Resep pizza dari roti tawar

 

Resep pizza dari roti tawar. Pizza roti tawar merupakan salah satu olahan makanan pizza yang bisa dilakukan oleh semua orang. Saat ini pizza banyak disukai oleh kalangan masyarakat indonesia dimulai dari anak-anak hingga orang tua yang gemar untuk membeli dan menyantapnya.

Pizza adalah olahan makanan cepat saji yang banyak digemari orang. Pada umumnya, makanan pizza terbuat dari adonan tepung dengan berbagai jenis topping dan dimasak memakai oven. 

Jika asal-usulnya, ternyata pizza juga memiliki sejarah yang panjang dari masa ke masa. Resep pizza ini juga saat ini terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Makanan khas dari Italia, pizza sudah sangat mendunia karena kelezatannya.Pizza, saat ini menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Toppingnya yang sangat bervariasi serta jenisnya yang beragam membuat pizza semakin memancing selera untuk dinikmati. Sayangnya, harganya cenderung mahal membuat sebagian orang lebih memilih menu makanan yang lain.

Agar lebih praktis dan murah, Anda bisa mengganti adonan tepung dengan roti tawar untuk membuat pizza roti tawar rumahan. Selain praktis dan mudah, rasanya juga tidak kalah lezatnya dari pizza pada umumnya yang ada di restoran. Tidak perlu ribet untuk membuat adonan pizza seperti pada umumnya. Cukup gunakan saja roti tawar dan bahan-bahan ekonomis yang mudah ditemukan. Anda bisa membuat pizza sendiri di rumah, resep pizza roti tawar pada umumnya dibuat dengan cara dipanggang menggunakan oven maupun microwave. Tapi bagi yang tidak memiliki dua alat tersebut, anda bisa membuat pizza menggunakan teflon dan kompor seadanya. Rasanya juga tidak kalah enak dengan pizza yang dipanggang di restoran pada umumnya.

Mau bikin pizza di rumah, tapi tidak punya oven? Jangan khawatir, Anda bisa membuat pizza versi simpel dengan teflon. tidak perlu membuat adonan yang ribet seperti pizza pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa contoh resep pizza roti tawar :

 

Resep Pizza Dari Roti Tawar Teflon :

Bahan-bahan :

  • 2 lembar roti tawar
  • 2 butir telur
  • 1 sdm mentega
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm mayonaise
  • 40 gr keju cheddar easy melt
  • 5 lembar salami
  • 4 buah jamur champignon
  • 1 sdm peterseli cincang
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

 

Langkah membuat pizza :

  1. Potong-potong terlebih dahulu roti tawar dalam bentuk dadu
  2. Setelah itu, cincang bawang putih sampai halus. Lalu iris tipis-tipis jamur. Oleskan mentega secukupnya pada teflon dengan menggunakan api kecil. Setelah mentega meleleh, masukkan bawang putih yang sudah dicincang
  3. Siapkan roti tawar yang dipotong dalam mangkuk yang sudah disiapkan. Setelah memasukkan setengah telur, mentega, dan bawang yang sudah dimasak ke dalam mangkuk roti. Diamkan hingga semua adonan meresap
  4. Panaskan minyak lalu tumis jamur hingga berwarna kecokelatan dan bumbui dengan garam, merica, dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian tumis salami dengan menggunakan api kecil, masak hingga matang
  5. Angkat salami dan jamur yang sudah ditumis
  6. Setelah itu, tuang adonan roti ke dalam teflon, gunakan api kecil lalu masak hingga bagian bawahnya berwarna kecokelatan
  7. Balikkan pizza dengan menuangkan teflon ke atas piring, agar bentuk adonan pizza tidak hancur. Pizza yang sudah dibalikan, masukan kembali ke dalam teflon
  8. stok sisa telur kocok tadi ke dalam roti yang berada di atas teflon, kemudian masak lagi dengan menggunakan api kecil
  9. Setelah pizza mulai kering, olesi permukaan atasnya dengan saus tomat lalu tambahkan adonan topping jamur tumis, mayonaise, keju parut, dan salami, tutup teflon dan masak hingga keju meleleh atau bisa juga dilelehkan dengan menggunakan  obor  atau pemantik api. 
  10. Angkat pizza dari teflon lalu potong pizza menjadi 4 bagian.
  11. Pizza mini roti tawar siap disajikan dan dinikmati. 

Tips membuat pizza dari roti tawar teflon:

  1. Api harus menggunakan yang paling kecil agar pizza roti tawar teflon tidak cepat gosong.
  2. Oregano/ parsley boleh optional atau bisa diganti dengan daun sledri.
  3. hiasi dengan topping sesuai selera, dan bisa di tambah jagung, paprika, bawang bombay, kornet, jamur, dan bahan toping lainnya.
  4. Untuk tambahan toping sosis, gunakan sosis yang sudah siap untuk dimakan. Jika menggunakan sosis mentah, masak terlebih dahulu terlebih dahulu.

By windy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *