ternak menguntungkan di lahan sempit

Memanfaatkan lahan sempit untuk budidaya bisa jadi sebuah ide bisnis jangka yang cukup panjang. Banyak orang yang beranggapan kalau usaha ternak hanya bisa dijalankan di lahan luas, padahal tidak demikian. Kenyataannya ada banyak sekali usaha ternak menguntungkan di lahan sempit dengan modal yang cukup minim.

Saat ini berbagai jenis hewan ternak telah banyak di budidayakan mulai dari yang biasa hingga jenis binatang yang lainnya. Bahkan usaha ternak bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memulai usaha baru bagi semua orang atau bagi para pemula.

Usaha ternak memang cocok dilakukan di desa, tapi jangan salah. Faktanya ada beberapa ternak yang dapat Anda kembangkan di kota dan hanya perlu sedikit lahan.

Mengungkap Usaha Ternak Menguntungkan di Lahan SempitĀ 

Ketika kita ingin memulai usaha di bidang peternakan maka sebaiknya harus dipikirkan secara matang agar tidak mengalami kerugian. Memilih jenis usaha, perencanaan serta pelaksanaan wajib dikerjakan. Di bawah ini beberapa usaha ternak di lahan sempit yang cocok untuk dikembangkan.

1. Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit : Ternak Burung Kicau

Saat ini bidang usaha ternak yang paling menguntungkan dan dapat dikembangkan di lahan sempit yaitu ternak burung kicau. Kalau dulu usaha ternak ini tidak begitu populer, tapi belakangan tahun ini budidaya ternak burung kicau dapat menghasilkan keuntungan yang cuku besar.

Jenis usaha ternak ini sangat cocok untuk Anda yang pemula dan cocok bagi penggemar memelihara burung kicau di rumah. Anda dapat memanfaatkan lahan sekitar rumah sebagai usaha ternak burung kicau ini.

2. Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit : Ternak Ikan Hias

Selanjutnya usaha yang potensi di lahan sempit yaitu ternak ikan hias. Usaha ini memang sudah digemari oleh banyak orang tak terkecuali oleh para remaja. Akan tetapi prospek ternak ikan hias ini sangat menguntungkan.

Modal untuk memulai bisnis ini cukup kecil jika dibandingkan dengan usaha ternak yang lainnya. Anda hanya perlu belajar membuat media penangkaran serta cara pemeliharaan yang baik dan benar.

3. Ternak Cacing Sutera

Seperti yang kita tahu terkadang sebuah usaha mempunyai keterkaitan dengan usaha lainnya. Contohnya saja pengusaha ikan hias yang selalu membutuhkan supplay cacing sutera untuk pakan ikan ikan ternak mereka.

Tidak terlepas dari bisnis budidaya ikan, usaha cacing sutera ini juga mempunyai peluang yang menguntungkan. Mungkin sebagian orang banyak yang menganggap remeh usaha ternak cacing sutera ini, sebenarnya peminat pasar pada cacing sutera sangat tinggi dan penyediaannya cukup langkah.

4. Ternak Jangkrik

Usaha ternak jangkrik ini masih jarang ditekuni oleh masyarakat meski memiliki prospek yang cukup baik. Peminatan ternak jangkrik untuk makanan burung dan umpan memancing semakin hari mengalami peningkatan yang cukup besar.

Dulu orang lebih senang berburu jangkrik di kebun kemudian di jual, tetapi sekarang sudah jarang dilakukan oleh masyarakat setempat. Budidaya jangkrik nyatanya lebih mudah dibandingkan budidaya ternak yang lainnya. Ternak jangkrik memanglah bisa jadi pilihan usaha yang menguntungkan di lahan sempit.

5. Ternak Semut Jepang

Mungkin sebagian orang yang tahu bahwa semut jepang bisa sangat menguntungkan jika di budidayakan. Semut jepang berguna untuk berbagai pengobatan seperti diabetes, jantung dan penyakit yang lainnya.

Belakangan ini jenis semut yang satu ini banyak dicari banyak orang untuk digunakan sebagai bahan pengobatan. Selain itu cara budidaya semut jepang cukup sederhana dengan botol plastik seta diberi ragi tape.

6. Ternak Ulat Hongkong

Salah satu usaha ternak yang dapat di budidaya di lahan sempit dan tidak bisa atau berbeda dengan yang lainnya yaitu ternak ulat hongkong. Meskipun sekilas terlihat begitu menjijikan, akan tetapi prospek ternak ulat hongkong ini juga sangat menguntungkan.

Ulat hongkong sangat dicari karena kaya akan protein sehingga sangat cocok untuk dijadikan makanan ikan, burung maupun hewan reptil. Banyak orang yang berhasil dengan ternak budidaya ulat hongkong ini.

7. Ternak Lebah Madu

Hewan yang biasa disebut dengan sebutan tawon ini memiliki prospek yang menjanjikan bila di budidayakan. Kita tentu kalau harga madu asli semakin hari semakin mahal. Tentu saja usaha ternak lebah madu ini sangat memberikan keuntungan yang cukup besar.

Tetapi tidak semua orang bisa memulai ternak lebah madu dikarenakan ada beberapa alasan. Misalkan seseorang yang takut dengan sengatan lebah, atau tidak tahu cara perawatan lebah. Maka dari itu jika Anda tertarik memulai ternak lebah Anda harus mempunyai keberanian dan lebih banyak belajar lagi tentang bagaimana cara perawatan lebah madu ini.

 

By sinta

Saya merupakan penulis di pelatihanbisnisinternet.com yang memiliki minat mendalam terhadap perkembangan teknologi, khususnya dalam bidang IT. Selain itu, saya senang belajar hal-hal baru dan berbagi wawasan seputar bisnis serta tips terkini dengan para pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *