Resep Nasi Goreng Otokowok Khas Cirebon Yang Nikmat dan Lezat

Resep nasi goreng otokowok khas Cirebon, nasi goreng merupakan salah satu makanan yang paling terfavorit bagi masyarakat Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang khas dan nikmat nasi goreng ini juga banyak disukai oleh berbagai kalangan lho. Nasi goreng diproduksi dengan beraneka ragam bahan tambahan bisa ditambahkan dengan ayam suwir, telur, sosis, atau bisa juga ditambahkan dengan daging sapi atau daging kambing.

Saking sangat populernya masakan dengan menu nasi goreng, teman-teman bisa dengan gampang dan sangat mudah untuk menemukan penjual nasi goreng di berbagai tempat mulai dari warung makan sederhana hingga di restaurant kelas atas atau bahkan ada di pusat perbelanjaan hingga warung makan pinggir jalan atau pun pedagang nasi goreng keliling.

Resep nasi goreng yang amat mudah dan gampang untuk dipraktekkan siapapun yang ingin mencoba membuatnya pasti bisa membuat nasi goreng yang enak dan juga lezat Anda juga pasti bisa membuatnya. Bahan-bahan yang akan dibutuhkan atau pun yang akan digunakan untuk membuat nasi goreng ini hampir selalu ada di dapur setiap keluarga.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat resep nasi goreng otokowok yang berasal dari daerah Cirebon yang mungkin sedikit mirip dengan nasi goreng mawut atau magelangan. Tetapi ada sedikit perbedaan yang dihidangkan dari nasi goreng otokowok khas dari daerah Cirebon ini yaitu ciri khas dari nasi goreng ini diberi tambahan irisan daun jeruk purut, dan mie instan sekaligus juga dengan bumbunya. Untuk penggunaan kaldu bubuk sesuaikan dengan selera Anda ya teman-teman, jika Anda ingin menambahkan kaldu bubuk silahkan jika tidak pun tidak apa-apa.

Tetapi sebaiknya jika sudah menggunakan bumbu dari mie instan tidak perlu menggunakan kaldu bubuk lagi karena jika kebanyakan bumbu-bumbu akan dikhawatirkan keasinan ya teman-teman dan jangan lupa juga untuk menambahkan terasi sebagai ciri khas Cirebon yang terkenal dengan terasi udangnya agar semakin mantap ya teman-teman.

Cita rasanya yang gurih, pedas, nikmat, lezat dan juga mengenyangkan nasi goreng dengan penampilan yang bersih meskipun mawut. Semakin mawut semakin suka kalo saya, tetapi semuanya tergantung dengan selera Anda. Apalagi jika diberi tambahan sayur-sayuran contohnya seperti toge, kol, sawi atau pun sejenisnya masukkan saja.

resep nasi goreng otokowok khas cirebon yang nikmat dan lezat

Cara Membuat Nasi Goreng Otokowok Khas Cirebon

Bahan-bahan untuk 1 porsi nasi goreng :

  • 1 porsi / piring nasi putih, di unggar atau di gemburkan ( agar nasi tidak mengepal )
  • 1/4 keping mie instan ( sesuaikan dengan selera Anda )
  • 1 bonggol sawi, iris kecil-kecil
  • 1 batang wortel, iris dadu
  • 1 butir telur
  • Garam, lada bubuk, bumbu mie instan ( sesuaikan dengan selera ), kaldu ( jika Anda perlu menambahkan kaldu bubuk )
  • 1/2 sendok teh terasi udang khas Cirebon, haluskan
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan irisan :

  • 1 lembar daun jeruk purut iris halus
  • 3 siung ( buah ) bawang putih dengan ukuran yang sedang
  • 5 siung ( buah ) bawang merah
  • 2 buah cabai merai
  • 1 batang bawang prei ( sisihkan sedikit daunnya untuk taburan diatasnya )

Langkah-langkah membuatnya :

  1. Cuci sayur-sayuran yang sudah disiapkan sampai semuanya bersih, iris sayur dan semua bumbu iris setelah itu rebus mie instan dengan setengah matang saja lalu gemburkan nasi putih supaya tidak mengepal.
  2. Panaskan minyak goreng pada wajan penggorengan, tumis bawang merah dan juga bawang putih, tambahkan juga terasi udang, tumis hingga harum. Masukkan juga daun jeruk yang sudah diiris halus, wortel, tumis hingga wortel menjadi setengah matang. Sisihkan / beri ruang di tengah.
  3. Masukkan telur, orak-arik setelah telur sudah matang, masukkan juga sawi yang sudah di iris kecil-kecil, lalu masak sebentar.
  4. Tambahkan mie instan, kemudian nasi putih yang sudah di gemburkan aduk hingga tercampur rata. Kalau perlu padamkan api terlebih dahulu dan campur semua hingga semuanya tercampur merata. Hingga nasi tidak ada yang menggumpal-gumpal.
  5. Taburkan semua bumbu yang tersisa seperti garam, lada bubuk, kaldu bubuk, dan lain sebagainya masukkan setengah bumbu dari mie instan. Nyalakan kembali api yang tadi dimatikan, aduk hingga semuanya tercampur merata dan matang dengan sempurna. Cicipi dan koreksi rasa
  6. Nasi goreng otokowok khas Cirebon siap untuk di nikmati.

Itulah beberapa resep nasi goreng otokowok khas Cirebon dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk membuat nasi goreng otokowok ini, atau mungkin Anda ingin membuka usaha nasi goreng otokowok ini Anda bisa meniru dengan resep nasi goreng di atas. Anda juga bisa mencari referensi pada artikel berikut yang menjelaskan tentang usaha nasi goreng. Mohon maaf bila ada salah kata dari saya terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *