bakso urat

Siapa sii yang gakenal sama makanan yang satu ini Bakso Urat, pasti semua orang sudah familiar dengan makanan yang satu ini karena rasanya yang enak dan gurih yuk kita cari tahu Resep Bakso Urat Super.

Apa Itu Bakso Urat?

bakso urat super

Bakso Urat sama hal nya seperti bakso-bakso lainnya bedanya hanya dari bahan-bahan pembuatannya, biasanya Bakso Urat dibuat dari irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar. Irisan kasar urat ini akan menambah cita rasa yang kenyal,gurih dan menantang yang akan semakin lezat saat disantap apalagi membuat bakso dari resep bakso urat super ini.

Makanan Indonesia yang cukup populer dikalangan kuliner adalah bakso. Bakso merupakan makanan Nusantara yang menjadi makanan hidangan favorit semua orang dimanapun. Resep Bakso urat super  biasanya terbuat dari Daging Giling yang diolah dengan bumbu dapur dan dicampur dengan tepung lalu dibentuk menjadi bulat kemudian direbus.

Bakso urat selain bisa untuk disajikan sendiri dirumah. Resep Bakso Urat Super ini juga bisa dijadikan ide untuk jualan lohh karena rasanya yang kenyal, lezat dan gurih banyak orang yang mencarinya karena jarangnya juga yang jualan bakso urat sehingga bakso urat ini banyak dicari. Mungkin ada beberapa orang yang membuatnya sendiri dirumah namun, ada juga beberapa orang yang ingin simple dan tidak mau ribed ini langsung memilih untuk membeli dibandingkan membuat sendiri.

Jenis-Jenis Bakso

  1. Bakso Sapi

Bakso sapi merupakan salah satu jenis bakso yang banyak diminati. Bakso ini terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan diberi tepung serta pengenyal (opsional diberi agar-agar). Bakso sapi biasanya disajikan dengan kuah bening yang hangat dan biasanya kuah tersebut dibuat dari kaldu tulang sapi

  1. Bakso Ayam

Bakso Ayam mirip dengan Bakso Sapi perbedaannya hanya dari bahan dasar pembuatan bakso nya saja. Bakso Ayam terbuat dari bahan dasar Ayam yang digiling kemudian diberi pengenyal (opsional diberi agar-agar). Proses penyajiannya sama seperti bakso sapi namun jika bosan dengan bakso yang menggunakan kuah bakso ini juga bisa dibakar atau ditumis dengan bumbu sederhana.

  1. Bakso Ikan

Bakso ikan tak kalah populernya dengan bakso-bakso yang lainnya. Bakso ikan merupakan bakso yang bahan dasarnya terbuat dari ikan biasanya menggunakan ikan kerapu, kakap ataupun tenggiri. Warna bakso ikan biasanya berbeda dengan bakso sapi ataupun ayam, warna bakso ikan biasanya lebih putih dan cerah. Untuk penyajiannya biasanya dipakai sebagai pelengkap hidangan pada tumisan  capcay ataupun yang lainnya.

  1. Bakso Udang

Bakso udang hamper sama dengan bakso ikan, bakso ini memilii rasa yang gurih dan bau yang agak amis, warna baksonya biasanya putih dan sedikit merah muda. Untuk penyajiannya sama seperti bakso ikan disajikan untuk pelengkap hidangan pada tumisan yang berkuah.

  1. Bakso Mercon

Bakso Urat super

Bakso mercon ini merupakan bakso yang terbuat dari daging sapi giling dengan dan rawit halus. Bakso ini memiliki rasa yang pedas sangat cocok disajikan bagi pecinta pedas. Bakso ini disajikan seperti bakso-bakso pada umumnya namun yang membedakannya yaitu bakso mercon diberikan sambel yang melimpah

Pemilihan Daging Untuk Bakso

Bakso yang memiliki cita rasa yang gurih membuat siapa saja yang mencobanya akan ketagihan apalagi jika disajikan dengan kuah kaldu yang tepat. Namun sayangnya belakangan ini mulai banyak ditemukan kasus pedagang bakso yang menjual bakso dicampur dengan bahan kimia seperti formalin dan boraks. Hal itu justru membuat khawatir konsumen apakah bakso yang dimakan selama ini aman atau tidak untuk di konsumsi.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Salah satu cara untuk mengatasi hal seperti ini yaitu dengan membut olahan bakso sendiri di rumah. Berikut cara pemilihan daging untuk pembuatun bakso :

  1. Untuk pembuatan bakso sapi halus gunakanlah daging tanjung/rump/limas bagian paha belakang dari sapi. Ini merupakan bagian teerbaik untuk membuat daging sapi karena bagian tersebut minim dari otot dan lemak sehingga hasilnya pun akan terasa lembut dan kenyal.
  2. Untuk pembuatan bakso urat gunakanlah daging sapi bagian sengkel/daging kisi karena pada bagian ini terdapat urat-urat yang akan membuat tekstur bakso menjadi kasar serta gurih.
  3. Jika ingin membuat bakso pilihlah daging yang berkualitas dan masih segar atau hangat. Cirinya warna daging masih terlihat merah segar (tidak pucat ataupun kehitaman), teksturnya kenyal, mengkilat dan licin pada permukaannya. Selain itu, daging yang berkualitas memiliki aroma yang khas dan tidak bau busuk.
  4. Untuk membuat bakso ayam gunakan fillet dari bagian dada ayam, gunakanlah daging yang masih baru agar hasilnya lebih lezat dan kenyal. Cirinya, daging tidak lengket dan warnanya cerah putih kekuningan.
  5. Untuk membuat bakso ikan gunakanlah ikan segar yang minim akan kandungan air nya, daging nya putih, berserat halus dan padat seperti tenggiri ataupun tuna. Ciri ikan segar dapat dilihat dari tekstur daging nya yang kenyal, insang yang masih terlihat merah dan segar dan mata nya yang menonjol.
  6. Untuk membuat bakso udang pilihlah daging udang yang berukuran besar dan segar. Udang yang besar akan menghasilkan bakso yang banyak. Ciri udang segar dapat dilihat dari kulit dan kepalanya yang masih melekat kuat pada badan udang kulitnya berwarna bening dan kencang dan aromanya yang tidak terlalu amis. Sebelum diolah buanglah kotoran udang terlebih dahulu yang terdapat pada punggungnya.
  7. Untuk membuat bakso lebih kenyal tambahkan sepertifood grade STPP (Sodium Trypoliphosphat) atau bubuk rumput laut dan putih telur. Hindarilah penggunaan bahan-bahan kimia karena bahan tersebut dapat membahayakan kesehatan anda.

Resep Bakso Urat Super

  1. Bakso Urat Super

    Bakso urat jumbo merupakan sebuah hidangan makanan dengan bakso daging yang berukuran jumbo, kuliner jenis ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain porsinya yang besar bakso urat super ini juga memiliki cita rasa yang nikmat, kita bisa membuat Resep Bakso Urat Super sendiri di rumah masing – masing. Yukk kita simak apa aja bahan – bahannya :

    Bahan Untuk Bakso :

    • 600 gram daging sapi segar
    • 60 gram urat sapi yang telah dipotong kecil – kecil
    • 4 sendok makan tepung kanji
    • ½ sendok teh lada bubuk
    • Air es batu secukupnya
    • 80 gram tepung sagu
    • Penyedap rasa
    • 3 sendok makan bawang merah yang sudah digoreng
    • Garam sesuai selera

    Bahan Tambahan :

    • Mie kuning yang sudah direbus
    • Saos sambal
    • Kecap
    • Kuah bakso

    Cara Membuat Bakso Urat Super :

    1. Siapkan daging sapi kemudian potong dalam ukuran kecil dan bersihkan dengan air.
    2. Masukkan potongan daging tersebut kedalam mesin penggiling, giling sampai benar – benar halus.
    3. Setelah daging digiling letakkan hasil gilingan tersebut pada wadah. Tambahkan air es dan garam secukupnya, olesi adonan tadi sampai tercampur merata.
    4. Tambahkan bahan – bahan bakso lainnya kedalam adonan, kecuali bahan pelengkap. Campur semua bahan dan adonan sampai benar – benar rata, tambahkan urat sapi yang telah dipotong tadi kemudian uleni sampai benar – benar kalis.
    5. Setelah poin ke 4 selesai, langkah berikutnya adalah membuat bakso berukuran besar dari adonan tersebut.
    6. Siapkan panci yang diisi oleh air kemudian rebus sampai memdidih
    7. Masukkan adonan bakso ukuran jumbo tadi kedalam panci yang berisi air yang sudah mendidih tersebut. Tunggu sampai matang. Ciri bakso yang sudah matang ialah bakso akan mengapung ke permukaan air.
    8. Angkatlah bakso yang berukuran jumbo tersebut danletakkan pada wadah. Tunggu sampai benar – benar dingin.
    9. Siapkan mangkok yang ukurannya sama seperti bakso tersebut. Tambahkan mie kuning, saos sambal dan menu pelengkap lainnya agar lebih nikmat kemudian masukkan kuah kedalam mangkuk tersebut.
    10. Bakso urat jumbo siap untuk dihidangkan.
  2. Bakso Urat Sapi

Di masa pandemic seperti sekarang ini, kita harus menjaga kebersihan disegala bidang termasuk jajanan bakso sapi. Daripada beli yang kebersihannya tidak dapat dipastikan lebih baik kita buat sendiri dengan resep bakso sapi yang lezat dan kebersihannya sudah terbukti karena kita sendiri yang memasak

Bakso sapi dan lemak adalah 2 hal yang biasanya beriringan sehingga bakso sapi jarang diangap sebagai makanan sehat. Namun kalian harus tahu bahwa bakso sapi sebenarnya makanan yang memiliki sumber protein yang baik selagi dinikmati secukupnya.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, berkontribusi pada fungsi pencernaan yang sehat, meningkatkan kesehatan tulang dan membantu pensinyalan sel.

Dengan memasak bakso sapi sendiri di rumah kita juga bisa memilih daging terbaik yang rendah lemak dan juga menjamin kebersihan dari bakso sapi yang kita buat sendiri.

Bahan – Bahan :

  • 500 gram daging sapi sengkel segar tanpa dicuci, buang uratnya dan iris tipis
  • 1 sendok makan garam kasar
  • ½ sendok teh poly powder
  • 50 gram putih telur
  • 225 gram es serut
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 1 siung bawang putih dihaluskan
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok makan bawang putih goreng
  • ½ sendok makan bawang merah goreng
  • 100 gram tepung sagu aren

Bahan Kuah Bakso Sapi : 

  • 1000 gram tulang sapi
  • 5 liter air
  • 5 tangkai seledri, diikat
  • 4 batang daun bawang, diikat
  • 10 siung bawang putih digoreng utuh kemudian memarkan
  • 3 sendok makan garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 50 gram bawang merah goreng

Bahan Pelengkap :

  • 200 gram bihun kering diseduh
  • 600 gram mi telur
  • 5 tangkai seledri, iris
  • 5 sendok makan bawang merah goreng
  • 3 liter kuah bakso
  • 1 resep sambal

Cara Membuat Bakso Sapi : 

  1. Masukkan daging sapi, bawang putih goreng dan garam ke dalam mesin penggiling. Giling hingga sedikit lembut.
  2. Masukkan poly powder, es serut, putih telur, penyedap rasa, merica bubuk, bawang putih goreng, bawang putih dan bawang merah goreng. Giling hingga lembut.
  3. Tambahkan tepung sagu lalu uleni sampai lembut dan kalis.
  4. Ambil sedikit adonan bentuk bulat lalu masukkan ke dalam air hangat.
  5. Sedikit tips, celupkan sendok untuk membentuk bakso ke dalam air agar adonan tidak lengket saat disendokkan.
  6. Rebus bakso sampai matang. Tiriskan.

Cara Membuat Kuah Bakso Sapi :

  1. Rebus tulang sapi di dalam air bersama seledri dan daun bawang di atas api kecil sampai berkaldu.
  2. Masukkan bawang putih goreng, merica bubuk, garam, gula pasir, dan penyedap rasa. Masak sampai mendidih.
  3. Tambahkan bawang merah goreng. Kemudian aduk rata.
  4. Kamu juga bisa menambahkan daging tetelan atau lemak ke dalam kuah agar lebih gurih.
  5. Sajikan bakso sapi dengan kuah bakso selagi panas.
  1. Resep Bakso Ayam

Sajian bakso dengan kuah bening yang hangat memang sangat cocok dikonsumsi di sore hari apalagi di musim hujan, menyantap semangkuk bakso kuah tentu sangat menyegarkan tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi, tepung terigu, dan beberapa bumbu khas seperti bawang putih, garam dan yang lainnya.  Namun kini sudah banyak resep bakso yang diolah dengan bahan lain salah satunya dengan menggunakan daging ayam.

Olahan bakso ayam tidak kalah lezatnya dengan bakso sapi, olahan bakso dengan daging ayam juga mempunyai cita rasa gurih dan lezat.  Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup menggunakan blender untuk menghaluskan daging ayam sehingga dapat membentuk adonan.

Selain cara pengolahan yang mudah, resep ini juga dibuat dengan bahan dan bumbu sederhana dan terjangkau. Berikut beberapa bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bakso ayam :

Bahan – Bahan :

  • 500 g daging ayam setengah beku
  • 50 ml air es
  • 1 buah putih telur
  • 80 g tapioka (8 sdm)
  • 1 bungkus masako
  • Secukupnya garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 2 siung bawang putih ukuran besar (haluskan)

Bahan  Untuk Membuat Kuah :

  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • Daun bawang (iris)
  • Tulang ayam seadanya untuk kaldu

Cara Membuat Bakso Ayam :

  1. Potong – potong daging ayam kemudian blender bersama air es dan putih telur hingga halus.
  2. Pindahkan ke wadah. Campurkan dengan sisa bahan lain aduk dengan menggunakan tangan yang bersih sampai benar-benar tercampur rata.
  3. Didihkan air dan tambahkan sedikit minyak goreng. Bulat-bulatkan adonan bakso kemudian masukkan ke dalam panci, rebus hingga mengapung kemudian
  4. Untuk membuat kuah: Tumis bawang putih sampai agak kecoklatan, tuangkan air masukkan tulang ayam, garam dan kaldu bubuk. Tunggu hingga mendidih
  5. Masukkan bakso, daun bawang, dan seledri . Masak sebentar, matikan.
  6. Campurkan semua bahan pelengkap maka bakso ayam pun siap untuk disantap.

Manfaat Bakso

Bakso Urat ini sangat populer di kalangan masyarakat. Pada proses pembuatannya saat ini berbagai pengusaha telah menggunakan mesin pencetak bakso agar lebih efisien dalam membuat bakso yang berukuran super. Sehingga pelaku usaha tidak perlu repot repot lagi mencetak adonan bakso secara manual. Bakso tidak hanya rasanya saja yang enak namun baso juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita. Berikut beberapa manfaat bakso bagi kesehatan :

  1. Pertumbuhan tubuh. Protein dari bakso adalah protein hewani yang mempunyai struktur mirip dengan tubuh manusia, Daya cerna protein hewani lebih baik dibanding dengan protein nabati. Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein merupakan penyusun bagian besar pertumbuhan badan seperti otot, kulit, jantung, dan paru-paru.
  2. Kecerdasan otak. Orang yang sering memakan bakso akan mempunyai kecerdasan yang baik, dibanding dengan yang jarang makan bakso. Karena daging pada bakso mengandung berbagai vitamin yang baik bagi kecerdasan otak.
  3. Penambah tenaga. Bakso mengandung lemak yang bermanfaat sebagai penyimpan energi dan tenaga. Lemak yang terdapat dalam daging bakso berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia, Selain itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Dilihat dari manfaatnya kita tahu bahwa bakso bukan hanya lezat namun juga bergizi bagi tubuh kita. Manfaat dan rasa yang lezat dari bakso juga bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha. Untuk memulai usaha bakso jangan lupa untuk selalu menyajikan bakso yang higienis dari mesin pembuat bakso yang berkualitas. Karena kesehatan makanan ada adalah kepuasan dari konsumen.

Bakso ternyata bisa dijadikan usaha frozen food loh yuk kita cari tahu cara memulai Usaha Frozen Food Untuk Pemula Yang Mudah. Bisa Dilakukan Di Rumah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.