resep roti ubi ungu

Punya stok ubi ungu di rumah tapi bingung mau dibuat apa ? Yuk cobain resep roti ubi ungu yang bisa anda buat sendiri di rumah. Sangat jarang bukan membuat roti dengan menggunakan bahan seperti ubi ungu ini ? Nah yuk simak resepnya.

Awal Mula Roti

Roti yang awalnya dibuat di Mesir kini semakin berkembang dan bahkan telah menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Roti berkembang menjadi Asia daratan karena para pedagang India sering membawa bekal roti saat berpergian.

Sedangkan perkembangan roti di Eropa disebabkan oleh Yunani yang membuat roti dengan teknologi yang mirip dengan Mesir. Saat ini roti mengalami perkembangan yang sangat pesat. Selain praktis, kandungan karbohidrat dalam roti juga bisa membuat energi terisi kembali.

Roti juga tidak lagi polos dan mulai banyak tersedia dalam berbagai rasa seperti strawberry, coklat, keju, srikaya, dan lain sebagainya. Bukan hanya dari segi rasa saja yang berbeda, namun bentuknya juga lebih variatif, mulai dari bulat, persegi, lonjong hingga memanjang.

Roti yang berkembang di sejumlah negara juga berhasil melahirkan berbagai jenis roti khas seperti Roti Canai (India), Tortila (Meksiko), Bak Pau (China), dan masih banyak lagi.

Resep Roti Ubi Ungu

Bahan-Bahan :

  • 200 gram ubi ungu ( berat setelah dikukus & dihancurkan )
  • 1 sdt pengolah roti
  • 200 gram tepung terigu pro tinggi
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 100 gram tepung terigu utuh
  • 6 gram ragi instan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 150 ml susu cair
  • Sejumput garam

Cara Membuat Roti Ubi Ungu :

  1. Campur tepung terigu pro tinggi + tepung terigu + penambah roti + ragi instan + gula pasir
  2. Roti Gandum Ubi Jalar Ungu (Roti Ubi Jalar Ungu)
  3. Masukkan susu sedikit demi sedikit, uleni sebentar.
  4. Tambahkan garam + minyak zaitun, uleni lagi sebentar.
  5. Masukkan ke dalam wadah yang sudah diolesi minyak, tutup plastik pembungkus / serbet, biarkan mengembang 2x sesuai suhu dapur / rumah.
  6. Roti Gandum Ubi Jalar Ungu (Roti Ubi Jalar Ungu)
  7. Sambil menunggu, campurkan ubi kukus & tumbuk dengan 1 sendok makan gula pasir (boleh dilewati) + 1 sendok makan tepung high pro, aduk rata. Dan simpan sebentar di freezer tapi jangan terlalu keras ya
  8. Tanpa Mentega | Tidak ada telur memasak langkah 5 gambar
  9. Setelah adonan mengembang, giling sebentar dan campur dengan ubi manis madu yang sudah padat cara mengaduknya sesuaikan dengan bentuk roti yang diinginkan, gunakan loyang roti atau gulung seperti croissant terserah kepadamu.
  10. Setelah terbentuk, diamkan kembali selama kurang lebih setengah jam ditutup dengan serbet / pembungkus plastik. 15 menit sebelum selesai proofing mulailah preheating oven, lumuri permukaan roti dengan susu cair atau mau ganti kuning telurnya juga, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan kurang lebih 25-30 menit dengan suhu 180 derajat, sesuaikan oven masing-masing.

Manfaat Ubi Ungu

1. Kenyang Tahan Lama

Whole wheat bread adalah roti yang terbuat dari bahan terigu terutama gandum utuh, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diproses di sistem pencernaan dibandingkan roti tawar lainnya. Inilah mengapa whole wheat bread sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

2. Memiliki Kalori Yang Rendah

Whole wheat bread kaya nutrisi tetapi rendah kalori, yang merupakan keuntungan. Makanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, namun tidak menambah kandungan kalori tubuh. Manfaat roti whole grain ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan.

3. Mengandung Banyak Nutrisi.

Roti ini kaya akan nutrisi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda. whole wheat bread merupakan makanan bergizi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan cocok untuk semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa maupun ibu hamil.

Whole wheat bread mengandung lebih banyak nutrisi, seperti vitamin B dan serat, daripada roti putih, karena hilangnya lapisan oat selama pembentukan tepung terigu.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, sehingga harus dihindari sebelum menyerang. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memperhatikan makanan yang Anda makan.

whole wheat bread utuh merupakan whole wheat bread yang mengandung lebih banyak serat, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi biji-bijian secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%.

5. Mencegah Obesitas

Obesitas seringkali dikaitkan dengan risiko berbagai penyakit serius seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Whole wheat bread bukan hanya makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan, tapi juga baik untuk menjaga berat badan ideal Anda. Salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan menjaga asupan makanan.

Bagaimana tertarik untuk mencoba resep roti ubi ungu di rumah sendiri ? Makanan ini bisa menjadi menu baru yang ada di rumah anda karena sangat cocok disajikan bersama dengan teh panas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.