pilihan yang sangat cocok. Tentunya jangan lupa siapkan menu ekonomis dan koneksi internet yang kencang, ya!

7. Jualan Bibit Tanaman

bibit tanaman

Usaha yang satu ini bisa dijadikan pilihan karena mendatangkan profit yang cukup besar. Sebab, tanaman cukup fleksibel ditanam pada rumah-rumah hingga halaman perkantoran. Target usaha Anda pun akan beragam, mulai dari ibu rumah tangga, masyarakat umum, hingga karyawan lain yang gemar dengan menanam tumbuhan.

Apalagi, jika Anda ternyata menggemari dan suka melihat banyak tanaman. Cobalah membuka usaha sampingan karyawan dengan membeli bibit dari petani daerah dengan harga yang terjangkau, kemudian jual kembali dengan harga yang cocok di daerah perkotaan. Dengan membeli bibit dari para petani, tentunya Anda turut membantu mengembangkan bisnis mereka.

8. Budidaya Ikan Lele

budidaya ikan lele

Budidaya lele kerap jadi candaan di kalangan warganet sebagai solusi saat seseorang tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Padahal, budidaya ikan ini juga bisa dilakukan sebagai usaha sampingan karyawan yang tengah bekerja. Ide ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memulai bisnis di bidang perikanan.

Prospek bisnis budidaya ikan lele ini tentunya sangat menjanjikan, pasalnya ikan lele sering dijadikan konsumsi bagi sebagian warung pecel lele di malam hari.  Apalagi, lele juga merupakan salah satu komoditas yang banyak digemari untuk dikonsumsi orang Indonesia. Anda pun bisa menawarkan lele hasil budidaya ke berbagai restoran yang ada.

Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda mengembangkan budidaya ikan lele ini. Proses pembudidayaannya pun tidaklah sulit. Bibit lele juga tergolong murah mulai yaitu dari harga Rp400 hingga Rp1000. Semua tergantung dari ukuran panjang lele.

9. Bisnis Minuman

minuman sehat

Bisnis minuman menjadi salah satu bisnis yang bisa ditekuni dan menjadi sampingan untuk Anda karyawan. Anda bisa menjual serbuk minuman atau biasa yang dikenal dengan powder. Dalam era pandemi seperti saat ini, tentu saja banyak karyawan yang memerlukan minuman ini untuk dijadikan teman bekerja sehari-hari. Gimana menarik bukan? Bisnis minuman tidak selalu harus memiliki stand, ya! Khusus yang satu ini tentunya banyak variasi yang bisa Anda kombinasikan.

 

Kunci sukses menjalankan peluang usaha sampingan karyawan di atas yaitu pengaturan waktu. Tapi ingat, walaupun hanya usaha sampingan, Anda juga harus tetap mengelola keuangan usaha kecil Anda dengan sangat baik. Apabila Anda bisa membagi waktu antara pekerjaan utama dan sampingan, tidak mustahil keduanya akan berjalan beriringan dan memberikan keuntungan bagi Anda.

By novia

Leave a Reply

Your email address will not be published.