contoh usaha sampingan untuk pemula

Memiliki pekerjaan tetap di kantor atau perusahaan bukan berarti seseorang tidak dapat membuka contoh usaha sampingan untuk pemula. Dengan membuka usaha sampingan, seseorang akan mendapatkan berbagai macam manfaat.

Membuka usaha sampingan tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga akan membantu seseorang untuk merencanakan masa depannya. Oleh karena itu, membuka usaha sampingan bukanlah ide yang buruk. Meskipun begitu, kadang kala seorang pebisnis pemula merasa kesulitan untuk menemukan ide atau peluang usaha.

Tetapi, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Saat ini terdapat banyak ide dan contoh peluang usaha yang menjanjikan dan bisa dijalankan oleh seorang pengusaha pemula. Lalu, apa saja contoh atau ide usaha sampingan untuk pemula yang menjanjikan? Simak ulasan mengenai contoh usaha sampingan untuk pemula di bawah ini!

Contoh Usaha Sampingan untuk Pemula

1. Usaha Binatu atau Laundry
contoh usaha laundry
Usaha laundry atau binatu merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang menjanjikan hingga saat ini, dikarenakan banyak orang-orang yang membutuhkan jasa cuci, lipat, dan setrika baju.
Usaha binatu ini dapat berkembang pesat jika berlokasi di daerah yang dekat dengan masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, seperti apartemen, perumahan, indekos, dan lain-lain.
2. Usaha Aneka Kue dan Makanan Ringan
contoh usaha kue
Salah satu bisnis sampingan yang dapat dilakukan yaitu menjual aneka kue. Saat ini, banyak jenis kue yang disukai oleh masyarakat, seperti brownies, nastar, dan lain-lain.
Untuk memulai usaha ini, seorang pengusaha bisa menawarkannya ke orang-orang terdekat ataupun memasarkannya di media sosial. Selain kue, seorang calon pengusaha juga bisa menjual makanan ringan sebagai bisnis sampingan yang akan mendatangkan keuntungan.
Makanan ringan termasuk jenis makanan yang juga banyak disukai oleh orang-orang. Makanan ringan bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan apalagi jika dipasarkan dengan baik.
4. Usaha Top Up Produk Digital dan Tagihan
contoh usaha top up e money
Contoh usaha sampingan untuk pemula yang menjanjikan lainnya adalah usaha jual produk digital, seperti pulsa dan top-up e-money serta berbagai macam tagihan, seperti tagihan listrik, air, asuransi dan yang lainnya.
Usaha ini termasuk sangat mudah untuk dijalankan karena tidak memakan banyak waktu dan tidak mengusik pekerjaan utama seseorang. Hal inilah yang membuat usaha ini cocok dijadikan usaha sampingan untuk karyawan yang terkadang tidak memiliki waktu yang banyak karena pekerjaan utamanya.
5. Usaha Pakaian Murah
contoh usaha pakaian murah
Pakaian merupakan produk yang tahan lama dan tidak akan kedaluwarsa. Pakaian juga termasuk kebutuhan dasar manusia sehingga hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi pebisnis pemula.
Bahkan, terdapat beberapa jenis usaha sampingan di bidang fashion yang dapat dijual secara online. Contohnya adalah pemula bisa membuka usaha preloved atau menjual kembali pakaian bekas yang masih layak pakai.
6. Usaha Indekos
contoh usaha indekos
Indekos merupakan tempat penyewaan tempat tinggal, baik sudah dilengkapi fasilitas maupun yang masih kosong. Aset berupa rumah atau kamar kosong bisa Anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan.
Terlebih lagi jika lokasi aset tersebut berada di daerah perkantoran atau sekitar kampus. Indekos merupakan salah satu peluang usaha sampingan di rumah dengan menyediakan sebagian dari area rumah yang tidak digunakan supaya bisa mendapatkan keuntungan.
7. Usaha Kerajinan Tangan
contoh usaha kerajinan tangan
Usaha kerajinan tangan merupakan salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dijalankan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.
Tetapi ada hal penting yang harus dimiliki dalam mengelola jenis usaha ini yaitu keterampilan dan minat pada bidang kerajinan tangan.
8. Usaha Makanan Sehat
contoh usaha makanan sehat
Saat ini, banyak orang yang membutuhkan makanan sehat yang baik contohnya yang digunakan untuk program diet. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang usaha dengan modal kecil.
Salah satu makanan sehat yang banyak disukai oleh orang-orang seperti salad buah dan jus buah. Usaha ini hanya membutuhkan modal sekitar 1-2 juta rupiah saja.
9. Usaha Les Privat
contoh usaha les private
Les privat juga bisa menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Ide ini bisa menjadi usaha sampingan modal kecil yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.
Calon pengusaha dapat memanfaatkan keilmuan dan wawasan yang dimiliki untuk membuka usaha les privat atau bimbingan belajar yang bisa menambah penghasilan.
10. Toko Kelontong
contoh usaha toko kelontong
Toko kelontong merupakan jenis usaha yang tidak pernah berhenti berkembang meskipun saat ini banyak minimarket yang menyebar.
Toko kelontong membutuhkan modal awal sekitar Rp 2-3 juta dan bisa menghasilkan keuntungan hingga dua kali lipatnya. Oleh karena itu, toko kelontong merupakan salah satu contoh usaha sampingan yang menjanjikan.
11. Usaha Dropshiping
contoh usaha dropship
Usaha dropshiping merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang menjanjikan dan tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha ini.
Dropshiping bisa dilakukan dengan menjual kembali barang-barang dari produsen dengan menaikkan harga awal lalu memasarkannya kembali kepada konsumen.
12. Usaha Freelancer

contoh usaha freelancer

Saat ini ada banyak jasa yang diperlukan oleh perusahaan-perusahaan, seperti jasa penulis artikel, jasa desain grafis, dan lain-lain. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bagi orang-orang yang memiliki bakat di bidang-bidang tertentu.
13. Usaha Pembuat Konten
contoh usaha pembuat konten
Usaha pembuat konten merupakan sebuah jenis usaha yang memanfaatkan platform digital, seperti YouTube, blog, dan yang lainnya dengan cara membuat konten.
Semakin menarik konten yang dibuat, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan keuntungan melalui iklan-iklan online.

Dari sekian banyak contoh usaha sampingan untuk pemula tadi, manakah yang akan Anda coba? Pastikan untuk selalu memberikan kualitas produk dan layanan yang terbaik supaya pelanggan kembali berbelanja di usaha Anda!

By novia

Leave a Reply

Your email address will not be published.