Cara Beternak Kambing Sukses

Cara beternak kambing bisa Sukses Anda mencari cara ternak kambing yang paling lengkap, Anda sudah berada di artikel yang tepat.Saya juga akan tunjukkan kepada Anda bahwa menginvestasikan uang, waktu dan tenaga Anda ke ternak kambing bukanlah keputusan keliru.

Tidak perduli modal Anda besar atau kecil. Jumlah kambing Anda banyak atau sedikit. Dengan Cara beternak kambing bisa sukses kita akan tetap bisa mengambil keuntungan dari hewan kambing ini.
Jika Anda akan siap, kita akan memulainya sekarang juga.

Saya sarankan sediakan minuman favorit Anda, bisa kopi, teh atau susu. Karena artikel ini akan sangat panjang. Hal karena saya akan membahasnya secara menyeluruh. Mulai dari analisa usaha singkat, pakan, penyakit dan seterusnya.

Cara Beternak Kambing Bisa Sukses

Bahkan cara beternak satu kambing pun bisa dikatakan sukses. Sukses itu adalah ketika kita mampu membesarkan kambing, menjualnya dan kita mendapat untung.Jangan melihat kesuksesan berternak kambing hanya dari jumlah kambing dan luas lahan yang dimilikinya.

Karena kita belum merasakan bagaimana duka laranya mereka bisa mencapainya. Kalau dijadikan sebagai motivasi, itu lebih bagus. Kita juga bisa menjadi lebih semangat dalam berternak kambing dan sukses dari peluang usaha ternak kambing bisa kita raih.

Asalkan kita konsisten dan gigih, semua itu sangat mungkin terjadi.
Tidak juga harus jenis kambing unggul seperti kambing etawa, kambing jawa pun bisa memberikan kesuksesan.

Memulai Ternak Kambing

Cara Beternak Kambing Sukses

 

Keluhan yang umumnya diutarakan saat memulai usaha adalah ” tidak punya modal“. Banyak dan besar keinginan untuk memiliki usaha, tapi karena tidak mempunyai modal “uang” akhirnya mengurungkan niatan tersebut.

Akan tetapi, benarkan uang yang banyak adalah satu – satunya modal untuk memulai usaha? Banyak juga, pengusaha yang akhirnya sukses dengan modal awal sangat kecil.

Contohnya adalah dua peternak kambing di atas. Mereka hanya memulai usaha ternak kambing hanya dari 7 ekor bahkan ada yang satu ekor.
Pada akhirnya, mereka bisa. Kalau mereka bisa, Anda juga pasti bisa. Inti dari modal adalah semangat, yakin dan tidak mudah putus asa. Jangan lupa berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

Beternak kambing tidak akan terbagi dari pakan jenis ramban. Artikel tersebut tentang sikap mental yang harus dimiliki oleh peternak kambing dalam mengambil ramban.Terlihat sepele, tapi sikap tersebut dicetuskan bagi peternak kambing etawa sukses dari Purworejo. Menjadi awal, ke dua artikel tersebut bisa sangat membantu.

Sebab diberikan alur atau tahap awal dalam memulai bisnis berternak kambing. Tingkatan tersebut antara lain mengetahui juga ilmu ternak kambing, Mempersiapkan pakan, membuat kandang dan Memilih kambing yang benar. Silahkan baca dulu kedua artikel tersebut jika dirasa perlu.

Cara Beternak Kambing Yang Bisa Sukses Dan Menguntungkan

Cara Beternak Kambing Sukses

Ini gampang sekali dan tidak perlu banyak cara. Hanya satu. Mari saya tunjukkan.
Satu – satunya cara agar beternak kambing bisa untung adalah “Memelihara dan Merawat kambing dengan baik“.

Langkah – langkahnya kalau menurut pemikiran saya kurang lebih seperti ini. Kita menentukan terlebih dahulu jenis usaha ternak kambing yang kita inginkan. Apakah kita akan melakukan pembesaran kambing atau pembibitan.

Saya tidak akan masuk ke pembicaraan kambing kontes dan kambing perah. Karena menurut saya itu berada ditingkatan lebih lanjut. Kambing kontes dan kambing perah itu lebih sulit tingkatannya.

Karena tidak hanya menyentuh teknis memelihara kambing saja, melainkan juga bagaimana harus memanajemen kesehatan ternak yang sangat disiplin dan ketat.

Produk yang dihasilkan juga harus, melalui proses manajemen pemasaran yang cukup panjang. Kita juga tahu sendiri kan, pemasaran itu adalah hal yang cukup berbeda untuk dibahas di sini.

Untuk mempermudah Anda dalam cara beternak kambing bisa sukses, Anda bisa menggunakan mesin pencacah rumput membantu mengelola rumput, agar mudah dikomsumsi oleh hewan ternak.

Dengan menggunakan mesin pencacah rumput anda bisa lebih menghemat waktu untuk mencacah rumput dengan jumlah yang banyak.

  • Pembesaran Kambing

Pembesaran kambing juga adalah kita membeli kambing jantan usia muda sekitar 5 – 6 bulan, kemudian kita rawat dan besarkan. Penjualannya adalah ketika musim lebaran Idul adha. Karena itu waktu tersebut harga kambing naik karena adanya permintaan yang meningkat.

Keuntungan yang bisa diperoleh sangat lumayan. Per ekornya bisa sampai mendapatkan margin 700 – 1 juta rupiah. Teknisnya adalah seperti ini.
Sekitar bulan shofar atau maulud, kita pergi ke pasar kambing sekitar Anda akan mencari bibit kambingnya.

Kalau di Pati, Jawa Tengah, pasar kambing yang baik adalah pasar Tayu. Dulu setiap hari selasa dan jumat.
Kemudian kita akan cari kambing jantan yang masih muda.

Maksimal harganya tidak lebih dari 1,5 juta.
Akan dijadikan kambing ini harus kita pilih yang posturnya akan menjadi bagus saat dewasa. Kalau dulu saya memilihnya dengan melihat punggung, dan kaki.

Dadanya terlihat lebar, punggunnya juga tebal dan kakinya besar – besar. Terutama yang kaki depannya.
Untuk tujuan sebagai hewan kurban, jangan lupa juga kambing yang dipilih tidak boleh “sanglir”.

Kalau ada indukannya, malah lebih bagus lagi. Kita lihat indukannya. Kalau induknya tinggi, maka anaknya yang jantan bisa juga lebih tinggi dari induknya.

Kalau dirawat dengan baik.
Setelah itu kita akan bawa pulang dan kita rawat kurang lebih selama 9 – 10 bulan.

Pakan kalau bisa harus hijauan. Sesekali diberi makanan tambahan misalnya dedak padi.
Dalam kurun waktu di sekitar 9 bulan pemeliharaan, maka insyaAllah akan terlihat perbedaannya. Dan untuk harga jual minimal 2 juta, saya kira itu masih terlalu murah.

Setidaknya, angka penjualan bisa di angka 2,3 – 2,7 juta per ekornya. Tergantung juga bagaimana penampilan kambingnya. Ini hanya satu faktor yang berpotiensi menguntungkan. Ada 6 faktor yang bisa kita maksimalkan seperti yang sudah saya bahas di artikel ini.

  • Pembibitan kambing

Pembuahan kambing adalah kita memelihara indukan kambing dan kita menjual setiap anakan yang dihasilkannya. Cashflownya memang lebih cepat. Tapi pasang surutnya lebih banyak. Itu menurut saya.

Kenapa? Rezeki itu ada yang mengatur. Kalau anak kambing/cempe yang lahir dua – duanya betinya, kebanyakan pada kurang bersyukur. Ya karena harga anak kambing/cempe kalau betina, itu jauh di bawah harga anak kambing/cempe jantan. Cempe betina baru meningkat posisi tawarnya ketika usia dara.

Karena sudah mulai menampakkan potensi genetik yang diwarisi dari induknya. Entah itu posturnya atau yang lainnya. Tapi kita juga tidak ada kuasa untuk menentukan yang lahir harus cempe jantan. Ya bisa, tapi sulit.

Untuk mememulai pembuahan kambing ini, kita harus memilih indukan yang berkualitas. Kalau ada sebaiknya yang sudah pernah beranak 1 atau dua kali.
Saran saya tetap sama, pilihlah postur tubuh indukan yang tinggi besar.

Ambing besar, puting ada dua, dan tidak dalam kondisi sakit. Tapi ada juga penjual kambing di pasar yang sedikit nakal. Jenggot kambing dipotong atau dicukur, jadi indukan terlihat lebih muda. Tapi kita tetap bisa melihatnya dengan lebih teliti.

Jika tidak bisa membedakkannya dari giginya, kita bisa melihat dari posisi tumit kaki belakang.
Indukan yang sudah punya beranak banyak, tumit kaki belakang sudah lebih rendah. Kalau indukan yang beranak 1 atau 2 kali, tumit kaki belakangnya juga masih tinggi.

Selanjutnya adalah ketika mengawinkan harus menggunakan penjantan yang unggul. Harapannya, ketika indukan jantan dan betinya bagus, anaknya juga bergenetik bagus. Setelah itu kita fokus saja pada indukannya.

Selama masa bunting dan menyususi pakan harus cukup dan berkualitas.
Ini akan membuat perkembangan janin cempe tumbuh dengan baik dan susu yang dihasilkan juga berkualitas. Dengan susu yang berkualitas, cempe akan tumbuh dengan pesat, gesit dan lincah.

Mengenai harga jualnya, nilainya berbeda – beda. Di sini ada penampakan indukan bisa meningkatkan nilai jual dari cempe itu sendiri. Bayangkan saja jika anda menawar cempe, tapi melihat indukannya yang kerdil dan “nggik – nggiken”, pasti muncul keinginan untuk urung niatan.

Harga jual untuk cempe jantan lepas sapih biasanya berkisaran antara 500 – 700 ribuan per ekornya. Sedangkan untuk cempe betina, biasanya dibawah itu. Sekarang Anda sudah bisa memperhitungkan sendiri, bagaimana hitung – hitungannya.

Menentukan Jenis Kambing supaya beruntung

Di wilayah kita sendiri, kita mengenal beberapa jenis kambing yang banyak dipelihara. Jika diseluruh dunia, jenis kambing ini ada banyak sekali. Tidak hanya puluhan bahkan sampai ratusan.

Kita juga pasti banyak juga sering mendengar sebutan kambing jawa, kambing etawa, kambing boer dan kambing sanen bukan? Itu adalah jenis – jenis kambing yang sudah banyak dipelihara di negara kita. Lalu, untuk meyakinkan jenis kambing apa yang harus kita pelihara, kita harus kembali ke tujuan pemeliharann kita.

Jika di inginkan beternak kambing perah, sudah jelas Anda harus mengambil kambing jenis apa. Pilihannya adalah ada pada kembing etawa, Sanen, dan sekarang yang lagi dikembangkan adalah kambing saneen – anglo nubian.

Dengan memahami jenis kambing yang kita pilih, kita akan tahu ke mana harus mencari bibit kambing yang berkualitas.

Perlu diketahui juga, kebanyakan ternak kambing juga perah dilakukan di wilayah dataran tinggi yang beriklim sejuk. Dan saya harap Anda juga berada di wilayah yang jugaserupa jika ingin ternak kambing perah.

Jika ingin tahu lebih alasannya, silahkan baca artikel di bawah ini. Dimana kita seharusnya memelihara kambing etawa? Jika bertujuan memelihara kambing adalah untuk penggemukan atau pembesaran, maka ini sudah saya jelaskan pada poin yang di atas.

Baca juga: Cara Beternak Kambing Bisa Sukses

Pakan ternak kambing

Cara Beternak Kambing Sukses

Pakan membawa porsi sangat besar dalam usaha ternak kambing ini. Tidak terbatas pada usaha ternak kambing, ternak unggas mirip seperti ayam petelur dan puyuh juga sama. Pakan kambing pada umumnya adalah berupa hijauan atau rambanan dan rumput.

Contohnya adalah daun kelor, daun nangka, daun pisang , daun singkong, daun murbei, rumput odot dan masih banyak yang lainnya. Ada 31 jenis ramban dan legum, 10 menu pakan fermentasi dan 14 jenis rumput yang bisa kita pelajari.

Untuk mendapatkan pakan ternak kambing, sebenarnya tidaklah sulit. Akan tetapi untuk menjaga pasokannya supaya tersedia tepat sepanjang tahun, itu yang sulit. Makanya, kita juga harus mulai belajar bagaimana cara mengatur pakan.

Ternyata, ada banyak sekali cara yang bisa Anda temukan di blog ini.
Untuk mengatasi hal tersebut, langkah klasik adalah dengan menanam hijauan sendiri.

Akan tetapi, cara ini membutuhkan lahan yang cukup luas. Kalau tidak punya lahan, juga bisa menanam hijauan di lahan yang tidak termanfaatkan. Misalnya di pinggir jalan dan di pinggir sungai.

Jenis pakan yang cocok kalau mau tanam sendiri adalah rumput odot. Banyak – banyaklah menanam rumput odot sebagai hijauan pakan ternak kambing.

Rumput jenis ini mudah sekali untuk dibudidayakan. Rumput odot lebih disukai oleh kambing dan kandungan nutrisinya juga cukup bagus.
Bacaan yang akan sangat membantu Anda untuk menanam rumput odot hanyalah ini.

Waktu tepat panen rumput odot untuk pakan kambing. Selain itu rumput odot, daun singkong dan daun kelor juga bagus untuk ternak kambing. Akan tetapi, daun singkong memiliki kandungan anti nutrisi berupa asam sianida yang dapat meracuni ternak kambing.

Oleh karena itu, jika belum terbiasa menggunakan daun singkong sebagai pakan kambing, sebaiknya daun singkong di jemur dahulu supaya aman. Beberapa artikel ini mungkin sangat membantu kalau ketersediaan daun singkong di sekitar anda melimpah dan ingin memanfaatkannya sebagai pakan.

Daun singkong pakan kambing protein tinggi.
Pemanfaatan Daun Singkong supaya Aman untuk kambing Daun singkong bisa jadi konsentrat sebanyak 40%.

Dari ketiga artikel tersebut terdapat informasi mengenai daun singkong, tanda – tanda daun singkong yang aman dan cara membuat silase daun singkong. Tidak kalah juga bagusnya dengan daun singkong adalah daun kelor dan daun indigofera. Akan tetapi pemanfaatan daun kelor rebutan dengan kebutuhan manusia.

Artikel yang bagus mengenai daun kelor ada di bawah ini.
Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan ternak. Selain daun kelor, kalau anda ingin menanam daun indigorera, ini adalah penelitiannya. Membuat daun indigofera menjadi pelet pakan kambing, bagian 2.

Kandang Kambing

 

Fungsi dari kandang kambing adalah bisa melindungi kambing dari panas, hujan dan angin secara langsung. Dengan kata lain, kambing akan terhindar dari perbedaan kondisi lingkungan yang mencolok.

Terpapar dari kondisi lingkungan yang sangat mencolok, panas hujan angin secara bergantian, bisa membuat daya tahan terhadap penyakit menjadi lemah.
Oleh karena itu, pemilihan bahan pembuatan kandang harus diperhatikan.

Setidaknya, kandang kambing anda harus seperti ini.
• Kalau bisa mendapat sinar matahari pagi. Kalau tidak bisa, sebagian kecil atap menggunakan bahan yang tembus cahaya. Cahaya matahari bisa membunuh bakteri yang bisa merugikan ternak.

• Kandang kambing sebenarnya ada dinding untuk menghalau terpaan angin secara langsung.
• Kotoran, baik yang cair atau padat harus terpisah atau tidak menumpuk jadi satu.

• Bahan atap kandang dari bahan yang tidak menghantarkan panas dengan cepat. Misalnya, esbes dan genteng. Seng kurang bagus. Karena pada siang hari suhu kandang sangat menjadi lebih panas dan malam hari menjadi lebih dingin.

Hal ini karena seng adalah konduktor panas yang baik. Kalau genteng, pada siang hari akan lebih lama untuk panas. Dan pada malam hari, ia juga tidak cepat menjadi dingin. Contoh kandang kambing yang sederhana tapi berkelas bisa juga dilihat di artikel ini.

Manajemen Pemeliharaan Kambing

Inti manajemen adalah agar setiap aktifitas di peternakan Anda menjadi lebih efektif. Karena maka semakin besar usaha Anda, maka faktor kali nya akan semakin besar.

Ketika ada satu hal kecil yang tidak efektif, nilainya akan membuat besar jika usaha Anda skalanya sangat besar. Ini bukanlah pembahasan yang cukup ditulis hanya dengan 500 atau 1000 kata. Butuh lebih dari satu buku untuk mengulasnya.

Tapi saya punya artikel khusus buat Anda yang bisa membuat Anda tahu gambaran umum tentang manajemen yang efektif untuk peternakan kambing.
Ini dia!

Efisiensi peternakan kambing. Inti dari kegiatan ternak adalah pada breedingnya. Kita tidak akan bisa menikmati daging kambing. Tidak mungkin lagi bisa meminum lezatnya susu kambing kalau tidak ada kegiatan breeding ini.

Bila breeding ini bisa dijalankan dengan efektif, maka pasar daging dan susu akan bisa dikuasai.
Dan untuk itu saya persembahkan artikel khusus akan manajemen breeding kambing ini. Bacalah!

Manajemen breeding kambing. Setelah Anda membacanya, maka kita akan tahu. Tujuan dari pemeliharaan yang baik adalah kambing bisa melahirkan anakan paling tidak dua kali dalam setahun.Tapi ini membutuhkan usaha yang cukup berat dan disiplin tinggi.

Kambing hamil, paling tidak butuh waktu 5 bulan. Dalam setahun, untuk dua kali kelahiran ,minimum tiap indukan butuh 6 bulan.

 

5 bulan buat hamil dan 1 bulan untuk penyapihan. Tapi, apakah setelah cempe disapih bisa menjamin indukan bisa langsung birahi? Belum tentu. Untuk menyiapkan birahi indukan, butuh waktu beberapa minggu.

 

Kesimpulannya adalah saya berharap Anda menjadi peternak yang sukses. Saya akan benar-benar senang untuk hal itu. Apalagi jika kesuksesan Anda berawal setelah membaca artikel ini.
Ok. Semoga lancar dan sukses usaha ternak kambingnya. Terima kasih

 

By kana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *