cara kerja search engine optimization

Search Engine Optimization atau biasa disingkat dengan SEO tentunya sudah tidak asing lagi dalam dunia serba digital seperti saat ini. SEO tidak hanya menjadi pengetahuan mereka yang bergelut dalam dunia konten website atau bloger, tetapi juga sudah merambah ke masyarakat umum. Pertanyaannya yaitu apa cara kerja search engine optimization?

Bagi Anda yang belum terlalu paham, atau baru saja mengenal SEO menjadi perlu untuk Anda memahami secara menyeluruh tentang SEO. Ini merupakan hal yang sangat penting, apa lagi jika Anda sedang atau akan membangun sebuah konten website. Pemahaman mendasar mengenai SEO juga bermanfaat dalam progres kemajuan konten website Anda.

Pengertian SEO

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website supaya meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan melalui proses yang tentunya sistematis (analisa, implementasi, report) yang memiliki arti yaitu melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat SEO.

Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan jika kita jalankan. Seperti Blackhat SEO yang melakukan tindakan cukup berbahaya dengan tujuan mempercepat peringkat sebuah website di pencarian Search Engine. Whitehat SEO yaitu tindakan natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah website. Greyhat SEO yaitu perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk meningkatkan peringkat website.

Dalam perkembangannya SEO tentunya memiliki banyak jenis dengan strategi yang berbeda-beda. Namun pada intinya, SEO merupakan upaya optimasi yang dilakukan dalam membangun sebuah konten, supaya konten yang dibuat dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Semakin mudah dan sering konten anda ditemukan, maka akan semakin besar peluang konten dikunjungi atau dibaca oleh target pasar / pembaca kita.

seo

Manfaat SEO

Jika bicara mengenai manfaat SEO tentunya akan sangat banyak. Pada dasarnya SEO memberikan dampak yang positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka bisa meningkatkan penjualan produk affiliate.

Selain itu, ada juga website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website Anda. Berikut merupakan beberapa manfaat SEO:

  • Website bisa menjadi ramai dengan pengunjung tertarget dan kata kunci yang tepat sasaran.
  • Pelanggan akan terus berdatangan ke website Anda karena kata kunci website sesuai dengan target pencarian.
  • Optimasi SEO ini secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan Anda sebagai publisher
  • Cache penulusuran di Search Engine akan menjadi yang paling utama
  • Website bisnis Anda juga bisa semakin berkembang dan maju
  • Penguasaan pencarian melalui SEO bisa menjadikan penjualan produk semakin meningkat
  • Bagi Anda yang sedang menjalankan program affiliate maka akan ada timbal balik ke website affiliate produk.
  • Semakin mudah dicari, maka akan semakin besar peluang produk Anda dibeli oleh pasar.
  • Optimasi SEO merupakan investasi jangka panjang dalam membangun sebuah website baik untuk branding pribadi atau pun bisnis.

seo

Cara Kerja Search Engine Optimization

Bagaimana cara kerja search engine optimization? Ada berbagai cara kerja yang dilakukan SEO, yaitu sebagai berikut:

1. Crawling

Crawling atau Perayapan merupakan suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini akan dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

2. Indexing

Indexing adalah proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan juga disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan merupakan identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut bisa masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

3. Processing

Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara membuat jus mangga” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut akan melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara membuat jus mangga” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.

4. Calculating Relevancy

Dalam satu halaman web sudah pasti memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari akan melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

5. Retrieving Result

Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian yaitu mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

Setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! tentunya sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal tersebut dilakukan supaya hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan juga sesuai dengan kata kunci yang diinputkan. Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda yaitu algoritma relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara Google dan Yahoo! akan sedikit berbeda.

Kesimpulan Cara Kerja SEO

SEO memiliki peranan yang penting dalam keberhasilan membangun sebuah bisnis berbasis  digital, dalam hal ini memanfaatkan website dan mesin pencari sehingga produk atau jasa yang dimiliki akan lebih mudah muncul dalam pencarian teratas. Jika produk dan jasa kita mudah ditemukan, harapannya supaya lebih banyak orang yang tahu, dan kemudian bisa menjadi pelanggan atau pengguna produk dan jasa kita.

Maka, kemampuan dalam melakukan optimasi SEO menjadi sangat penting. Tetapi demikian, perlu juga adanya dukungan dari dalam infrastruktur yang digunakan untuk website kita. Kemampuan optimasi SEO tanpa adanya dukungan layanan yang prima, akan sangat sulit mendapatkan peringkat terbaik dalam pencarian, ini terkait dengan pengalaman pengunjung.

Apa itu yang dimaksud pengalaman pengunjung? Sebagai contoh, jika Anda mengakses sebuah informasi namun berjalan begitu lamban, tentunya Anda akan tidak sabar menunggu, lalu meninggalkan website tersebut dan beralih ke website yang lain. Bayangkan jika yang ditinggalkan merupakan website Anda, maka akan sangat merugikan bagi bisnis Anda.

Oleh karena itu menjadi penting bagi Anda untuk menggunakan layanan pendukung yang mumpuni dan prima, mulai dari pemilihan server website, pemilihan domain berkualitas dan juga pemilihan hosting terbaik untuk website bisnis Anda. Ini semua bisa Anda dapatkan tanpa perlu mengeluarkan dana yang begitu besar, selama Anda memilih layanan yang tepat.

By novia

Leave a Reply

Your email address will not be published.