Pada artikel kita kali ini, kita akan membahas tentang Usaha Bakso Bakar Kekinian. Seperti apa peluangnya? Langsung cek dibawah,

Usaha bakso bakar kekinian bisa dibilang makin ngetrend di Indonesia. Mulai dari wilayah perkotaan sampai pedesaan mudah sekali menemukan usaha bakso bakar. Karena bakso yang pada mulanya dijadikan makanan utama sekarang sudah diinovasikan menjadi jajanan yang mengenyangkan, namanya bakso bakar.

Bakso sebenarnya sudah menjadi salah satu kuliner favorit kebanyakan orang Indonesia. Kuliner dengan bentuk khas bulat ini juga mudah ditemukan di banyak tempat. Misalnya, kaki lima, keliling, warung, sampai restoran.

Peluang Usaha Bakso Bakar

usaha bakso bakar kekinian

Melihat bahwa bakso merupakan usaha kuliner yang menjanjikan, familiar, dan banyak disukai orang dari berbagai kalangan menjadikan peluang usaha bakso bakar semakin menggiurkan. Usaha bakso bakar ini hadir sebagai bentuk inovasi untuk menjadikan olahan bakso lebih mudah dinikmati oleh semua kalangan dengan harga yang lebih terjangkau.

Umumnya bakso disajikan dalam mangkuk dengan pelengkap mie kuning, bihun, seledri, sawi hijau, tetelan daging sapi/ayam yang disiram dengan kuah panas dan taburan bawang goreng. Namun, lain halnya dengan bakso bakar kekinian yang menawarkan kesan lain dalam menikmati olahan bakso.

Namun, bakso bakar tidak menggunakan daging sapi sebagai bahan utama melainkan daging ayam. Karena harga jual yang dipatok oleh para pengusaha bakso bakar juga lebih terjangkau dibandingkan dengan harga bakso sapi.

Bahkan saat ini, teknologi sudah semakin maju, banyak mesin-mesin canggih yang dikeluarkan untuk membantu pekerjaan seseorang. Untuk usaha bakso bakar ini, Anda bisa menggunakan mesin pembuat bakso dalam proses produksi bakso Anda.

Tips Memulai Usaha Bakso Bakar

Sudah menjadi kebiasaan yang umum jika anak muda itu suka jajan. Mulai dari anak sekolah, anak kuliahan, bahkan mereka yang sudah kerja juga suka jajan. Termasuk salah satunya bakso bakar yang menjadi incaran mereka.

Selain mengenyangkan bakso bakar juga dijual sengan harga yang terjangkau untuk kantong pelajar dan anak-anak muda. Nah, sudah kebayang kan bagaimana menggiurkannya usaha bakso bakar ini? Ketika Anda memulai usaha bakso bakar ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, yaitu

1. Tentukan Konsep Usaha Bakso Bakar

Jika Anda memilih konsep usaha kaki lima atau kedai yang pada umumnya dijalankan sendiri, maka persiapannya akan lebih banyak. Untuk konsep bisnis kaki lima Anda bisa memanfaatkan etalase atau gerobak yang mobilitasnya mudah. Sedangkan, jika Anda memilih konsep bisnis kedai, maka perhitungkan dengan betul terkait modal, biaya operasional, dan pendapapatan.

2. Rencana Produksi Bakso Bakar

Untuk menghasilkan bakso bakar yang enak dan disukai pembeli, tentunya Anda perlu perencanaan yang matang, mulai dari pemilihan bahan sampai proses produksinya. Dalam menyusun perencanaan produksi ini Anda perlu membuat daftar belanja bahan.

Buatlah rencana produksi mulai dari riset supplier bahan. Pilihlah supplier yang berkualias, terpercaya, dan harga penawarannya sesuai dengan budget usaha Anda. Sehingga, setiap kali Anda belanja bahan untuk produksi bakso bakar tidak perlu berpindah dan mencari supplier baru.

Anda juga bisa bekerja sama dengan pengusaha frozen food, jadi Anda mengambil bakso dari mereka. Anda bisa baca artikel tentang Usaha Bakso Frozen untuk lebih jelasnya.

3. Buatlah Inovasi Bakso Bakar

Jika pada umumnya para pengusaha bakso bakar menawarkan pembeli dengan menu yang sama, Anda bisa berinovasi kreatif untuk bisnis kuliner Anda. Misalnya selain menyediakan bakso bakar bumbu kacang, Anda juga bisa menyediakan menu bakso bakar pedas, manis, dan lain-lain.

Atau bisa juga dengan menambahkan variasi toping seperti saus, mayonais, kecap, kecu, dan lain-lain.

4. Resep Bakso Bakar

Bahan

-Bakso

-2 sdm Saos Tomat

-3 sdm Kecap Manis

-Lada Bubuk

-2 sdm Minyak Goreng/Margarin

Bumbu Sambal Kacang 

-100 gr Kacang Tanah Goreng

-2 Siung Bawang Putih Goreng

-2 buah Cabe Merah Goreng

-6 buah Cabe Rawit Goreng

-2 sdm Gula Merah disisir

-Garam

-Penyedap Rasa

-Air

-3-4 sdm Minyak Goreng

Cara membuat

  • Pertama, siapkan tusuk sate dan isi tusuk dengan 5 buah bakso pertusuknya
  • Kedua, siapkan piring kemudian, tuang saos tomat,kecap manis,minyak goreng dan lada bubuk. Aduk rata kemudian oleskan ke bakso kemudian bakar dan sisihkan.
  • Ketiga, haluskan semua bahan sambal kacang. Panaskan minyak, kemudian masak kembali bumbu kacang tadi dan beri air. Kemudian beri garam dan penyedap rasa sambil diaduk. Masak hingga mendidih dan mengental.
  • Terakhir, siapkan bakso bakar di piring saji kemudian siram dengan sambal kacang dan lengkapi dengan irisan timun.

5. Strategi Pemasaran Bakso Tusuk

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan bakso bakar yang Anda jual. Karena media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk. Apa lagi segmen konsumen yang Anda sasarkan adalah anak muda.

Selain itu manfaatkanlah kemitraan merchant di aplikasi ojek online, karena hal ini akan sangat efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Serta sudah tentu akan lebih memudahkan konsumen untuk bisa menikmati bakso bakar yang Anda jual dengan lebih praktis.

6. Kemasan Bakso Tusuk

Paper Bowl

usaha bakso bakar kekinian

Kemasan ini berbentuk mangkuk yang berbahan kertas yang dilapisi bahan anti panas dan anti air, sehingga tidak akan bocor. Kemasan ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan seperti camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah.

Food Pail

Kemasan ini berbahan kertas layaknya box nasi yang mempunyai tampilan dan desain yang unik serta menarik. Bahan kertas untuk kemasan ini sudah dilaminasi dan masuk kategori food grade, sehingga tidak akan bocor.

Food Tray

Bahan kemasannya mirip dengan paper luch box, hanya bedanya di bentuk dan model. Kemasan food tray ini tampil tanpa tutup kemasan. Biasanya dipakai oleh UMKM yang jualannya di food court.

Demikian pembahasan tentang Usaha Bakso Bakar Kekinian yang bisa Anda jadikan acuan untuk berbisnis usaha bakso bakar. Bisa juga Anda membaca artikel tentang Peluang Usaha Jualan Bakso jika Anda berminat berbisnis bakso.

By lina

Sebagai penulis di pelatihanbisnisinternet.com saya selalu antusias mengikuti perkembangan teknologi, terutama dalam dunia IT. Selain itu, saya senang belajar hal-hal baru dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis serta tips terkini kepada para pembaca kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *